Berita

Bupati Tandatangani Komitmen

  • Penulis: media, 19-10-2017 13:24
  • PONTIANAK – Bupati Tapin HM Arifin Arpan tandatangani komitmen sekaligus mengikuti pertemuan Focus Group Discussion (FGD) tindaklanjut hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan permasalahnnya se Kalimantan di Hotel Aston, Pontianak Kalimantan Barat (Kalbar), Kamis (12/10). Belum lama ini.

    Pada pertemuan FGD tersebut dibuka Anggota VI  BPK RI H Harry Azhar Aziz, yang sekaligus memberikan arahan agar kepala daerah dapat memperkuat kedudukan Inspektorat melalui Perda atau Perbup agar Inspektorat dapat bekerja secara maksimal.

    Pada kesempatan BPK RI mengajak para kepala daerah untuk berkomitmen menindaklanjuti temuan dan rekomendasi dari hasil audit yang sudah dilakukan sebagai wujud keseriusan dalam mendukung dan menindaklanjuti hasil temuan dan rekomendasi BPK di masing-masing daerah.

    Sebelumnya juga ada beberapa harapan yang disampaikan BPK, di antaranya agar ke depan Kabupaten/ Kota dapat memperbaiki dan menindaklanjuti hasil pemeriksaan yang merupakaan catatan. Dan itu sudah dilakukan Pemkab Bulungan setelah beberpa waktu lalu diberi tenggang waktu hingga 60 hari memperbaiki catatan yang ada.

    Bupati Tapin HM Arifin Arpan usia mengikuti pertemuan itu mengatakan, bahwa Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemerintah Kab Tapin tahun 2016 telah mendapatkan WTP. Walaupun ada beberapa catatan atau rekomendasi BPK untuk dilakukan perbaikan oleh Pemkab Tapin.

    “Pemerintah Kab Tapin selama tiga Tahun terakhir ini telah mendapatkan WTP berturut – turut dari BPK RI, namun ada beberapa perlu tindak lanjut terkait laporan didaerah dan perlu dibahas dalam pertemuan FGD ini, sehingga ke depan pengelolaan keuangan dan administrasinya bisa lebih baik lagi. Apalagi Bupati dan Inspektur juga sudah mendatangani komitmen itu,” ujar Bupati Tapin HM Arifin Arpan.

    Turut hadir dalam pertemuan itu juga Sekda DR H Rahmadi MSi dan Inspektur H Abdul Hamid, SSos, MAP, Kabag Umum dan Kabag Humas dan seluruh kepala derah se Kalimantan tersebut diantaranya Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, Gubernur Kaltara Irianto Lamberi.(*)


    Penulis : Humas Tapin

    Editor   : M Abdillah

    Foto     :Humas Tapin

    Selanjutnya »

