Berita

Bupati Tapin Meriahkan Hari Santri ke III Nasional

  • Penulis: media, 27-10-2017 13:12
  • TAPIN - Ribuan santriawan santriwati ikuti perayaan Puncak Hari Santri ke III di gelar Lapangan Dwi Darma Rantau, Kamis (26/10) kemarin.
    Peringatan hari santri mengangkat tema Santri Mandiri, NKRI Hebat.
    Panitia Pelaksana H Sibawaihi dalam laporannya menyampaikan, kegiatan ini dalam rangka memperingati hari santri ke III yang jatuh pada tanggal 22 Oktober.
    Hari santri adalah sebuah hadiah dari Presedin RI Joko Widodo menetapkan hari santri nasional.
    Tujuan diperingatinya hari santri mengenang fatwa Syekh Hasim Asyari sebagai ulama dan pengasoh pondok pesantren ikut serta memperjuangkan dalam mempertahankan Kemerdekaan RI 1945.
    "Peran para ulama kiayi sangat berpengaruh dalam berjuang merebut kemerdekaan Ri." Ujarnya.
    Disamping itu pula dalam upaya menumbuh kembangan rasa cinta tanah air terhadap para ulama dan kiayi dan setia pada NKRI
    Dikatakannya pula bahwa kalau TNI berjuang membawa senjata sementara santri berjuang mengangkat tangan dengan doa.
    Adapun yang hadir pada peringatan hari santri ini dikutoi sebanyak 1.700 santriwan santriwati dari 15 Pondok Pesantren se Kabupaten Tapin.
    Bupati Tapin HM Arifin Arpan dalam sambutannya menyampaikan, menyambut baik digelarnya hari santri nasional ke III tingkat Kebupaten Tapin.
    Mudahan kedepan bisa lebih baik lagi  karena para santri penerus kita. Nanti akan menindaklanjuti di bidang keagamaan.
    "Dunia santri kalau sudah selesai menimba ilmu tentunya punya bekal agama yang lebih baik dibandingkan dengan pendidikan lain, "ujarnya.
    Berharap keepan bisa dikerjasamakan seteiap menggelar kegiatan peringatan yang sama baik dengan para pengusaha,  sehingga dalam memperingati sebuah kegiatan bisa dilaksanakan dengan baik pula.
    Sebelum perayaan hari santri digelar diadakan main bola api dan sembur api dilakukan para anak santri dam terliat Bupati Tapin juga ikut menendang bola api
    Tampak hadir Ketua DPRD Tapin Abdullah, Kapolres Tapin AKBP Zulkifli Ismail, Kepala Pengadilan Agama Negeri Tapin,Plt Kemenag Tapin H Rasul Akbar dan para pimpinan Pondok Pesantren se Kab Tapin dan pimpinan SOPD Se Tapin.


    Penulis : M Abdillah

    Editor   : M Abdillah

    Foto     : M Abdillah

    Selanjutnya »

    Pangdam VI Mulawarman Kunjungi Tapin

  • Penulis: media, 27-10-2017 11:43
  • TAPIN - Pangdam VI Mulawarman MayjenTNI Sonhadji SIP MM bersama Ketua Persit Karyika Chandra  Kirana PD VI Mulawarman Ibu Ossy Sonhadji beserta rombongan melakukan kunjungan kerja ke Makodim 1010 Rantau. Selasa (24/10) kemarin siang.

