Berita

Desa Beramban Dievaluasi

  • Penulis: media, 03-10-2017 11:51
  • TAPIN - Tim penilai program peningkatan peranan wanita menuju keluarga sehat sejahtera (P2WKSS) tingkat Provinsi Kalsel menyambangi Desa Baramban Kecamatan Pian Kabupaten Tapin, Kamis (28/9).
    Kedatangan tim penilai ini langsung disambut oleh Bupati Tapin M Arifin Arpan didampingi Ketua TP PKK Tapin Ratna Ellyani dan seluruh masyarakat Desa Beramban.
    Juga dihadiri Wakil Ketua TP PKK Tapin Diah Nila Purnama, Kepala SOPD terkait beserta jajaran serta Camat Piani.
    Ketua TP PKK Desa Baramban Ani Sosilawati mengatakan bahwa berbagai macam program telah kami lakukan untuk menjadikan Desa Baramban agar terus berkembang.
    "Ada beberapa kegiatan yang sudah kami lakukan, seperti perpustakaan, tanaman, posyandu, pemeriksaan kehamilan dan lain-lain," ucapnya.
    Ia juga menceritakan bahwa Desa Baramban sudah menjadi desa yang cantik, anak-anak semakin cerdas dengan adanya perpustaan tersebut serta ibu-ibu semakin kreatif.
    "Itu semua berkat dukungan semua pihak dalam mendukung Desa Baramban agar bisa lebih maju," jelasnya.
    Sementara salah satu tim penilai lomba P2WKSS dari Provinsi Kalsel, Andi Murni mengungkapkan rasa bangganya ketika masuk Desa Beramban yang sudah tertata rapi dan bersih.
    "Keadaannya sudah sangat berbeda dari sebelumnya saya datang kesini, kondisinya sekarang sudah bagus dan tertata rapi," jelasnya.
    Ia juga menambahkan bahwa dalam membangun desa yang sehat perlu dukungan semua pihak terutama masyarakatnya. "Jadi tinggal kesadaran masyarakatnya agar tidak merokok didalam rumah, biasakan cuci tangan dan serta biasakan hidup sehat," tuturnya.
    Bupati Tapin M Arifin Arpan mengungkapkan dengan program P2WKSS diharapkan bisa meningkatkan kualitas diri kaum perempuan hingga mampu berkontribusi dalam mewujudkan kesehatan, kesejahteraan keluarga dan dapat berperan optimal untuk pembangunan.
    "Karena target P2WKSS merupakan proses pembelajaran dan komitmen dalam meningkatkan partisipasi perempuan," ucapnya.
    Oleh sebab itu, lanjut Bupati, diperlukan orang yang bisa menciptakan inovasi untuk perkembangan desa dan pembangunan desa.
    "Peran ibu-ibulah yang sangat diperlukan untuk menjadikan Desa Baramban menjadi desa yang maju,"Pungkasnya.*


    Penulis : Fadly

    Editor   : M Abdillah

    Foto     : Humas Tapin