Berita

Ratusan BPD se Tapin Ikuti Bimtek Peningkatan Sinegritas

  • Penulis: media, 20-10-2017 10:31
  •  TAPIN -  Ratusan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dari 126 desa Se Kabupaten Tapin ikuti Bintek Peningkatan Sinergitas Hubungan BPD dan Pemerintahan Desa. Rabu (18/10) kemarin bertempat Pendopo Balahendang Rantau.
    Bimbingan teknis dimaksudkan dalam memberikan pengetahuan dan wawasan bagi para BPD dalam penyelenggaraan pemerintahan desa
    Kepala Dinas Permberdayaan Masyarakat dan Desa  Yumanto mengatakan Bimtek  BPD untuk menindaklanjuti Permendes, guna meningkatkan  pengetahuan dan wawasan serta untuk meningkatkan sinergitas Hubungan PBD dan Pemerintah desa dapat berjalan dengan baik.
    Sehingga kita harapkan dengan dilaksanakannya Bintek selain dapat menjadi ajang belajar dan bertukar pikiransekaligus dapat  meningkatkan hubungan tali silaturahmi para pengurus BPD se Kabupaten Tapin.
    "Melalui kegiatak Bintek yang dilaksanakan diharapkan dapat menambah wawasan BPD. Karena tugas badan permusyawaratan desa adalah menyusun rencana pemerintah desa tang tidak lain tujuanya adalah untuk membanguN desa secara  bersama-sama, "katanya.
    Bupati Tapin HM Arifin Arpan berkesempatan hadir menyampaikan, hanya mengingatkan kepada BPD agar  sering-sering berkoordinasi dan bermusyawarah baik dengan warga masyarakat di desa masing-masing dan aparatur desanya,  karena di desa sudah memiliki anggaran tersendiri yang dibantu pemerintah pusat melaluli APBN dan kabupaten APBD. 
    Sehingga dalam penyelenggaraan pemerintahan desa tidak ada lagi yang tidak memiliki anggaran desa semua sudah legkap untuk membangun desa.
    "Jadi tinggal di desa mengelola keuangannya untuk membiayai pembangunan di desa, " jelasnya.
    Seperti contoh di desa jalan desa rusak, dari dana desa bisa dialokasikan untuk pembangunan tersebut.
    Namun dalam mengelola keuangan harus ada pertanggungjawabannya, tidak boleh di gunakan hal yang tidak ada manfaatnya.
    Dalam menjalankan program di desa buat perancanaan koordinasikan dengan semua masyarakat di desa hal itu agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.
    Melalui bimbingan teknis ini hendaknya di ikuti dan dipahami dengan baik, sehingga dapat menerapkan roda pemerintahan desa dengan baik pula.
    "Semoga melalui kegiatan ini dapat menjadi forum pembelajaran bagi seluruh BPD dengan harapan fungsi BPD mengetahui segala peraturan yang ada dalam menyusun rencana BPD dalam pembangunan desa."pungkasnya.

    Penulis : M Abdillah
    Editor   : M Abdillah
    Foto     : Humas Pemkab Tapin