Berita

Ribuan Anak Meriahkan Hari Anak

  • Penulis: media, 14-08-2017 12:55
  • TAPIN - Ribuan anak se – Kabupaten Tapin hadiri peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2017 sekaligus memperingati hari kesatuan gerak PKK yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Tapin melalui Dinas pendidikan Kab Tapin, Kamis (10/08) bertempat di Lapangan Dwi Dharma.
    Kegiatan yang diawali oleh penampilan Hiburan oleh para anak – anak, mulai dari senam pagi, Gerakan Minum Susu (GERIMIS),dan  devili dari masing – masing perwakilan Paud, KB dan TK tiap kecamatan se Kabupaten Tapin dan Rumah Pintar sejuta Pelangi.
    Panitia H Juwaini mengatakan bahwa selain memperingati Hari Anak tahun 2017 kegiatan kali ini juga dalam rangka meramaikan kegiatan Hari Kesatuan Gerak PKK yang ke 45 yang untuk meningkatkan peran serta masyarakat bersama dengan pemerintah dalam menyelenggarakan upaya pembinaan dan pengembangan anak secara holistik – integratif.
    "Peringatan Hari Anak Nasional dimaksudkan agar seluruh komponen negara baik pemerintah, masyarakat keluarga dan orang tua turut serta mewujudkan kesejahteraan anak dengan cara menghormati hak – hak anak dan memberikan jaminan semaksimal mungkin untuk memenuhi kebutuhan tanpa diskriminatif" "katanya.
    Berharap kedepan anak anak kita tumbuh dan berkembang dengan baik dan terpenuhinya hak anak.
    Bupati Tapin HM Arifin dalam sambutannya mengatakan bahwa pada hari ini (red-Kemarin) kita melaksanakan dua peringatan besar yaitu pertama Hari Anak Nasional yang secara rutin kita gelar setiap tahunnya yang mana setiap tahunnya pembangunan anak selama ini telah menghasilkan berbagai kemajuan yang sangat signifkan.
    Namun tetap memiliki masalah yaitu anak – anak tertentu masih belum memperoleh hak – haknya seperti pendidikan berkualitas, pelayanan kesehatan, dan hal lainnya.
    “Setiap anak sudah sepatutnya mendapatkan pendidikan, kesehatan yang berkualitas untuk kemajuan anak itu sendiri” tandas Bupati
    “Oleh karena itu dalam kesatuan membutuhkan kekompakan dan kebersamaan” tegas Bupati.
    Dikatakan Bupati bahwa dirinya mengibaratkan para penggiat PKK sebagai relawan penggerak pembangunan yang tanpa pamrih dan saya berharap hal positif yang telah diperbuat untuk terus dipertahankan.
    Untuk itu saya selaku pimpinan daerah meminta kepada ibu-ibu TP PKK Berkenan memotivasi lingkungannya khususnya para suami agar bisa melakukan tugas secara cepat dan peka menangkap permasalahan sosial.


    Penulis  : M Abdillah

    Editor    : M Abdillah

    Foto       : Humas Pemkab Tapin 

    Selanjutnya »

    Wabup Hadiri Halal Bihalal Warga Kerukunan Banjar

  • Penulis: media, 14-08-2017 12:47
  • TAPIN - Wakil Bupati Tapin Ir H Sufian Noor bersama dengan Ratusan warga Banjar kalimantan selatan dan Kalimantan tengah hadiri Halal Bi Halal yang digelar oleh Kerukunan Keluarga Banjar bertempat Mulang Rumah jabatan Gubernur kalimantan Tengah. Sabtu 05/08/2017.
    Warga Banjar yang ada di Kalimantan Tengah selama ini memang setiap tahun melakukan acara halal bi halal untuk menambah keakraban antar sesama.
    Ketua pengurus KKB Kalteng Anwar Isa dalam sambutannya mengatakan, bahwa pengurus KKB kali ini diharapkan mampu rukun, rakat, membina warga menuju Kalteng Berkah.  warga Banjar di Kalteng berjumlah 32 persen, hampir sepertiga jumlah warga Kalteng.
    “Diharapkan warga banjar di Kalteng terus ikut serta membangun dan menjaga daerah Kalteng menuju Kalteng Berkah,” ujar Anwar Isa.

    Sementara itu Wakil Bupati Tapin Ir H Sufian Noor mengatakan bahwa selain mempererat kerukunan warga Banjar  juga untuk mempererat tali silaturahmi kepada seluruh masyarakat banjar yang saat ini tinggal di kalimantan Tengah.

