Berita

Program Pamsimas Desa Terpencil

  • Penulis: media, 12-07-2017 12:28
  • TAPIN -Pemerintah Kabupaten Tapin melakukan Perjanjian kerja sama (PKS) Program Pamsimas III dengan 21 Desa Di Kabupaten Tapin. Kerjasama dalam upaya pemenuhan fasilitas untuk mendapatkan pelayanan air bersih atau air minum.

    Program kerja sama (PKS) Pamsimas III disaksikan secara langsung oleh Bupati Tapin HM Arifin Arpan bertempat di Aula Kabinet Kantor Bupati Tapin.

    Bupati Tapin HM Arifin Arpan mengatakan, bahwa program Pamsimas atau Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat  ini merupakan  program yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia yang dilaksanakan di wilayah perdesaan dan pinggiran kota.

    "Untuk dananya sendiri berasal dari kontribusi masyarakat, pemerintah daerah, pemerintah pusat dan Bank Dunia dan didukung oleh Departemen Pekerjaan Umum sebagai executing agency bersama dengan Departemen Dalam Negeri dan Departemen Kesehatan, "katanya.

    Program PAMSIMAS III 2016-2019 merupakan kelanjutan program PAMSIMAS I 2008–2012 dan PAMSIMAS II 2013–2016.

    Pamsimas sendiri bertujuan untuk meningkatkan jumlah fasilitas pada warga masyarakat kurang terlayani termasuk masyarakat berpendapatan rendah di wilayah pedesaan.

    “Sehingga nantinya melalui program ini dapat meningkatkan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat” ucap H Arifin.

    Untuk itu saya berharap dengan adanya program ini mereka dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan khususnya di daerah terpencil .

    Penulis  : M Abdillah

    Editor    : M Abdillah

    Foto       : Humas Pemkab Tapin