    APBD Perubahan 2017 Disetujui

  • Penulis: media, 19-10-2017 13:02
  • TAPIN  - Empat Fraksi DPRD Kab Tapin sepakati rancangan APBD Perubahan Tahun 2017 yang di ajukan Pemerintah Kabupaten Tapin setelah dilakukan pembahasan antara bandan anggaran, komisi.
    Hal itu terungkap dalam sidang pariPurna Pendapat akhir Fraksi-Fraksi terhadap rancangan APBD Perubahan Tahun Anggaran 2017. Rabu (18/10) kemarin.
    Fraksi Golkar M Fadly SE dalam pendapat akhirnya menyampaikan apresiasi kepada pemerintah daerah dalam pelaksanaan pembangunan.
    Setalah melakukan pembahasan kebijakan umum dan kebijakan perubahan APBD Tahun 2017.
    Fraksi kami menilai belanja pembiayaan  masih terdapat defisit anggaran untuk itu perlu mengoptimalkan lagi untu menggunakan dana CSR perusahan dalam  melaksanakan pembangunan sehingga  defìsitnya anggaran dapat di tutupi.
    Fraksi PKB Hj HerniMustika Ratu dalam pendapat akhirnya menyampaikan, memgingatkan untuk selalu  menjaga kometmen dalam melaksanakan pembangunan agar pencapaian taget  di sisa akhir tahun ini dapat dilaksanakan dengan baik, sehingga tidak terbawa ke tahun berikutnya.
    Fraksi PDIP Wahyu Nugroho dalam pendapat akhirnya menyampaikan, dalam APBD Perubahan tetap berada di jalur koridor peraturan perundang yang berlaku.
    Fraksi Demokrat Novi Riandi pada pendapat akhir menyampaikan, perlunya sinegritas anatara pemerintah daerah dan DPPRD dalam menjalankan APBD.
    Bupati Tapin HM arifin Arpan dalam sambutannya menyikapi pendapat akhir fraksi DPRD Tapin menyampaikan, ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada dewan yang terhormat yang telah melakukan pembahasan pada jenjang  rapat baik bersama pemerintah daerah dan dewan terhormat.
    Berkaitan pendapat akhir fraksi diantaranya dengan menggunakan dana anggaran yang  efesin dan efektif dan mempertajam kepentingan bersama mungkin kita pertajam lebih ke arah yang positif.
    "Mudahan APBD Perubahan ini bisa dapat dikelola dan digunakan sampai akhir bulan desember, " harapnya.
    Ditambahkan Bupati dengam anggaran perubahan yang kita buat ini membawa arah yang positif tidak menimbulkan masalah dikemudian hari dan membawa manfaat untuk pembangunan di Tapin.
    Rapat paripurna di pimpin dipimpin Ketua DPRD Tapin Abdullah dan wakil ketua Wahyudi Rahman SE serta dihadiri 17 Anggota DPRD Tapin namun satu fraksi tidak hadir namun APBD Perubahan dapat di setujui bersama.

    Penulis : M Abdillah
    Editor  : M Abdillah
    Foto    : M Abdillah
    Selanjutnya »

    Kader PKK Desa Dilatih Pendapatan Ekonomi Keluarga

  • Penulis: media, 19-10-2017 12:57
  • TAPIN  - Dalam rangka meningkatkan ekonomi keluarga di Kabupaten Tapin untuk itu TP PKK kab Tapin Pokja II menggelar pelatihan usaha peningkatan pendapatan keluarga (UP2K), Selasa (17/10) bertempat di Aula kantor Camat Tapin utara.
    Pelatihan yang dibuka secara langsung oleh Ketua TP PKK kab Tapin Hj Ratna Ellyani juga dihadiri oleh Camat Tapin utara Syamsul, Wakil Ketua TP PKK II Hj Zubaidah, anggota TP PKK kab Tapin, Ketua TP PKK Kecamatan dan para kader se kecamatan Tapin Utara.
    Camat Tapin Utara Syamsul S.Sos dalam laporannya mengatakan bahwa pada hari ini TP PKK kab Tapin melalui Pokja II menggelar pelatihan usaha peningkatan pendapatan keluarga (UP2K) yang diikuti oleh kader PKK se Kecamatan Tapin utara.
    Para kader akan langsung diberikan pengarahan oleh Ketua TP PKK kab Tapin, dan beberapa narasumber seperti dari Dinas Perindustrian dan Dinas Perdagangan Kab Tapin.
    "Untuk itu saya meminta kepada kader yang hadir untuk dapat memperhatikan semua penjelasan yang nantinya akan disampaikan, "pinta Camat.
    Berharap mudah – mudahan nantinya pendapatan keluarga dilingkungan para kader setelah mengikuti pelatihan ini akan meningkat.
    Ketua TP PKK Kab Tapin Hj Ratna Ellyani dalam arahannya mengatakan bahwa PKK merupakan gerakan nasional yang memiliki tujuan yaitu memberdayakan keluarga untuk kesejahteraan, dan kegiatan pada hari ini merupakan salah satu kegiatan penanggulangan kemiskinan yang cukup efektif.
    “Karena nantinya pelatihan keterampilan masyarakat ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang tinggi terhadap peningkatan keberdayaan dan kesejahteraan masyarakat” ucap Hj Ratna
    Ditambahkan Hj Ratna bahwa usaha peningkatan pendapatan keluarga ini merupakan kegiatan ekonomi yang bisa dilakukan individual maupun secara berkelompok yang modalnya dari berbagai sumber, seperti dari swadaya masyarakat, bantuan pemerintah, dan sumber lainnya.
    Kalaupun nantinya para ibu – ibu atau kader telah mengembangkan kegiatan ini para ibu kader jangan bingung kemana menjual produknya karena kami TP PKK Kab Tapin akan membantu para kader dalam memasarkan produknya, salah satunya adalah di Warung TPID yang berada di kawasan Rantau Baru.
    “Nantinya produk ibu – ibu akan dijual disana untuk promosi ataupun pada acara – acara kegiatan lainnya, silakan buka stand, "pungkasnya.

