Berita

Pelajar Kalimantan Budayakan Seni Tari

  • Penulis: media, 03-10-2017 11:24
  • TAPIN - Puluhan Pelajar mulai tingkat menengah dan atas se Kalimantam ikuti lomba pentas seni yang digelar dalam memperingati HUT ke 14 Kalimantan Prima Persada. Rabu (27/9) kemarin bertempat Pendopo Bahalahendang Rantau.
    Pergelaran seni tari dalam rangka menampilkan seni dan budaya yang ada di Kalimantan.
    Menurut Deriktur  PT KPP Tri Yuli Andriana kegiatan pentas seni tari ini dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun PT KPP yang ke 14 tahun.
    Disamping itu sebagai wujud dan terima kasih kami dapat menggelar pentas seni tari di Tapin karena banyak sekali kesenian daerah yang belum dimunculkan ke permukaan sehingga banyak tidak diketahui warga masyarakat tapin itu sendiri.
    Perlombaan seni tari bukan kepentingan perusahan semata-mata sebagai wujud kecintaan terhadap kearifan lokal yang ada di lingkungan perusahaan khususnya di Tapin.
    "Banyak harta terpendam di bidang kesenian artinya tidak ada kesenian sama dengan daerah lain ini merupakam ciri khas yang ada di kalimantan, "ujarnya.
    Keindahah budaya jarang ditemukan 32 tarian lokal ditampilkan  yang menunjukkan keanikaragaman bahwa kita cinta kesenian budaya dan keindahan
    Dari tarian ada gerakan yang mempunyai arti dengan makna yang juga pembinaan mental ada atiran yang harus dikuti dalam sebuah tarian.
    Mudahan kegiatan seni tari ini bisa menjadi represisi untuk bisa dimasukkan program pendidikan, dengan harapan masukkan dalam dunia pendidikan.
    Bupati Tapin HM Arifin Arpan dalam sambutannya mengatakan,  menyambut baik apa yang dilakukan pihak perusahaan menggelar lomba kesenian daerah khas kalimantan dikalangan pelajar.
    Kedepan berharap lebih penting prmbinan terhadap adik adik kita yang ikut lomba seni dan tari sehingga kesenian daersh tetap lestari dan dibudayakan.
    "Kami justru sangat bangga yang tak terbanyang bagi kami karena kesenian8 banyak tidak mumcul dipermukaan, dengan lomba ini tentunya tahu kesenian daerah yang ada di kalimantan, "tuturnya.
    Berharap keberadaan seni tari ini alangkah baiknya ada disediakan tempat khusus bagi pelaku seni dan budaya serta sehingga keberadaannya bisa di ketahui semua orang.*


    Penulis : M Abdillah

    Editor   : M Abdillah

    Foto     : Humas Tapin