    Dalam kunjungan itu Pangdam VI Mulawarman disambut Dandim 1010 Rantau Letkol CZI Bambang Iswandaru  dan Istri sementara Bupati Tapin diwakili Staf Ahli Bupati H Rahman Ramli serta  Muspida Kabupaten Tapin.
    Dalam sambutan itu pula juga disuguhkan tarian radap rahayu sebuah tarian menyambut tamu luar datang ke Tapin dan mengalungkan selendang kain sasirangan kepada Pangdam VI Mulawarman dan rangkaian bunga kepada Ketua Persit Chandra Kirana.
    Usai upacara pengarahan, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Sonhadji SIP MM menyampaikan, kunjungan kerja ini dalam rangkaian kegiatan penutupun TTMD  yang  akan dilaksanakan 26 Oktober 2017 besok secara nasional serentak se Indonesia.
    Sebelum penutupan berlangsung kita menyempatkan untuk bersilaturrahmi kejajaran yang ada di wilayah kodim-kodim salah satunya Kodim 1010 Rantau.
    "Kunjungan kita ini dalam rangka silaturrahmi ke Kodim-kodim dan memberikan pembinaan serta informasi penting kepada prajurit TNI wilayah masing-masing, "ujarnya.
    Pada kesempatan itu pula menyampaikan bahwa tahun depan adalah tahun politik yakni pemilihan kepala daerah dan berlanjut pada pemilu legislatif pada tahun 2019.
    Biasanya memasuki tahun politik  biasanya rentan terhadap gesekan dan menimbulkan konflik.
    "Oleh karena itu TNI prajurit harus menjadi sebagai penengah jikalau terjadi konflik, kita harus menjadi penengah, untuk jadi penengah kuncinya kita sebagai prajurit harus netral, "pesannya
    Terakhir Pangdam menyampaikan pesan kepada Prajurit sekarang ini jaman semakin canggih dengan tegnologi dunia maya, apa saja bisa di dapatkan melalui hanphone android baik keperluan berbelanja, medsos dan lain sebagainya.
    “Semua tegnologi bagus kalau dimanfaatkan dengan bagus sebaliknya kalau tidak digunakan tentunya akan menjadi bumerang bagi kita semua, "katanya.
    Sebelum meninggalkan Kodim 1010 Rantau Pangdam VI Mulawarman dan Istri beserta jajaran shalat zuhur berjamaah di Mushola Selanjutnya meninggalkan Kodim 1010 Rantau.



    Penulis : M Abdillah

    Editor   : M Abdillah

    Foto     : M Abdillah

    Selanjutnya »

    Pedagang Pasar Keraton Ikuti Sosialisasi Pangan Halal

  • Penulis: media, 27-10-2017 11:32
  • TAPIN - Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Tapin  memggelar Sosialisasi Pangam halal bagi pelaku usaha Pasar Keraton Rantau. Sabtu (21/10) kemarin bertrmpat
    Mushala Ar Raudah Pasar Keraton Rantau.
    Kegiatan sosialisasi mengangkat Tema "Meningkatkan kesadaran prilaku usaha dalam memproduksi makanan halalan thaibah".
    Sebanyak 50 orang para pedagang Pasar Keraton terdiri dari para penjual makanan dan minuman warung dan jajanan pedagang ikan segar ayam potong dan daging serta petugas penyembelihan hewan.
    Ketua MUI Tapin H Hamdani mengatakan, tujuan digelarnya sosialisasi pangan halal dalam rangka memberikan pengetahuan informasi mengenai makanan minuman yang halal sehat dan aman untuk di konsumsi.
    "Kegiatan kita ini dalam upaya memberikan pengetahuan kepada para pedagang di Pasar Keraton terkait makanan dan minuman yang halal sehat di konsumsi, "ujarnya.
    Selanjutnya juga memberikan pengetahun cara penyembelihan hewan sesuai dengan syariat Islam, artinya bagi pelaku penjual daging diberikan tata cara menyembelih hewan yang benar sesuai dengan ajaran Islam.
    Berharap kegiatan ini dapat dikuti dengan sebaik-baiknya bagi para pedagang dan pelaku usaha di  pasar keraton untuk dapat diketahui dan daPat menyampaikan kembali kepada pedagang lainnya terkait makanan dan minuman yang halal dan sehat untuk di konsumsi.
    Pemerintah Daerah Tapin diwakili Bagian Kesra Tapin H Harliansyah mengatakan, menyambut baik apa yang dilakukan MUI Tapin mensosialisaiskan pangan halal kepada para pedangang dan pelaku usaha di Pasar Keraton Rantau.
    “Kedepan terus berlanjut tidak hanya di lingkungan pasar tetapi juga di masyakat luas di Tapin, “ ujarnya
    Sehingga makanan dan minuman halal dan sehat di konsumsi dapat di ketahui semua lapisan masyarakat Tapin dan bagi yang mengikutinya dapat menyebarluaskan kepada para pedagang lainnya.


