Berita

Ranperda Tentang Retribusi Pelayanan Tera Ulang

  • Penulis: berita, 30-06-2020 13:03
  • Pemerintah Kabupaten Tapin Sampaikan Ranperda Tentang Retribusi Pelayanan Tera /Tera Ulang Kepada Dprd Kabupaten Tapin

    RANTAU, Pemerintah Kabupaten Tapin, Kamis (28/05/2020) sampaikan Ranperda tentang Retribusi Pelayanan Tera/Tera Ulang kepada DPRD Kabupaten Tapin. Dengan harapan Ranperda yang disampaikan Pemerintah Daerah dapat dibahas hingga menjadi Peraturan Daerah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Penyampaian Ranperda tentang Retribusi Pelayanan Tera/Tera Ulang secara resmi disampaikan Bupati Tapin, dalam hal ini yang secara langsung diwakili oleh Wakil Bupati Tapin disampaikan kepada Ketua DPRD Kabupaten Tapin dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Tapin yang dilaksanakan sesuai dengan Protokol Pengamanan dan Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19. Bupati Tapin dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Tapin, menyampaikan apresiasi, penghargaan dan ucapan terima kasih kepada Anggota DPRD Kabupaten Tapin yang berhadir atas kesempatan yang diberikan untuk menyampaikan Ranperda tentang Retribusi Pelayanan Tera/Tera Ulang, dan oleh karena Rapat Paripurna ini masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah, atas nama Pemerintah Kabupaten Tapin, Bupati Tapin juga sekaligus menyampaikan Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah kepada Anggota DPRD Kabupaten Tapin “Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin”, ujar Bupati dalam sambutannya. Ranperda tentang Retribusi Pelayan Tera/Tera Ulang yang disampaikan ini, telah disesuaikan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi sesuai Hasil Harmonisasi, Pembulatan dan Pemantapan Konsepsi yang dilakukan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia melalui Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Kalimantan Selatan, sehingga tidak bertentangan dengan kepentingan umum, kesusilaan dan hak asasi manusia dalam pelaksanaannya. Adapun ruang lingkup pengaturannya termasuk kedalam Golongan Retribusi Jasa Umum yang dipungut kepada Wajib Retribusi atas Pembayaran Jasa Pelayanan Tera/Tera Ulang terhadap Alat Ukur, Alat Takar, Alat Timbang dan Perlengkapannya, yang terdiri atas 20 (dua puluh) BAB dan 34 (tiga puluh empat) Pasal.
    Selanjutnya »

    Bimtek Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Tahun 2018

  • Penulis: media, 23-04-2018 11:14
  • Bimbingan Teknis Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Tahun 2018 yang diadakan di kota Jogyakarta (Hotel Mutiara 1) dari tanggal 16 - 18 April 2018
    Selanjutnya »

    Veteran Dibantu Tali Asih

  • Penulis: media, 21-11-2017 16:11
  • TAPIN  – Sebanyak 175 orang para Veteran dan Janda serta anak-anaknya mendapatkan santunan berupa tali asih dari Pemerintah Kabupaten Tapin bertepatan Hari Pahlawan Nasional. Senin (12/11) kemarin pagi.
    Secara simbolis di serahkan sebanyak 29 orang para veteran mendapatkan tali asih langsung di serahkan oleh Bupati Tapin HM Arifin Arpan diiringi Wakil Bupati Tapin Ir H Sufian Noor dan Unsur Muspida Tapin.
    Bupati Tapin M Arifin Arpan mengatakan bahwa hari pahlawan bukan sebuah kebetulan tanpa penghayatan dan pemikiran dari para pendiri republik ini, tetapi orang rela mengorbankan dan memberi hidup dan jiwanya untuk tujuan kehidupan bersama inilam moment hari pahlawan yang harus kita teladani.
    Ucapan terima kasih kepada para orang tua kami yakni para veteran yang sudah menyempatkan hadir dalam memperingati hari pahlawan, berharap kedepan para pejuang veteran ini terus dibina dan pmendapat penghidupan yang layak.
    Berharap bantuan yang diberikan dapat bermanfaat untuk meringankan beban hidup para pejuang veteran.
    "Untuk itu saya mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri," katanya.
    Selain itu juga bisa menjadi pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat maupun pahlawan bagi negeri ini.
    Sementara itu Kepala Bagian Kesra Tapin Harliansyah melaporkan jumlah para veteran di Tapin sebanyak 175 orang terdiri dari 29 orang veteran pejuang, mereka masing-masing diberi bantuan sebanyak Rp 450 ribu perorang dan anda atau anak veteran sejumlah 146 orang, yang diberi Rp 350 ribu perorang.
    Tahun ini kita selalu menggarkan untuk memperhatikan para pejuang veteran kita yakni pada saat 17 Agustus dan Hari Pahlawan.

