Berita

Dispertan Tapin Sukseskan Tanam Serentak Kedelai

  • Penulis: media, 11-10-2017 15:35
  • TAPIN - Dinas Pertanian Kabupaten Tapin bersama Kodim 1010 Rantau serta Petani melaksanakan Tanam Perdana Kedelai Serentak berlokasi di Desa Suatu Lama Kecamatan Salam Babaris Jumat (6/10) kemarin siang.

    Tanam Kedelai program pemerintah pusat yang serentak dilaksanakan se Indonesia termasuk Kalimantan Selatan di Pusatkan Kab Tanah Laut dan di Kab/Kota se Kalsel termasuk kita Tapin sendiri yang di pusatkan Desa Suatu Lama Kec Salam Babaris.
    Menurut Kepala Dinas Pertanian Tapin H Masyraniansyah kegiatan tanam kedelai serentak ini dilaksanakan secara nasional termasuk kita di Kab Tapin yang juga turut serta mensukseskan tanam kedelai.
    “Target lahan untuk tanam kedelai seluas 1.500 Hektar diperuntukkan bagi kelompok tani di 10 Kecamatan di wilayah Kabupaten Tapin, sementara bantuan langsung dari anggaran APBN- Perubahan, “terangnya.
    Adapun tanam perdana kedelai ini di pusatkan Kelompok Tani Sido Muncul Nes 18 Desa Suatu Lama Kec Salam Babaris dengan luas lahan 30 hektar.
    Para kelompok tani dibantu berupa uang yang ditransfer melalui rekening dengan dana sebesar Rp1.260.900 seluas 1 hektar di perlukan untuk beli bibit, pupuk dan sarana pendukung lainnya.
    “Jadi para petani yang tergabung dalam kelompok tani membeli langsung bibit, pupuk dan lainnya untuk tanam kedelai tidak lagi dibantu dengan bentuk barang, “ katanya.
    Dengan adanya tanam perdana ini berharap nantinya mudah mudahan lebih banyak lagi yang melakukan tanam kedelai, karena waktunya terbatas sampai bulan desember, setelah itu para petani tidak akan mendapatkan bantuan lagi apabila tidak melaksanakan, terpenting jangan lewat pada bulan Desember sudah tanam.
    Program nasional agar tidak expor lagi dan impor lagi kedelai di Indonesia khususnya Tapin kita bisa memenuhi kebutuhan kedelai di daerah kita sendiri.
    Mudahan apa yang kita lakukan tanam perdana kedelai dapat mendapatkan hasil yang maksimal tentunya dengan didukung dengan pemeliharaan dan perawatan yang baik.
    Sementara Dandim 1010 Rantau Letkol Inf CZI Bambang Iswandaru , kegiatan tanam serentak ini dalam rangka memacu dan menggerakkan para petani, untuk tmensukseskan program nasional swasembada pangan  selain menamam padi dan jagung.
    “Pihaknya hanya melakukan pendampingan kepada petani di bidang pertanian, dimana yang lahan belum digarap dan bisa digerakkan untuk segera tanam, “ katanya.
    Untuk diketahui bahwa Kabupaten Tapin adalah lumbung pertanin khusunya padi kedepan di harapkan setiap tahun terus meningkat namun untuk kebutuhan kedelai masih kurang.
    “Diharapkan petani yang menadapatkan fasilitas berupa bantuan dana  dapat mengunakan dengan sebaik baiknya sehingga kebutuhan akan kedelai bisa terpenuhi, sesuai dengan tujuan pemerintah untuk nasional tidak lagi banyak mengimpor kedelai, “ harapnya.
    Acara Tanam Kedelai serentak APBN-P ditandai dengan menanam kedelai secara simbolis oleh Kepala Dinas Pertanian Tapin H Masyraniansyah, Dandim 1010 Rantau Letkol Inf CZI Bambang Iswandaru, Camat Salam Babaris H Asnawi, Sekretaris Dinas Pertanian Wagimin, Kelompok Tani setempat dan Kapolsek Salam Babaris.

    Penulis : M Abdillah

    Editor   : M Abdillah

    Foto     : M Abdillah