Berita

Musim Kemarau, Panen Hasilkan 13 Ton Bawang Basah

  • Penulis: media, 03-10-2017 11:16
  • TAPIN - Memasuki musim kemarau, kelompok Tani Harapan Masa Kec Tapin Selatan panen Bawang Merah dilahan seluas 40 hektar kemudian dilanjutkan dengan tanam lanjutan seluas 175 hektar di Desa Harapan Masa Kec Tapin Selatan. Rabu (27/9) kemarin siang.
    Panen bersama dilakukan Bupati Tapin HM Arifin Arpan bersama Kepala Balai BPTP Provinsi kalsel Muslimin, Kepala Dinas Pertanian dan Hortikulra Masyraniansyah, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Yusriansyah, dan Kapolsek Bungur, Camat Tapin selatan.
    Kepala BPTP Provinsi Kalsel Muslimin mengatakan Alhamdulilah pada hari ini kita bersama – sama melakukan panen serta tanam bawang merah di Tapin, hal ini menandakan bahwa perkembangan bawang merah setiap tahunnya di Tapin terus meningkat.
    “Mudah – mudahan kedepannya Tapin tetap sebagai poros benih bawang merah di Kalsel” Ucap Muslimin.
    Lahan di Kabupaten Tapin merupakan yang terbaik karena untuk tanam bawang sangat cocok, varitas apapun bawang merah dapat tumbuh dan menghasilkan berbeda dengan daerah lain yang ada di Kalsel.
    Hanya saja produktivitas bawang merah masih rendah belum bisa memnuhi untuk kebutuhan di Kalsel, berharap dengan adanya panen ini Tapin bis amenjadi sentra atau menyuplai bibit bawang merah untuk kebutuhan petani di Kalimantan Selatan dalam mengembangkan bawang merah.
    Sementara itu Bupati Tapin HM Arifin Arpan mengatakan, bahwa saat ini mengembangkan bawang merah di Tapin sangatlah menjajikan untuk para petani karena keuntungan yang dihasilkan mencapai Puluhan Juta dalam satu hektarnya.
    Apalagi pada saat ini mulai dari bibit atau benih, pupuk hingga Traktor dibantu oleh pihak Kementerian Pertanian dan Kabupaten Tapin, sehingga para petani hanya menggunakan tenaga mereka untuk melakukan penyiraman pada pagi hari.
    Namun yang jadi perhatian dalam mengembangkan bawang merah ini cukup sulit, perlu keseriusan petani itu sendiri, karena benar-benar menjadi perhatian mulai mengolah lahan, tanam sampai panen tidak dengan budidaya tanaman lain.
    Kepala Dinas Pertanian Tapin H Masyraniansyah melaporkan, bahwa panen bawang merah ini untuk penangkaran seluas 40 hektar Kecamatan Tapin Selatan dan Kec bungur ada 3 kelompok tani yang mengembangkan.
    Adapun hasil ubinan yang panen kali ini yakni tama bulan juni -juli panen bulan agustus september
    dengan hasil 13-16 ton basah setara 8-9 ton kering konsumsi.
    Selanjutnya pengembangan bawang merah seluas 360 hektar tersebar 8 kecamatan pada 41 kelompok tani.
    “Tanam sudah mulai dilakukan dibulan september seluas 225 hektar dan bulan oktober seluas 135 ha, “katanya.
    “Tujuan kita menggelar panen bawang bersama ini untuk bisa memacu para petani bawang merah di Tapin untuk lebih meningkatkan hasil tanam bawang yang di tanam dan menghasilkan, “katanya.
    Sementara dari untuk pengembangan bawang merah ini dibantu melalui dana APBD dan APBN dengan sejumlah paket bantuan bibit bawang merah 850-900 kg per ha dan sarana produksi berupa kapur pertanian, pupuk npk, organik, PGPR, insektisida dan Fungsida.*


    Penulis : M Abdillah

    Editor   : M Abdillah

    Foto     : M Abdillah