    Penulis : M Abdillah
    Editor   : M Abdillah
    Foto     : Humas Tapin
    Selanjutnya »

    Meriahkan HKN ke 53, Baksos Periksa Kesehatan Gratis

  • Penulis: media, 21-11-2017 16:07
  • TAPIN  - Dalam rangka memperat Tali silaturahmi dan kebersamaan untuk itu Dinas Kesehatan menggelar berbagai lomba yang diikuti oleh tenaga kesehatan se Kabupaten Tapin sekaligus memperingati Hari Kesehatan Nasional yang ke 53, Minggu 12/11 bertempat dilapangan Dwi Dharma Rantau

    Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Ketua TP PKK Kab Tapin Hj Ratna Ellyani juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kab Tapin Errani Martin, Kepala BPJS Rantau Cabang Barabai, tenaga medis se Kab Tapin.

    Kepala Dinas Kesehatan Errani Martindalam laporannya mengatakan bahwa lomba yang digelar ini merupakan kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Kesehatan Nasional yang ke 53 Tahun 2017 dengan mengangkat tema “Sehat Keluargaku, Sehat Indonesiaku” tema tersebut sejalan dengan program indonesia Sehat dengan Pendekatan keluarga, dimana keluarga menjadi awal untuk mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat.

    Untuk lomba sendiri antara lain Tenis lapangan gembira, Bola Volley, Tenis meja Beregu, penyuluhan kesehatan dengan tema diare diikuti oleh para pelajar, lomba senam, lomba P3K oleh pelajar, lomba karaoke, dan lomba belogo.

    Sementara itu ketua TP PKK Kab Tapin Hj Ratna Ellyani dalam sambutannya mengatakan bahwa atas nama pemerintah daerah dan juga selaku TP PKK Kab Tapin sangat mengapresiasi  kegiatan yang dilaksanakan oleh dinas kesehatan ini.

    “Karena selain mengajarkan arti kebersamaan, dan juga rasa kekeluargaan antara para tenaga medis kegiatan ini juga sebagai tempat untuk saling bertukar informasi” ucap Hj Ratna

    Sehingga dalam hal ini kami sangat mengapresiasi tindakan dari para tenaga medis yang selalu memberikan perhatian masalah kesehatan.

    “Semoga di masa akan datang kabupaten Tapin tidak ada lagi yang mengidap kanker rahim” ucap Hj Ratna

    Pada kesempatan itu juga Hj Ratna Ellyani memeriksakan kesehatannya seperti tensi darah, gula darah, dan kolestrol, karena seperti yang dikatakan Hj Ratna bahwa kalau kita tidak sehat sulit nantinya melakukan berbagai kegiatan.

    Penulis : Ibnu Sina
    Editor   : M Abdillah 
    Foto    : Humas Tapin 
    Selanjutnya »