    "Dengan adanya kegiatan ini diharapkan bisa mempererat tali silaturahmi dan kita bisa berbagi pengalaman antara masyarakat banjar yang ada di kalsel dan kalteng," ucap Wabup.

    Wabup pun berharap agar kegiatan ini dapat terus dilanjutkan ditahun-tahun yang akan datang  karena kegiatan ini sangatlah bagus untuk saling mengakrabkan diri guna saling mengenal satu sama lain yang mana ini terbukti dengan hadirnya ratusan warga banjar disini.
    “Dengan adanya pertemuan kerukunan ini dapat terjalin antara masyarakat banjar diperantauan serta menciptakan suasana yang aman dan tentram dimana kita tinggal, baik di kalimantan selatan maupun di kalimantan tengah khususnya warga Tapin yang tinggal di Kalimantan tengah, “ pungkasnya.


    Penulis  : Ibnu Sina

    Editor    : M Abdillah

    Foto       : Humas Pemkab Tapin


    Selanjutnya »

    Bupati Tapin Hadiri Pelantikan Pengurus DPK KNPI Kab Tapin

  • Penulis: media, 14-08-2017 12:23
  • TAPIN – Bupati Tapin HM Arifin Arpan hadiri pelantikan Dewan Pengurus Kecamatan KNPI Se Kabupaten Tapin periode 2017-2020 secara resmi di lantik, Selasa (8/8) kemarin bertempat Pendopo Balahendang.
    Ketua KNPI Kabupaten Tapin H Noor Fikri Ramadhan mengungkapkan pelantikan ini terdiri dari semua elemen masyarakat baik dari ASN, tokoh masyarakat dan masyarakat biasa.
    "Jadi semua unsur terlibat dalam kepengurusan DPK KNPI Kabupaten Tapin untuk masa kepengurusan 4 tahun kedepan, "ungkapnya.
    Berharap pengurus yang dilantk bisa terus berkoordinasi untuk bisa memajukan daerah kita.
    Bupati Tapin HM Arifin Arpan dalam kesempatan itu hadir mengatakan,  seluruh pengurus KNPI Tapin untuk terus berkomitmen untuk memajukan organisasi ini ke arah yang lebih baik.
    "Juga bisa bersinergi dengan pemerintah daerah khususnya dalam rangka mensukseskan pelaksanaan berbagai pembangunan di Kabupaten Tapin," katanya.
    Bupati juga mengatakan bahwa sejarah perjalanan bangsa indonesia, maka sudah tidak bisa dipungkiri lagi jika kepeloporan pemuda mempunyai peran dan posisi yang sangat strategis.
    "Untuk itu saya mengharapkan agar semangat peloporan tersebut dapat dijadikan sebagai acuan KNPI Tapin untuk merumuskan program kerjanya,"katanya.
    Selanjutnya kepada pengurus baru dalam membuat program kerja buat yang memyentuh langsung pada kepentingan pemuda di masyarakat Kabb Tapin.
    Menciptakan lapangan kerja dengan memperhatikan program kerja pemerintah daerah dalam pembangunan.
    Pada kesempatan ini saya meminta kepada pemuda benar bisa mengarahkan para pemuda di tingkat kecamatan sampai Kabupaten agar tidak melakukan hal hal yang berbau negatif.
    Memintamengmbangkan organisasi kepemudaan secara profesional, kedua menjadikan KNPI sebagai organisasi yang merakyat dan ketiga pengurus KNPI agar terlibat aktif dalam kegiatan yang berkaitan dengan kepemudaan dalam pembangunan pemerintah daerah.
    Sementara itu Panitia Pelaksana H Dedy Arif Budiman  mengungkapkan bahwa DPK KNPI se Kabupaten Tapin yang dilantik sebanyak 96 orang, jadi setiap kecamatan di 12 Kabupaten di Tapin ada 8 orang.


    Penulis : Humas Pemkab Tapin

    Editor   : M Abdillah

    Foto     : Humas Pemkab Tapin


    Selanjutnya »

    Pasukan Kuning Arak Piala Adipura Keliling Rantau

  • Penulis: media, 14-08-2017 12:16
  • Pasukan Kuning Arak Piala Adipura Keliling Rantau
    TAPIN – Piala Adipura yang kedua kalinya didapatkan Pemerintah Kabupaten Tapin merupakan suatu kebanggaan bagi semua elemen masyarakat terlebih lagi para pasukan kuning selaku ujung tombak sapu bersih dilapangan.

    Memastikan bahwa piala adipura Pasukan kuning dan Pemerintah Kabupaten Tapin melakukan konvoi arak-arakan keliling kota rantau di perlihatkan kepada warga masyarakat Tapin.