    Penulis : Ibnu Sina
    Editor  : M Abdillah
    Foto    : M Abdillah 
    Selanjutnya »

    Sebanyak 15 Partai Politik Daftar Di KPU Tapin.

  • Penulis: media, 19-10-2017 12:51
  • TAPIN - Semenjak di tutupnya pendaftran partai politik per tanggal 16 oktober 2017 malam hari, sebanyak 15 Partai Politik di Kabupaten Tapin resmi mendaftrakan diri ke Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tapin.
    Hal itu disampaikan Ketua KPU Kabupaten Tapin H Aminuddin SAg saat di temui awak media di Rantau. Selasa (17/10/2017) kemarin.
    "Sejak tadi malam (kemaren malam red) pukul 24.00 wita di tutup pendaftaran partai politik ada sebanyak 15 Partai Politik yang mendaftar, "ungkap H Aminuddin Ketua KPU Tapin di dampingi salah satu anggotanya Hj Henny Hendriyanti SKM.
    Partai yang sudah menyerahkan berkas dukumen yakni,  PPP persi Djan Farid, Perindo, PDI Perjuangan, Golkar, PAN, PKS Gerindra,  Nasdem,  Hanura, PKB,  PKPI, Demokrat, PSI, Partai Republik dan PBB.
    Namun dati 15 partai yang sudah mengumpulkan berkas dukumennya ada 4 (empat)  partai politik yang masih belum lengkap yakni Partai Bulan Bintang, Partai Republik, PKPI dan PPP versi Djan Farid karena masih kurang lengkap sesuai aturam KPU RI mereka ini diminta melengkapi berkas selama 1x24 jam yang berakhir pukul 00.00 wita nanti malam.
    "Jadi keempat partai politik yang belum lengkap berkas dukumennya dapat memperbaiki sampai pukul 00.00 wita malam nanti, " ujarnya.
    Adapun kekurangan berkas dukumen partai politik yakni salinan KTP dalam kepengurusam tidak memenuhi minimal 178 buah minimal.
    Sanjutnya KPU Tapin sesuai dengan peraturan KPU RI selambat lambatnya 3 hari kami laporkan untuk disampaikan ke KPU Provinisi dan Pusat.
    Dalam pendaftaran partai politik ini KPU sipatnya hanya menerima berkas dukumen partai politik sesuai persyaratan dan ketentuan yang berlaku umtuk selanjutnya yang memutuskan KPU RI dikutsertakan dalam peserta pemilu 2019 mendatang.
    Adapun persyaratan partai politik di pusat terdaptar di Kementrian Hukum dan HAM dimana sebarannya mencakup seluruh provonsi di Indonesia mulai dari kepengurusannya dan keberadaan keberadaan kantornya.
    Selanjutnya di Kabupaten sebarannya parpol harus 75 persen dan kecamatan harus 50 persen.
    Namun partai politik yang tidak mendaftar KPU Kab Tapin tidak serta merta tidak ikut pemilu artinya mungkin saja di daerah lain dalam Kalsel terdaftar untuk memenuhi 75 persen sebaran kepengurusan partai politik,  tetapi hasil keputusan akhir adalah di KPU RI.
    Berharap kepada pengurus Partai Politik bisa melakukan koordinasi dan kerjasama yang baik dengan KPU hal itu memudahkan dalam menyongsong pemilu legislatif tahun 2019 mendatang.
    "Kerjasama dan koordinasi penting dalam upaya memudahkan hubungan antara KPU dan Partai Politik yang ada di Kab tapin, " katanya.
    Setelah 4 partai politik sudah melengkapi berkas kekurangannya, KPU akan melaporkan kepada KPU Prov Kalsel untuk di teruskan ke KPU RI untuk di lakukan verfikasi sesuai dengan SIPOL.