    Penulis : M Abdillah

    Editor   : M Abdillah

    Foto     : M Abdillah

    Selanjutnya »

    Pencanangan Iva Test dan Sadanis Di Lingkungan ASN Tapin

  • Penulis: media, 20-10-2017 10:34
  • TAPIN  - Pemerintah Kabupaten Tapin mencanangkan pemeriksaan Iva Test di seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN)  Perempuan di Lingkungan Pemerintah Kab Tapin. Jumat (20/10/2017) kemarin bertempat Lapangam Dwi Darma Rantau.
    Pencanangan iva test dalam upaya mencegah tejadinya kanker rahim dan kanker payudara khususnya kaum perempuan di seluruh warga Kab Tapin secara resmi di buka oleh Bupati Tapin HM Arifin Arpan yang diwakili Asisten Administrasi Umum Setda Tapin Drs H Syaiful Bahrin Noor.
    Dalam amanatnya Bupati menyampaikan, Pemerintah Kab Tapin sangat mendukung kegiatan pemeriksaan Iva Test terhadap ASN Perempuan di Lingkungan Pemkab Tapin hal itu sebagai upaya pencegahan kanker leher rahim dan kanker payudara.
    "Bukti keseriusan pemerintah daerah telah membentuk seksi pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular yang salah satunya topoksinya adalah merencanakan dan melaksanakan kegiatan deteksi dini kanker, "katanya.
    Dalam pelayanan deteksi dini ini sudah membuat surat ederan Bupati Tapin ke SOPD agar seluruh ASN perempuan dan istri di Lingkup Tapin dapat mengikuti pemeriksaan iva test di puskesmas atau fasilitas kesehatan terdekat.
    "Berharap kepada seluruh kepala SOPD Badan dan Kantor di Lingkup Pemkab Tapin agar dapat menginstruksikan seluruh staf perempuannya dan istri ASN untuk mengikuti pemeriksaan deteksi dini di puskesmas terdekat.
    Sementara Ketua TP PKK Tapin Hj Ratna Ellyani Arifin Arpan melaporkan bahwa, kanker leher rahim dan kanker payudara merupakan salah satu penyakit kanker berbahayadan dapat menimbulkan kematian.
    Kanker ini bisa terjadi pada wanita berusia 30 tahun dan kanker payudara berumur antara 30 sampai 20 tahun.
    "Namun walapun berbahaya tetapi dapat dicegah dan di sembuhkan, "ujarnya.
    Salah satunya upaya pengobatan dengan melakukan pemeriksaan iva test dan sadanis yang akan dilakukan hari ini. (Kemaren red) 
    Menurutnya pemeriksaan iva test merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin.
    Untuk diketahui bahwa sampai saat ini Dinas Kesehatan bersama PKK Tapin telah melaksanakan iva test dengan jumlah peserta 3.381 orang sasaran wanita usia 50 tahun di seliruh warga tapin khususnya kaum perempuan.
    Berharap seluruh ASN Perempuan yang sudah berkeluarga dan istri dapat mengikuti pemeriksaan ini di puskesmas terdekat.
    Melalui kegiatan ini dapat kita teruskan pada tahun tahun memdatang karena sangat membantu tidak hanya bagi ASN di Lingkungan Pemkab Tapin saja tetapi juga masyarakat Tapin sebagai wujud kepedulian kita terhadap kesehatan untuk masyarakat di sekitar kita.