    Pisang Mahuli Milik Kabupaten Tapin

  • Penulis: media, 21-11-2017 16:04
  • TAPIN – Pisang Mahuli sekarang milik Kabupaten Tapin, varietas tanaman lokal terdaftar di Kementrian Pertanian Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perijinan Pertanian.
    Hal itu setelah diberikan tanda daftar varietas tanaman oleh Kementrian Pertanian RI diberi nomor 361/PVL/2017 dengan jenis tanaman Pisang Mahuli nama Varietas Mami (Mahuli Miawa) kepada Bupati Tapin yang dierahkan pada Acara Temu Nasional Inovasi Pengelolaan Permanfaatan dan Festival Sandang Lokal Serta Sumber Daya Genitik Lokal di BPTP Malang Jawa Timur.
    Pisang Mahuli Varietas Mami memiliki rasa manis bentuk bulat panjang lurus, warna kuning terang  panjang 3 sampai 4 centimeter sering disajikan untuk penutup habis makan.
    Kepala Dinas Pertanian Tapin di Wakili Aji Budiono usia menerimakan sertifikat varietas tanaman mengatakan, bahwa Pisang Mahuli resmi milik Kabupaten Tapin setelah di berikan tanda daftar varietas tanaman dari Kementrian Pertanian Pusata Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian.
    “Dengan di tetapkannya telah masuk daftar varietas tanaman lokal tanaman Pisang Mahuli dengan Variets Mami resmi milik Kabupaten Tapin, “jelasnya.
    Dikatannya, bahwa tanaman Pisang Mahuli ini hampir tersebar di seluruh Kecamatan di Kabupaten Tapin bisa ditanam, namun yang paling banyak ditanam wilayah Kecamatan Piani sebanyak 12.32 rumpun, disamping itu pula memiliki keunggulan dari tanaman pisang yang lain.
    Sebenarnya dimintakan tanda daftar varietas tanaman bertujuan untuk mengamankan tanaman itu sendiri agar tidak di ambil oleh negara lain di luar Indonensia.
    Sementara itu Sekretaris Dispertan Tapin Wagimin menambahkan, plasma lutpah kekayaan alam daerah tanaman  atau hewan sudah refresentatif,  daerah berkewajiban mengembangkan, mempertahankan varietas dan menyiapkan benih untuk pengembangan, yakni dengan mendaftarkan ke pusat perlindungan varietas tanaman dan perizinan pertanian Kementrian Pertanian RI.
    Untuk mempertahankan dan melindungi sebuah tanaman, pemerintah Kabupaten Tapin dengan pemohon Bupati Tapin kita ajukan Pisang Mahuli didaftrakan resmi sebagai tanaman milik KabupatenTapin. 
    “Diamankannya tanaman tersebut untuk peningkatan pendapatan masyarakat dan daerah bahwa tanaman sudah resmi terdaftar, “ tambahnya.
    Sebenarnya kita diminta pemerintah pusat tanaman apa saja yang ada di daerah bisa didaftrakan menjadi sebuah varietas untuk diamankan sehinga tidak dimiliki orang lain*

    Penulis : M Abdillah
    Editor   : M Abdillah 
    Foto     : Dispertan Tapin

    Selanjutnya »

    Tapin Launching Website SIAP PBJP

  • Penulis: media, 21-11-2017 16:01
  • TAPIN  - Pemerintah Kabupaten Tapin melaunching  website Aplikasi Sistem Informasi Aplikasi Pengadaan (SIAP) Pengadaan Barang Jasa Pemerintah ( PBJP) Kabupaten Tapin sekaligus pertama peluncuran sistem aplikasi di Kalimantan Selatan. Kamis (9/11) kemarin. Bertempat Aula DPRD Tapin.

    Peluncuran web langsung menekan tombol warna.merah di layar secara bersama sama oleh Bupati Tapin HM Arifin Arpan dan dihadiri oleh Direktur Pengembangan profesi LKPP Jakarta Tatang Rusnandar Kepala Bagian Pengadaan Barang Dan Jasa Kab Tapin Sufian Suri.

    Menurut panitia pelaksana Sufian Suri,  bahwa launchingnya aplikasi SIAP PBJP ini selain untuk memudahkan para SOPD dalam prosesi lelang namun juga dalam rangka untuk transparasi sebagai rencana aksi penerapan aplikasi pencegahan korupsi terintegrasi dilingkup pemkab Tapin.

    "Mudah - mudahan peluncuran website ini dapat mendukung tercapainya proses pengadaan barang/jasa yang berkualitas dilingkungan pemkab Tapin bagi kita semua, "katanya.

    Direktur Pengembangan profesi LKPP Jakarta Tatang Rusnandar mengatakan, kegiatann ini sangat selaras dengan program yang kami laksanakan dalam pengadaan barang jasa pemerintah karena memiliki tujuan untuk percepatan pelaksanaan pembangunan daerah.

    Namun ada hal yang perlu dicermati dalam pengadaan barang jasa yakni berkaitan regulasi, sistem dan dunia usaha .

    Berharap dengan adanya launcing web inu bisa membantu dalam pengadaan barang jasa pemerintah bisa lebih baik kedepannya.

    Bupati Tapin HM Arifin Arpan dalam sambutannya, berkaitan dengan pelayanan barang jasa yang profesional

    Pelayanan barang jasa tentunya keyakinan keutuhan dari pimpinan dengan didasari hukum yang kuat,  kalau tidak dikendalikan mustahil pengadaan barang jasa bisa dilakukan.

    Namun SDM yang perlu di perhatikan ditempatkan pengadaan barang jasa pemerintah, benar benar orang orang yang berkompenten di bidangnya.

    Acara dilanjutkan dengan rakoor, sosialisasi dan bimtek PBJ yang dikuti ULP se Kalimantan Selatan*

    Penulis  : M Abdillah 
    Editor    : M Abdillah
    Foto      : Humas Tapin 
    Selanjutnya »