Berita

Mensos RI Resmikan 3 Desa Sejahtera Mandiri (DSM) Tapin

  • Penulis: media, 03-10-2017 10:55
  • TAPIN - Menteri Sosial Republik Indonesia Khofifah Indar Parawansa meresmikan 3 (tiga) Desa yang menjadi Desa Sejahtera Mandiri di Kabupaten Tapin. Adapun Desa Sejahtera Mandiri (DSM) yaitu di Desa Hiyung, Desa Pandahan,  kecamatan Tapin Tengah dan Desa Gadung Kecamatan Bakarangan, Selasa 19/09 bertempat di kawasan Rantau Baru.
    Peresmian ditandai dengan Penandatanganan Prasasti oleh Ibu Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa disaksikan secara langsung oleh Bupati Tapin HM Arifin Arpan, Rektor UIN Antasari Banjarmasin Prof Dr H Akhmad Fauzi Aseri dan Unsur Muspida Tapin serta Karang taruna Se Kalsel.
    Menteri sosial RI Khofifah Indar Parawansa mengatakan, bahwa desa mandiri sejahtera merupakan stimulan awal agar terus terjadi penguatan pelbagai kebutuhan substantif di daerah, sekaligus upaya pemetaan terhadap masalah-masalah sosial di lapangan.
    Menurut Mensos, target 5.000 Desa Sejahtera pada 2019 tersebut dibagi di berbagai lembaga kementerian sementara Kemensos mengambil program Desa Sejahtera Mandiri dengan menggandeng perguruan tinggi melalui program KKN-nya yang bisa menjangkau pelosok desa.
    “Untuk di kalimantan selatan sendiri kementrian sosial bekerjasama dengan Universital Islam Negeri (UIN) Antasari” ucap Mensos.
    Berharap agar desa  DSM nantinya diharapkan akan terpenuhi berbagai kebutuhan dasarnya termasuk perlindungan sosialnya, misalnya menerima program Rumah Tinggal Layak Huni (Rutilahu), Kelompok Usaha Bersama (Kube), dan Program Keluarga Harapan (PKH).
    Sementara Rektor UIN Antasari Banjarmasin Prof Dr H Akhmad Fauzi Aseri mengatakan bahwa UIN Antasari telah lama menyadari arti pentingnya desa sebagai bagian dari pembangunan nasional, oleh karena itu UIN Antasari selalu rutin mengirimkan mahasiswanya kepedesaan.
    “Dengan tujuan untuk pemberdayaan masyarakat masyarakat pedesaan dengan program KKN Revolusi mental UIN Antasari” ucap Akhmad Fauzi
    Dikatakan H Akhmad Fauzi Aseri bahwa program KKN Mahasiswa UIN Antasari sangat dinanti kehadirannya di desa-desa karena memberikan manfaat nyata bagi desa, maka dari itu kami rasa tidak salah bahwa kemensos menggandeng UIN Antasari sebagai mitra untuk pengembangan desa sejahtera mandiri.
    Berharap keberadaan mahasiswa kami di desa yang melakukan kulaih kerja nyata dapat memberikan andil untuk menjadikan desa yang maju dan sejahtera sesuai harapan kita bersama.
    Bupati Tapin HM Arifin Arpan mengucapkan, Alhamdulilah di Kabupaten Tapin terdapat tiga desa yang menjadi desa Sejahtera Mandiri dari delapan desa di kalimantan selatan dibawah binaan langsung kementrian Sosial RI dan Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin.
    Sehingga nantinya desa mandiri sejahtera dibawah binaan kementrian sosial bekerjasama dengan perguruan tinggi negeri yaitu Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari dapat membina bagaimana desa itu bisa dikembangkan dengan maksimal khususnya di bidang pertanian agar masyarakat bisa lebih mandiri dan sejahtera.
    Sementara itu kepada desa yang di tetapkan sebagai Desa Mandiri Sejahtera dapat menjalankan program apa yang sudah di agendakan kementrian Sosial dan menjalankan dengan sebaik-baiknya.*


    Penulis : Ibnu Sina

    Editor   : M Abdillah

    Foto     : M Abdillah