Berita

Jelang Pemilukada Satlinmas Dilatih Peningkatan Kapasitas

  • Penulis: media, 02-11-2017 14:57
  • TAPIN  - Puluhan satuan perlindungan masyarakat dari 17 desa se Kec Tapin Tengah ikuti pelatihan peningkatan kapasitas dalam rangka mengamankan Pemiluka di Kabupaten Tapin selama dua hari Jumat 27sampai 28 Oktober 2017. bertempat Pendopo Kecamatan Tapin Tengah.
    Pelatihan dimaksudkan memberikan perlindungan dan pengamanan jelang Pemikukada Kab Tapin.
    Sekretaris Camat Tapin Tengah Mahruddin melaporkan, kegiatan pelatihan peningkatan kafasitas ini dikuti sebanyak 85 orang perwakilan dari 17 desa se Tapin Tengah dimana satu desa dikutkan sebanyak 5 (lima) orang 
    "Peningkatan kapasitas ini dalam upaya  memberikan ilmu pengetahuan dan  pemerdayaan masyarakat desa terhadap satuan perlindungan masyarakat, "katanya.
    Satlimas nantinya ditugaskan dalam mensukseskan pemilukada Kab Tapin yang berlangsung pada tahun 2018 mendatang namun tidak hanya itu saja juga kegiatan-kegiatan lainnya yang ada di desa dan kecamatan.
    Kegiatan terselenggara atas kerjasama yang baik sehingga antara Pemerintah Daerah melalui Kecamatan Tapin Tengah dengan Pemerintah Desa Se Tapin Tengah.
    Berharap dengan diberikan pelatihan ini, para satuan perlindungan masyarakat dapat memberikan perlindungan terhadap warga masyarakat di desa masing-masing.
    Camat Tapin Tengan Rini Yusnita SSTP MM mengatakan, menyambut baik di adakannya pelatihan peningkatan kafasitas bagi satuan perlindungan masyarakat se Tapin Tengah.
    Mudahan dengan diberikan bekal ilmu pengetahuan yang diberikan setidaknya mengetahui tugas pokok satuan perlindungan masyarakat sebelum menjalankan tugas-tugas sesuai kewenangannya.
    "Tolong kepada peserta pelatihan di didengarkan dan dikuti dengan sebaik-baiknya dengan harapan mudahan kegiatan ini berkah dan lancar dan dalam melaksakanakan tugas di lingkungan masing-masing aman lancar, "harapnya.
    Pada kesempatan itu saya berpesan tolong tugas pian sebagai hansip, kalau ada yang tidak beres dikoordinaikan dengan baik pihak terkait.
    Peserta diberikan materi dan praktik oleh Satuan TNI Danramil Tapin Tengah, Satpol PP dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kab Tapin.

    Penulis : M Abdillah 
    Editor   : M Abdillah 
    Foto     : M Abdillah 
    Selanjutnya »

