Berita

Dukcapil Luncurkan "Sidatung" Sekali Datang Tuntung.

  • Penulis: media, 07-11-2017 16:43
  • TAPIN  - Dinas Kependudukan Catatan Sipil Kabupaten Tapin luncurkan "Sidatung" (Sekali Datang Tuntung) sebuah inovasi untuk memudahkan warga Tapin mendapatkan dukumen Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga (KK).

    Hal itu terungkap dalam Sosialisasi Kebijakan Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil tahun 2017 di Kecamatan Tapin Utara. Jumat (3/10) kemarin.

    Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Tapin Hj Rusnaidah menjelaskan, peluncuran "Sidatung" (Sekali Datang Tuntung) sebuah inovasi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Tapin dalam hal untuk memberikan kemudahan bagi warga masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan yaitu untuk Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga.

    "Inovasi ini sebenarnya untuk memudahkan pelayanan kepada warga masyarakat yang mengurus kependudukan, "ungkapnya

    Namun dalam kepengurusannya harus membawa dukumen lengkap seperti untuk pembuatan akta kelahiran dilengkapi seperti buku akta nikah, surat keterangan lahir,  KTP dan mengisi furmulir sesuai dengan data-data yang dimintakan.

    "Jadi saat pengurusan membawa persyaratan yang lengkap, yang bersangkutan sudah dapat memiliki dukumen adminsitrasi kependudukan, makanya kami namankan Sidatung (Sekali Datang Tuntung), " katanya

    Untuk diketahui pula dalam pembuatan akta kelahiran dan kartu keluarga gratis tidak di pungut biaya.

    Dalam peluncuran ini, tidak lain agar warga tapin memiliki administrasi kependudukan, karena pentingnya seseorang memiliki dukumen.

    Sementara itu Camat Tapin Utara Syamsul  mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Tapin memberikan sosialisasi dan menginformasikan pelayanan satu hari tuntung dalam pengurusan kependudukan kepada RT/RT, Kepala Desa dan Lurah.

    Diharapkan dengan sosialisasi warga paham dan mengerti betapa pentingnya sebuah dukumen kependudukan bagi seseorang, sehingga kedepan tidak ada lagi warga yang tidak memiliki dukumen kependudukan.

    Penulis : M Abdillah

    Editor   : M Abdillah

    Foto     : M Abdillah