    Penulis : M Abdillah

    Editor   : M Abdillah

    Foto     : Humas Pemkab Tapin

    Selanjutnya »

    Pemkab Tapin Peringati Wafatnya Pangeran Antasari ke 155

  • Penulis: media, 19-10-2017 12:46
  • TAPIN - Pemerintah Kabupaten Tapin peringati Upacara Peringatan Wafatnya Pangeran Antasari ke 155 di barengi dengan Apel Hari Kesadaran Nasional atau Hari Kopri berlangsung sederhana dan khidmat.  Senin (16/10/2017) kemarin bertempat Halaman Kantor Bupati Tapin.
    Bertindak sebagai Insfektur Upacara  Bupati Tapin HM Arifin Arpan MM.
    Sementara peserta upacara, Aparatur Sipil Negara Lingkungan Pemkab Tapin dan juga turut hadir Wakil Bupati Tapin Ir H Sufian Noor MP, Sekda Tapin Dr H Rahmadi serta para asisten, staf ahli serta para pimpinan SOPD dilingkungan Pemkab Tapin.
    Dalam amanatnya Bupati menyampaikan, syukur alhamdulillah Pemerintah Kabupaten Tapin setiap tahun menggelar peringatan wafatnya pangeran antasari walauoun di gelar dengan sangat sederhana hanya di ikuti semua ASN Lingkup Pemerintah Kab Tapin.
    Berharap dengan kita menggelar upacara peringatan wafatnya pangeran antasari ke 155 dengan sederhana mudahan tidak mengurangi arti dan makna dalam memperingatinya.
    "Mudahan kita semua yang mengikuti upacara peringatan Wafatnya Pangeran Antasari dapat mengambil hikmah dan suri tauladan untuk bisa jadikan pedoman kita sebagai aparatur sipil negara, " katanya.


    Penulis : M Abdillah

    Editor   : M Abdillah

    Foto     : Humas Pemkab Tapin

    Selanjutnya »

    Pengukuhan Persatuan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI)

  • Penulis: media, 19-10-2017 12:44
  • TAPIN - Bupati Tapin HM Arifin Arpan MM mengukuhkan kepengurusan Persatuan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Kabupaten Tapin periode 2017-2021 bersamaan dengan pencanangan Kampung KB di Desa Bitahan Baru Kec Lokpaikat. Rabu (11/10/2017) kemarin.
    Pelantikan dihadiri langsung oleh Ketua PKBI Provinsi Kalsel H Yuherli Ketua beserta kepengurusan baru PKBI Kab Tapin yang diketuai Dr Sa'adah sebagai Ketua PHBI Kab Tapin dan Ir Hidayat sebagai sekretaris PKBI Kab.Tapin periode 2017-2021.
    Bupati Tapin HM Arifin Arpan dalam sambutannya mengucapkan selamat dan menyambut baik atas terbentuk dan dilantiknya kepengurusan baru PKBI Kab Tapin.
    Dikatakan Bupati, saat ini masih banyak permasalahan di tapin yang belum diatasi diantaranya tingginya angka pernikahan dini untuk itu kepada para pengurus PKBI Tapin  yang sudah terbentuk dan dilantik nantinya  dapat menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat mendukung program pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan kecil sejahtera.
    "Berharap kepada pengurus baru PKBI dapat terus berkomitmen untuk nantinya lebih banyak mempelajari masalah kependudukan khususnya meningkatkan program KB di Kab Tapin, " tutur Bupati.
    Mudah-mudahan pengurus baru nanti dapat melaksanakan tugas dimasa yang akan datang dengan sebaik-baiknya, begitu pula kerjasama antara PKBI  dan Pemerintah Daerah dapat terus terjalin hubungan yang semakin baik.
    "Mari bersama-sama kita saling bekerja sama demi tercapainya cita-cita  bersama dalam mewujudkan Tapin Mandiri, Sejahtera yang Agamis," pinta bupati.

    Penulis : M Abdillah

    Editor   : M Abdillah

    Foto     : M Abdillah

    Selanjutnya »