    Arakan konvoi yang dilepas secara langsung oleh Bupati Tapin HM Arifin Arpan didampingi oleh Wakil Bupati Tapin Ir H Sufian Noor, Sekda Tapin Dr H Rahmadi, pimpinan SOPD dilingkungan Kab Tapin megambil star di Lapangan Dwi Darma Rantau.

    Konvoi yang dimulai dari lapangan dwi dharma berlanjut ke jalan H Hasan Basry dan diteruskan ke Jalan Bypass menuju Bungur, yang kemudian ke kelurahan Kupang dan Cangkering, rombongan Arakan Adipura disambut oleh Tim Korsik Satpol PP Kab Tapin dengan berjalan kaki  dari Cangkering hingga finish kembali dilapangan Dwi Dharma Rantau.
    Pada saat arakan konvoi berlangsung terlihat masyarakat Kab Tapin yang turun kejalan untuk melihat secara langsung arakan yang cukup meriah bahkan ada yang sampai turut mengikuti arakan konvoi, dikarenakan rasa bangga akan diterimanya penghargaan Adipura yang kedua kalinya di Kab Tapin.
    bahkan setiap sekolah yang dilewati arakan konvoi terlihat para siswa dengan antusias melihat rombongan sambil mengibarkan bendera merah putih oleh setiap siswanya baik itu dari Sekolah Dasar, SMP, dan SMA yang ada di Kab Tapin.
    Adipura sendiri merupakan penghargaan yang diberikan kepada kota atau kabupaten yang dinilai paling bersih dan rapi oleh pemerintah pusat yang diberikan setiap tahunnya.

    Bupati Tapin HM Arifin Arpan mengatakan, bahwa diberikannya anugerah Adipura yang kedua ini merupakan suatu kebanggan kita untuk Kabupaten Tapin dan juga akan menambah gairah semangat kita untuk membangun Kabupaten Tapin.
    “Selaku pimpinan daerah saya mengucapkan Terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam diterimanya anugerah Adipura tahun 2017” Ucap H Arifin.
    Ditambahkan H Arifin bahwa untuk mengingatkan kita akan Adipura ini, Insya Allah di Bundaran Bungur nanti akan kita bangun Monumen Adipura secara permanen.
    Dikarenakan hari ini merupakan hari spesial bagi kita pemerintah Kabupaten Tapin, oleh karena itu saya meminta kepada seluruh peserta apel, masyarakat dan pelajar untuk dapat berpartisipasi dalam konvoi arakan Adipura.

    Karenamana bahwa penghargaan anugerah adipura ini merupakan milik bersama, hasil kita semua dalam menjaga kabupaten Tapin, untuk itu sudah sepatutnya kita menginformasikan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tapin akan keberhasilan kita menerima penghargaan paling bergengsi setiap tahunnya ini. “ katanya.


    Penulis : M Abdillah

    Editor   : M Abdillah

    Foto      : Humas Pemkab Tapin 

    Selanjutnya »

    Tapin Raih Kedua Kalinya Adipura

  • Penulis: media, 14-08-2017 12:01
  • JAKARTA - Kabupaten Tapin berhasil meraih penghargaan Adipura kedua kalinya sejak tahun 2016 dan sekrang tahun 2917 untuk kategori kota kecil.

    Penghargaan tertinggi di bidang kebersihan dan lingkungan hidup itu juga diberikan kepada Kab Tapin karena Tapin dinilai sekarang sudah lebih baik dalam pengelolaan lingkungan, peningkatan kebersihan dan persampahan,  sekolah adiwiyata yang terus membanggakan, TPA yang semakin baik, kemudian  dan beberapa katagori  penilaiaan lainnya.
    Penghargaan Adipura untuk Kabupaten Tapin dan beberapa daerah di Kalimantan Selatan ini diserahkan Presiden RI Joko Widodo melalui Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI  Ibu Dr Ir Siti Nurbaya Bakar, M Sc. Rabu (2/8/2017) di Auditorium Mangala Wanabakti Jakarta.

    "Alhamdulillah, ini Adipura kedua yang diraih Kab Tapin, " kata Bupati Tapin HM Arifin Arpan usai menerima Anugerah Adipura.

    Ditambahkan HM Arifin bahwa sebelumnya Tapin juga meraih Piala Adipura, pada tahun 2016 kemudian tahun 2017. ini semua merupakan kerjasama yang baik di jajaran Pemerintah Kabupaten Tapin serta peran aktif masyarakat yang begitu peduli dengan lingkungan serta kebersihan di Kab Tapin ini.

