Berita

Pencanangan Iva Test dan Sadanis Di Lingkungan ASN Tapin

  • Penulis: media, 20-10-2017 10:34
  • TAPIN  - Pemerintah Kabupaten Tapin mencanangkan pemeriksaan Iva Test di seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN)  Perempuan di Lingkungan Pemerintah Kab Tapin. Jumat (20/10/2017) kemarin bertempat Lapangam Dwi Darma Rantau.
    Pencanangan iva test dalam upaya mencegah tejadinya kanker rahim dan kanker payudara khususnya kaum perempuan di seluruh warga Kab Tapin secara resmi di buka oleh Bupati Tapin HM Arifin Arpan yang diwakili Asisten Administrasi Umum Setda Tapin Drs H Syaiful Bahrin Noor.
    Dalam amanatnya Bupati menyampaikan, Pemerintah Kab Tapin sangat mendukung kegiatan pemeriksaan Iva Test terhadap ASN Perempuan di Lingkungan Pemkab Tapin hal itu sebagai upaya pencegahan kanker leher rahim dan kanker payudara.
    "Bukti keseriusan pemerintah daerah telah membentuk seksi pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular yang salah satunya topoksinya adalah merencanakan dan melaksanakan kegiatan deteksi dini kanker, "katanya.
    Dalam pelayanan deteksi dini ini sudah membuat surat ederan Bupati Tapin ke SOPD agar seluruh ASN perempuan dan istri di Lingkup Tapin dapat mengikuti pemeriksaan iva test di puskesmas atau fasilitas kesehatan terdekat.
    "Berharap kepada seluruh kepala SOPD Badan dan Kantor di Lingkup Pemkab Tapin agar dapat menginstruksikan seluruh staf perempuannya dan istri ASN untuk mengikuti pemeriksaan deteksi dini di puskesmas terdekat.
    Sementara Ketua TP PKK Tapin Hj Ratna Ellyani Arifin Arpan melaporkan bahwa, kanker leher rahim dan kanker payudara merupakan salah satu penyakit kanker berbahayadan dapat menimbulkan kematian.
    Kanker ini bisa terjadi pada wanita berusia 30 tahun dan kanker payudara berumur antara 30 sampai 20 tahun.
    "Namun walapun berbahaya tetapi dapat dicegah dan di sembuhkan, "ujarnya.
    Salah satunya upaya pengobatan dengan melakukan pemeriksaan iva test dan sadanis yang akan dilakukan hari ini. (Kemaren red) 
    Menurutnya pemeriksaan iva test merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin.
    Untuk diketahui bahwa sampai saat ini Dinas Kesehatan bersama PKK Tapin telah melaksanakan iva test dengan jumlah peserta 3.381 orang sasaran wanita usia 50 tahun di seliruh warga tapin khususnya kaum perempuan.
    Berharap seluruh ASN Perempuan yang sudah berkeluarga dan istri dapat mengikuti pemeriksaan ini di puskesmas terdekat.
    Melalui kegiatan ini dapat kita teruskan pada tahun tahun memdatang karena sangat membantu tidak hanya bagi ASN di Lingkungan Pemkab Tapin saja tetapi juga masyarakat Tapin sebagai wujud kepedulian kita terhadap kesehatan untuk masyarakat di sekitar kita.

    Penulis : M Abdillah 
    Editor   : M Abdillah 
    Foto     : Humas Pemkab Tapin