    Meriahkan Jambore PKK

  • Penulis: media, 02-11-2017 14:53
  • TAPIN   - Kader PKK Kecamatan Se Tapin unjuk kebolehan dalam memeriahkan Jambore PKK Tingkat Kabupaten Tapin. Sabtu (28/10) kemarin bertempat Kawasan Rantau Baru.
    Lomba yang dimainkan yakni di antaranya, APE, Penyuluhan Pola Asuh anak dan cinta kasih sayang dalam keluarga, Lagu Mars PKK, Menulis Berantai dan Yel, Yel Yel PKK.
    Menjadi perhatian dan membuat senang Bupati Tapin HM Arifin Arpan dan Ketua TP PKK Tapin Hj Ratna Ellyani pada saat Kader PKK Kecamatan bernyanyi sambil berjoget membawakan yel yel PKK dengan irama musik dangdut remix lagunya yel yel PKK.
    Ketua PKK Tapin Hj Ratna Ellyani dalam laporan mengatakan, kegiatan jambore PKK sebagai ajang pertemuan silturrahmi dan bergembira antara tim penggerak PKK Kabupaten, Kecamatan sampai Desa.
    Sekaligus dalam rangka menambah wawasan pengetahuan dan persahabatam peran dan tim kader PKK se Tapin untuk menjadikan keluarga sehat dan sejahtera.
    Sebelumnya rangkaian acara Jambore PKK melaksanakan 10 program pokok PKK yakni pelatihan dasawisma, sosialisasi pola asuh anak KDRT,  UP2K, lomba B2SA, pelatihan kader pkk.
    Wakil ketua I TIm Penggerak PKK Prov Kalsel Hj Rosdiawati Rudy Resnawan dalam arahannya menyampaikan  mudahan jambore PKK  tidak hanya sekedar berkumpul, berlomba dan bersilaturrahmi saja, tetapi juga dapat dijadikan sarana pembelajaran dan berbagi pengalaman dalam melaksanakan tugas sebagai kader PKK di daerah masing -masing.
    Peran dan aktualisasi para kader dan penggerak PKK sangat penting dalam upaya memasyarakatkan gerakan PKK.
    "Gerakan PKK hendaknya diarahkan pada terwujudnya kehidupan keluarga yang lebih sejahtera, " katanya.
    Namun perlu diingat agar para ibu ibu pkk tidak melupakan kodratnya sebagai seorang ibu yang berkewajiban dalam mengurus keluarga walaupun diluar sangat pada dengan kegiatan.
    "Pastikan sebelum meninggalkan rumah untuk kegiatan PKK di rumah sudah beres dan tetap melayani suami dengan baik dan merawat serta membimbing putra dan putrinya, " pesanya.
    Berharap mudah-mudahan kader PKK bisa menjadi yang terbaik dengan adanya kegiatan Jambore PKK ini.
    Bupati Tapin HM Arifin Arpan dalam sambutannya menyampaikan, menyambut baik kegiatan jambore PKK dengan di gelar berbagai macam lomba-lomba di ikuti sesama kader PKK se Kab Tapin.
    Berharap kedepan dilaksanakan dengan baik dan lebih meriah.
    Untuk itu siapkan anggarkan dengan baik, sehingga dapat pengalaman positif bagi kader kader di desa.
    "Mudahan dengan kegitan ini semua kader pkk se tapin bisa bergembira dan  memeriahkan Jambore PKK dengan baik dan lancar" katanya.

    Penulis : M Abdillah
    Editor   : M Abdillah 
    Foto     : Humas Pemkab Tapin
    Selanjutnya »

    Bupati dan Istri Hadiri Pemilihan Nanang Galuh

  • Penulis: media, 27-10-2017 13:43
  • TAPIN - Bupati Tapin M Arifin Arpan bersama istri Hj Ratna Ellyani hadiri pemilihan nanang galuh tingkat Kalimantan Selatan di Ballroom Grand Mitra Plaza Banjarmasin, Jumat (20/10) malam.

    Salah satunya perwakilan tapin masuk dalam nominasi nanang dan galuh yaitu Dewata Pandhu Gumelar dan Laurenza Fifiyen Gafuri.

    Satu persatu pasangan nanang galuh diumumkan dengan sorak ramai soporter yang datang, hingga nama ari Tapin masuk nominasi 10 besar nanang, ketegangan Bupati pun berlalu dengan wajah bangga.
    Kesepuluh peserta yang masuk nominasi 10 besar juga wajib mencabut kopun pertanyaan yang wajib di jawab, ada yang pertanyaan tentang pariwisata, pemerintahan sampai yang berbahasa inggris.

    Bupati Tapin M Arifin Arpan yang berhadir mengatakan dirinya sengaja datang setelah melakukan kunjungan kerja, untuk memberikan semangat kepada putra-putri terbaik Tapin yaitu Dewata Pandhu Gumelar dan Laurenza Fifiyen Gafuri pada pemilihan nanang galuh tingkat provinsi.
    "Dengan ikutnya pada nanang galuh tingkat provinsi ini semoga bisa berperan aktif dalam merindangkan dunia kepariwisataan dan kebudayaan terutama di kota kita Tapin," ucapnya.
    Ditambahkan Ketua TP PKK Tapin Ratna Ellyani sangat bangga atas hasil yang diraih salah satu wakil Tapin yang berhasil meraih prestasi di nanag galuh.
    "Saya mengharapkan tahun depan bisa kita tingkatkan lagi dan dipersiapkan secara maksimal dan selamat kepada Dewa yang menjadi wakil 5 nanang galuh provinsi," ucapnya. 
    Pada Grand final nanang galuh provinsi Kalsel ini juga dihadiri Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tapin Hamdan Rosyadie beserta anggota, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tapin Zain Arifin dan istri serta Kepala Bagian Humas Setda Tapin Syafrudin.