    Sebagaimana arahan Bapak Presiden H Joko Widodo pada hari Puncak Hari  Lingkungan Hidup 2017 dan Landmark Hutan Indonesia bahwa setiap orang harus menanam pohon minimal 25 pohon seumur hidup, ini sangat bagus untuk disosialisasikan kepada masyarakat, agar daerah kita penghijauan akan terus meningkat  “ucapnya.
    Penghargaan Adipura ini karena kepedulian kepala daerah dalam hal ini Bupati Tapin HM Arifin Arpan yang diberi Anugerah penghargaan dari Pemerintah pusat , karena banyak Inovasi – inovasi baru yang telah dilakukan di Kabupaten Tapin terkait dengan Lingkungan, diantaranya penghijauan,  kebersihan, persampahan, penanaman bambu serta serai wangi di eks tambang dan kegiatan lingkungan  lainnya.
    Disamping itu banyak inovasi – inovasi baru yang telah dilakukan di Kabupaten Tapin terkait dengan lingkungan, diantaranya penghijauan,  kebersihan, persampahan, penanaman bambu serta serai wangi di eks tambang, bahkan masyarakat dan pihak ketiga terhadap lingkungan di wilayah Tapin sudah cukup baik ikut berperan aktif  menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan di Tapin sudah sangat baik.
    "Karena Adipura bukanlah suatu tujuan utama, tetapi dengan kita terus berbuat yang terbaik bagi Tapin tercinta ini diantaranya melakukan penanaman pohon untuk sedekah oksigen demi terciptanya Tapin yang nyaman, teduh, indah dan sehat,  Serta hasilnya akan dinikmati seluruh masyarakat,"pungkasnya.


    Penulis : Humas Pemkab Tapin

    Editor   : M Abdillah

    Foto      : Humas Pemkab Tapin


    Selanjutnya »

    DPRD Tapin Menerima Raperda Pertanggungjawaban APBD 2016

  • Penulis: media, 14-08-2017 11:46
  • TAPIN - 5 (lima) Fraksi anggota DPRD Kab Tapin menerima Raperda pertanggung jawaban pelaksanaan APBD Tahun 2016, Raperda tentang perubahan atas perda Kabupaten Tapin no 21 tahun 2013 tentang rencana pembangunan jangka menengah Kab Tapin tahun 2013 - 2017 dan Raperda tentang Hak Keuangan dan Administratif dan pimpinan  Anggota DPRD Kab Tapin.
    Hal ini diungkapkan oleh kelima Fraksi DPRD Kab Tapin pada saat Rapat Paripurna pendapat Akhir dari Fraksi DPRD Kab Tapin terkait tiiga Raperda Tersebut, Jumat 04/08/2017. bertempat di DPRD Kab Tapin.
    Kelima Fraksi DPRD Kab Tapin Menyambut baik rancangan tiga buah Raperda yaitu Raperda pertanggung jawaban pelaksanaan APBD Tahun 2016, Raperda tentang perubahan atas perda Kabupaten Tapin no 21 tahun 2013 tentang rencana pembangunan jangka menengah Kab Tapin tahun 2013 - 2017 dan Raperda tentang Hak Keuangan dan Administratif dan pimpinan  Anggota DPRD Kab Tapin dan dapat secepatnya ditetapkan sebagai peraturan Daerah.
    Bupati Tapin HM Arifin Arpan diwakili oleh Sekda Tapin Dr H Rahmadi mengatakan,  bahwa proses penyusunan dan pembahasan ketiga buah Raperda ini tidaklah mudah diperlukan waktu yang panjang dan melelahkan.
    Diperlukan keharmonisan serta syncronisasi telah dilakukan guna menerima semua masukan dengan berbagai penyelarasan untuk penyusunan raperda ini.
    "Oeh karena itu Apresisi dan penghargaan serta ucapan terima kasih patut kami sampaikan kepada badan pembentukan peraturan daerah serta fraksi - fraksi di DPRD Kab Tapin, " katanya.
    Ditambahkan sekda bahwa Tahapan selanjutnya ketiga buah raperda yang dimaksud berdasarkan pasal 100 ayat 2 peraturan menteri dalam negeri no 80 tahun 2015 tentang pembentukan hukum daerah yang akan disampaikan kepada Gubernur Kalimantan Selatan, untuk mendapatkan nomor Registrasi.
    Berharap pada tahapan pemberian nomor Registrasi daerah dapat berjalan dengan lancar sehingga ketiga buah peraturan dimaksud dapat segera ditetapkan dengan baik di Kabupaten Tapin.


    Penulis  : M Abdillah

    Editor    : M Abdillah 

    Foto       : Humas Pemkab Tapin


    Selanjutnya »