Berita

Jangan Coba-Coba Palsukan Data

  • Penulis: media, 07-11-2017 16:46
  • TAPIN - Ratusan warga tergabung Ketua RT, lurah serta Kepala Desa se Kecamatan Tapin Utara berkumpul untuk mendengarkan sosialisasi kebijakan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. Jumat (3/11) kemarin.

    Sosialisasi ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tapin Rusnaidah dan jajaran, serta dihadiri juga Camat Tapin Utara Syamsul.

    Camat Tapin Utara Syamsul mengatakan untuk kegiatan sosialisasi ini diharapkan para Kepala Desa dan lurah serta Ketua RT dapat lebih memahami berbagai program pelayanan masyarakat.

    "Khususnya mengenai dokumen kependudukan, karena sangat penting untuk dipahami, agar nantinya memudahkan kita dalam menjelaskan kepada masyarakat untuk mengurus dokumen kependudukan," katanya.

    Selain itu Camat juga meminta kepada peserta yang berhadir untuk dapat memberikan informasi yang lebih jelas kepada masyarakat di lingkungannya masing-masing.

    "Tentang bentuk-bentuk pelayanan yang berkaitan dengan pembuatan dokumen kependudukan," jelasnya.

    Sementara Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil  Kabupaten Tapin Hj Rusnaidah, mengungkapkan untuk para kepala Desa dan Lurah maupun ketua RT, jangan coba-coba memalsukan dokumen administrasi kependudukan dan pencatatan sipil.

    "Karena hal itu bisa dipidana 6 tahun penjara," ungkap Rusnaidah.

    Biasanya ada saja upaya ingin memalsukan dokumen administrasi kependudukan dengan berbagai kependingan pribadi, kemudian berupaya memalsukan dokumen tersebut.

    "Kepada Kepala Desa ataupun Ketua RT jangan coba-coba mau dibujuk memalsukan dokumen kependudukan, sebab kalau ketahuan akan ada sanksinya," pungkasnya.

    Penulis : Fadly Rasidi

    Editor   : M Abdillah

    Foto     : M Abdillah