    Penulis : Fadly Rasidi

    Editor   : M Abdillah

    Foto     : Humas Pemkab Tapin

    Selanjutnya »

    BJWKS Akan Bangun Jembatan Di Tapin

  • Penulis: media, 27-10-2017 13:29
  • TAPIN - Empat Jembatan berada di jalan Nasional di wilayah Tapin akan di bangun oleh Balai jalan nasional wilayah Kalimantan Selatan.
    Hal itu terungkap saat rapat koordinasi jajaran Pemerintah Kabupaten Tapin bersama perwakilan Balai Jalan Wilayah Kalimantan Selatan. Selasa (24/10) kemarin bertemlat Aula Kabinet 1 Kantor Bupati Tapin.
    Rencananya empat jembatan yang di perbaiki yaitu Jembatan Sei Jayau, Jembatan Muara Muning, Jembatan Tampirai, Jembatan Pelukan Kecil ruas Jalan Tapin, Batola dan Kandangan termasuk pelebaran jalan.
    Dalam pertemuan itu Perwakilan Balai Jalan Wilayah Kalimantan Kalsel Ahsan Noor menjelaskan,  keempat jembatan yang rencananya akan direnovasi tersebut karena keadaannya sudah mengkwatirkan.
    "Keempat jembatan sudah kam survey ada kondisi yang kritis dan perlu untuk segera di perbaiki, "terangnya.
    Namun yang menjadi kendala dalam melaksanakan pembangunan jembatan, biasanya terkendala pembebasan lahan yang kebetulan terkena proyek pembangunan jembatan tersebut.
    Oleh karena itu dalam pembebasan lahan lancar, kami minta peran semua pihak terkait di lingkungan pemkab Tapin  untuk membantu sehingga apa yang kutabharapan sesuai dengan rencana yang dilakukan.
    Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Tapin Zainal Aqli mengungkapkan bahwa dalam mensukseskan pihaknya akan mensosialisasikan terlebih dahulu  kepada warga terkait pembangunan jembatan tersebut.
    "Yang pertama kami akan mendata pemilik lahan, kalau pun mereka ingin pembebasan lahan diganti, akan kami koordinasikan," ucapnya.
    Berharap adanya bantuan ini  kepada warga masyarakat yang terkena dampak pembangunan jembatan agar bisa membantu dan mendukung, karena ini untuk kepentingan umum dan kemudahan untuk masyarakat.


    Penulis : Fadly Rasidi

    Editor   : M Abdillah

    Foto     : Humas Pemkab Tapin

    Selanjutnya »

    Satlinmas Dilatih Peningkatan Kapasitas.

  • Penulis: media, 27-10-2017 13:24
  • TAPIN  - Dalam rangka  meningkatkan kapasitas ilmu pengetahuan perangkat desa yakni satuan perlindungan masyarakat (Satlinmas) Se Kecamatan Tapin Tengah ikuti pelatihan peningkatan kapasitas selama dua hari 27-28 Oktober 2017. Jumat (27/10) kemarin pagi bertempat Pendopo Kecamatan Tapin Tengah.
    Pelatihan dimaksudkan memberikan perlindungan dan pengamanan jelang Pemikukada Kab Tapin sekaligus memberikan rasa aman di lingkungan masyarakat 
    Sekretaris Camat Tapin Tengah Mahruddin  melaporkan, kegiatan pelatihan peningkatan kafasitas ini dikuti sebanyak 85 orang perwakilan dari 17 desa se Tapin Tengah dimana satu desa dikutkan sebanyak 5 (lima) orang 
    "Peningkatan kapasitas ini dalam upaya  memberikan ilmu pengetahuan dan  pemerdayaan masyarakat desa terhadap satuan perlindungan masyarakat, "katanya.
    Satlimas nantinya ditugaskan dalam mensukseskan Pemilukada Kab Tapin yang berlangsung pada tahun 2018 mendatang namun tidak hanya itu saja juga kegiatan-kegiatan lainnya yang ada di desa dan kecamatan.
    Kegiatan terselenggara atas kerjasama yang baik sehingga antara Pemerintah Daerah melalui Kecamatan Tapin Tengah dengan Pemerintah Desa Se Tapin Tengah.
    Sehingga bentuk kerjasama ini sehingga terlaksana kegitan ini.
    Berharap dengan diberikan pelatihan ini, para satuan perlindungan masyarakat dapat memberikan perlindungan terhadap warga masyarakat di desa masing-masing.
    Camat Tapin Tengan Rini Yusnita SSTP MM mengatakan, menyambut baik di adakannya pelatihan peningkatan kafasitas bagi satuan perlindungan masyarakat se Tapin Tengah.
    Mudahan dengan diberikan bekal ilmu pengetahuan yang diberikan setidaknya mengetahui tugas pokok satuan perlindungan masyarakat sebelum menjalankan tugas-tugas sesuai kewenangnannya.
    "Tolong kepada peserta pelatihan didengarkan dan dikuti dengan sebaik-baiknya dengan harapan mudahan kegiatan ini berkah dan lancar dan dalam melaksanakan tugas di lingkungan masing-masing aman lancar, "harapnya.
    Pada kesempatan itu saya berpesan tolong tugas pian sebagai Satlinmas, kalau ada yang tidak beres dikoordinasikan dengan baik pihak terkait.
    Sementara Danramil Tapin Tengah Peltu M Noor dalam sambutannya mengatakan, warga yang di tunjuk sebagai Satlinmas di desa masing-masing bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-sebaiknya.
    Menghimbau kepada Satlinmas  jangan sekali kali membuka lahan dengan cara membakar di musim kemarau ini dan bisa dinformasikan kembali kepada warga desa masing-masing.
    Peserta diberikan materi dan praktik oleh Satuan Danramil Tapin Tengah, Satpol PP dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kab Tapin.

