Berita

Petugas Kesehatan Dilatih Edukasi Puskesmas Ramah Anak

  • Penulis: media, 03-10-2017 11:01
  • TAPIN - Ratusan petugas kesehatan yang bertugas di Puskesmas ikuti pelatihan KHA dan Edukasi Puskesmas Ramah Anak (PRA) se Kabupaten Tapin. Rabu (20/9) kemarin bertempat Hotel Tapin.
    Kegiatan dibuka secara resmi Wakil Ketua TP PKK Kab Tapin Hj Diah Nila Purnama Sufian Noor.
    Dalam amanatnya menyampaikan, puskesmas sebagai fasilitas kesehatan terdepan yang berbasis wilayah. Selama memberikan pelayanan peningkatan kesehatan, pencegahan penyakit, pengobatan dan pemenuhan puskesmas juga berperan dalam pemberdayaan orag tua keluarga dan masyarakat agar paham dan mampu memenuhi hak kesehatan anak.
    Puskesmas ramah anak itu lebuh mengedepankan pelayanan yang ramah pada anak, baik anak sedag berobat, maupun anak sehat yang berkunjung ke puskesmas serta perlindungan dan lenghargaan atas hak anak.
    Puskesmas di tapin secara bertahap akan diupayakan menjadi puskesmas ramah anak, memberikan pelayanan kepada anak secara ramah lengkap dan tepadu.
    Namun untuk mencapai itu tentunya di dukung 2 hal yakni pertama SDM dan kedua sarana dan prasarananya. Indikatornya tesedia layanan kesehatan ibu dan anak
    Berharap dengan pelatihan ini dapat terpenuhinya hak anak atas kesehatannya, sehingga dapat meningkatkan jumlah anak sehat dan menurunkan permasalahan kesehatan pada anak.
    Kepada puskesmas agar memberikan pelayanan yang ramah pada anak agar terwujudnya daerah layak anak utamanya pada puskesmas-puskesmas di wilayah Kab Tapin.
    Panitia pelaksana Dra Raudah melaporkan, pelatihan ini dikuti semua para petugas tenaga kesehatan yang ada di puskesmas-puskesmas wilayah Kab Tapin.
    Tujuan diselenggarakan pelatihan ini sebagai upaya perwujudan pemenuhan apa yang telah diamanatkan undang-undang dimana negara berkewajiban untuk mengupayakan penurunan angka kesakitan serta kematian bayi dan anak.
    Disamping orang tua bertanggug jawab terhadap anaknya sejak dalam kandungan  hingga berusia belum genap 18 tahun.
    Jadi Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak berupaya untuk mensinergikan tengan tenaga kesehatan di puskesmas-puskesmas yang ada di Tapin menjadikan layanan kesehatan yang ramah anak.
    Sehingga nantinya di tempat layanan kesehatan dapata terwujud kesehatan ramah anak, dan abgak kematian anak dapat di tekan dan kesehatan anak terus meningkat.*


    Penulis : M Abdillah

    Editor   : M Abdillah

    Foto     : Humas Pemkab Tapin