Berita

Bupati Tapin Presentasi Adipura Di Jakarta

  • Penulis: media, 14-06-2017 8:13
  • JAKARTA – Bupati Tapin HM Arifin Arpan baru datang Ke Indonesia  usai menunaikan ibadah Umrah di Tanah Suci Mekkah bertepatan Bulan Suci Ramadhan 1438 H. Beliau langsung melaksankan tugas negara begitu penting, yakni menyampaikan Presentasi  Adipura dihadapan Dewan Pertimbangan Adipura Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI di Merapi Room Hotel Sultan Semanggi Jakarta, Kamis (8/6/2017) kemarin.

    Orang nomor satu di Kabupaten Tapin di dampingi Wakil Bupati Tapin Ir H Sufian Noor serta Kepala SOPD terkait Lingkup Tapin menyampaikan presentasi Adipura dihadapan Tim penilai terdiri dari lima orang yaitu Koordinator oleh Dr Rahmat Witoelar, Prof Dr Ir Rumawan Salain, Dr Ir Suryo Adiwibowo, Bambang Harymurti, Dr Connie Rahakundini dan Dr Djoko Heru.

    Namun bukan HM Arifin Arpan kalau tidak siap dalam presentasi Adipura kali ini, beliau dengan lugas menyampaikan kegiatan yang telah dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Tapin  berkaitan dengan program kebersihan, persampahan dan kelestarian lingkungan di wilayah Tapin.

    “Banyak Inovasi yang telah di bangun terkait dengan lingkungan, diantaranya penghijauan, kebersihan, persampahan, penanaman bambu serta serai wangi di eks tambang “ Ungkap Bupati Tapin HM Arifin Arpan yang baru 4 Jam mengijak kakinya di Indonesia habis menjalankan Ibadah Umrah masih belum pulang ke kampung halaman.

    Pembahasan demi pembahasan yang disampaikan oleh Bupati Tapin begitu lancar tanpa terkendala, lalu begitu selesai memaparkan materi program Adipura, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh tim penilai.

    Terungkap dari tim penilai seperti pengelolaan Sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sudah sangat bagus, kemudian mengenai penjelasan pintu gerbang banua enam, serta penanaman kembali di eks bekas tambang seperti penanaman pohon bambu dan serai wangi juga mendapat apresiasi  dari penilai.

    Disamping itu pula masalah fasilitas tentang posko penanggulangan kabut asap mengenai Karhutla, cakupan pelayanan sampah yang sudah meningkat begitu juga yang lainnya.

    Selanjutnya juga sebagai dukungan terhadap Adipura warga masyarakat dan pihak ketiga sudah cukup baik ikut berperan aktif menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan.

    "Adipura bukanlah suatu tujuan utama, tetapi dengan kita terus berbuat baik menjaga lingkungan yakni dengan selalu menanam dan menanam pohon untuk sedekah oksigen demi terciptanya Tapin yang nyaman, teduh, indah dan sehat, "Ujar Bupati Tapin.

    Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tapin HM Zain Arifin menambahkan bahwa pihaknya sudah mempersiapkan materi yang disampaikan agar memenuhi harapan-harapan tim penilai.

    "Dalam materi ini kita menekankan beberapa materi seperti pertanian, persampahan dan program rencana kedepannya,"tambahnya.

    Kenapa persampahan ditekankan dalam materi ini, karenamana pihaknya berkomitmen pada tahun 2019 nanti cakupan pelayanan di 12 (dua belas) kecamatan sudah terlayani, ini kaitannya dengan sarana dan prasana yang tersedia.

    Kalau berkaitan dengan Gerakan Tanam Bambu Untuk Masa Depan (Rabu Mapan) sudah menanam di eks tambang.(RelHum Tapin)

    Penulis : Humas Tapin

    Editor   : M Abdillah

    Foto      : Humas Tapin