    Penulis : M Abdillah 
    Editor   : M Abdillah 
    Foto     : M Abdillah 


    Selanjutnya »

    Disabilitas Ikuti Keterampilan Menjahit

  • Penulis: media, 27-10-2017 13:16
  • TAPIN - Puluhan para penyandang cacat disabilitas Se Tapin ikuti bimbingan sosial dan keterampilan menjahit melalui bina karya (LBK) selama tanggal 12 -26 Oktober 2017 bertempat Loka Bina Karya Kab Tapin. Kamis (26/10/2017) kemarin.
    Selama 15 hari para penyandang cacat di tempa dan diberikan bimbingan sosial dan keterampilan menjahit dari instruktur yang sudah berpengalaman.
    Panitia Pelaksana Dinas Sosial Kamarudin menyampaikan, kegiatan bimbingan sosial dan keterampilan di ikuti sebanyak 15 orang penyandang disabilitas se Tapin selama 15 hari sejak tanggal 12 sampai 26 Oktober 2017.
    Tujuan dari bimbingan sosial agar mereka dapat bergaul, tidak merasa minder, dan tidak merasa bahwa mereka saja mengalami demikian, bahkan banyak lagi kawan kita yang lebih dari ini.
    "Jadi mereka di latih keterampilan agar mereka dapat mandiri dan diharapkan tidak tergantung pada orang lain, minimal untuk diri sendiri keterampilan bisa dimiliki, " ujarnya.
    Berharap kegiatan ini dapat bermanfaat, sehingga dapat menolong dirinya sendiri sesuai dengan semboyan pekerjaan sosial "to help people tu help them silvers/ menolong orang lain sehingga dapat menolong dirinya sendiri".
    Tindak lanjut dari pelatihan ini nantinya peserta yang terbaik akan diambil 5 orang dimagangkan  hal itu untuk meningkatkan pengalaman dan keterampilan mereka kedepan khusus keterampilan menjahit.
    Mewakili Kepala Dinas Sosial Tapin Murtoyo menyampaikan, selamat kepada kawan-kawan penyandang disabilitas yang telah selesai mengikuti bimbingan sosial dan keterampilan.
    Berharap kembali kekeluarga dan ilmu  yang telah didapat bisa dikembangkan di lingkungan keluarga kita dan masyarakat.
    "Dengan adanya latihan keterampilan ini sebagai modal dasar untuk bisa mengembangkan keterampilan yang di peroleh kedepannya, "katanya.
    Setidaknya dengan keterampilan ini  bisa untuk diri sendiri dan juga orang lain.
    Kegiatan keterampilan Ini adalah sebagai  upaya pemerintah daerah untuk menyamaratakan status kita khususnya penyandang fisabiltas bisa sejajar dengan warga yang normal.
    Salah satu peserta pelatihan Mujahidin mengaku, ini pelatihan keterampilan menjahit yang diadakan Dinas Sosial baru pertama kalinya mengikuti.
    "Alhmadulillah selama mengikuti pelatihan  bisa membuat baju kemeja dan celana, " ucapnya.
    Setelah pelatihan ini akan dilanjutkan membuka usaha di rumah.
    Acara penutupan secara simbolis penyerahan sertifikat pelatihan oleh perwakilan Dinas Sosial Murtoyo kepada dua orang disabilitas.

    Penulis : M Abdillah

    Editor   : M Abdillah

    Foto     : M Abdillah

    Selanjutnya »