    Penulis : M Abdillah 
    Editor   : M Abdillah 
    Foto     : Humas Pemkab Tapin
    Selanjutnya »

    Ratusan BPD se Tapin Ikuti Bimtek Peningkatan Sinegritas

  • Penulis: media, 20-10-2017 10:31
  •  TAPIN -  Ratusan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dari 126 desa Se Kabupaten Tapin ikuti Bintek Peningkatan Sinergitas Hubungan BPD dan Pemerintahan Desa. Rabu (18/10) kemarin bertempat Pendopo Balahendang Rantau.
    Bimbingan teknis dimaksudkan dalam memberikan pengetahuan dan wawasan bagi para BPD dalam penyelenggaraan pemerintahan desa
    Kepala Dinas Permberdayaan Masyarakat dan Desa  Yumanto mengatakan Bimtek  BPD untuk menindaklanjuti Permendes, guna meningkatkan  pengetahuan dan wawasan serta untuk meningkatkan sinergitas Hubungan PBD dan Pemerintah desa dapat berjalan dengan baik.
    Sehingga kita harapkan dengan dilaksanakannya Bintek selain dapat menjadi ajang belajar dan bertukar pikiransekaligus dapat  meningkatkan hubungan tali silaturahmi para pengurus BPD se Kabupaten Tapin.
    "Melalui kegiatak Bintek yang dilaksanakan diharapkan dapat menambah wawasan BPD. Karena tugas badan permusyawaratan desa adalah menyusun rencana pemerintah desa tang tidak lain tujuanya adalah untuk membanguN desa secara  bersama-sama, "katanya.
    Bupati Tapin HM Arifin Arpan berkesempatan hadir menyampaikan, hanya mengingatkan kepada BPD agar  sering-sering berkoordinasi dan bermusyawarah baik dengan warga masyarakat di desa masing-masing dan aparatur desanya,  karena di desa sudah memiliki anggaran tersendiri yang dibantu pemerintah pusat melaluli APBN dan kabupaten APBD. 
    Sehingga dalam penyelenggaraan pemerintahan desa tidak ada lagi yang tidak memiliki anggaran desa semua sudah legkap untuk membangun desa.
    "Jadi tinggal di desa mengelola keuangannya untuk membiayai pembangunan di desa, " jelasnya.
    Seperti contoh di desa jalan desa rusak, dari dana desa bisa dialokasikan untuk pembangunan tersebut.
    Namun dalam mengelola keuangan harus ada pertanggungjawabannya, tidak boleh di gunakan hal yang tidak ada manfaatnya.
    Dalam menjalankan program di desa buat perancanaan koordinasikan dengan semua masyarakat di desa hal itu agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.
    Melalui bimbingan teknis ini hendaknya di ikuti dan dipahami dengan baik, sehingga dapat menerapkan roda pemerintahan desa dengan baik pula.
    "Semoga melalui kegiatan ini dapat menjadi forum pembelajaran bagi seluruh BPD dengan harapan fungsi BPD mengetahui segala peraturan yang ada dalam menyusun rencana BPD dalam pembangunan desa."pungkasnya.

    Penulis : M Abdillah
    Editor   : M Abdillah
    Foto     : Humas Pemkab Tapin
    Selanjutnya »

    Bupati Tandatangani Komitmen

  • Penulis: media, 19-10-2017 13:24
  • PONTIANAK – Bupati Tapin HM Arifin Arpan tandatangani komitmen sekaligus mengikuti pertemuan Focus Group Discussion (FGD) tindaklanjut hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan permasalahnnya se Kalimantan di Hotel Aston, Pontianak Kalimantan Barat (Kalbar), Kamis (12/10). Belum lama ini.

    Pada pertemuan FGD tersebut dibuka Anggota VI  BPK RI H Harry Azhar Aziz, yang sekaligus memberikan arahan agar kepala daerah dapat memperkuat kedudukan Inspektorat melalui Perda atau Perbup agar Inspektorat dapat bekerja secara maksimal.

    Pada kesempatan BPK RI mengajak para kepala daerah untuk berkomitmen menindaklanjuti temuan dan rekomendasi dari hasil audit yang sudah dilakukan sebagai wujud keseriusan dalam mendukung dan menindaklanjuti hasil temuan dan rekomendasi BPK di masing-masing daerah.

    Sebelumnya juga ada beberapa harapan yang disampaikan BPK, di antaranya agar ke depan Kabupaten/ Kota dapat memperbaiki dan menindaklanjuti hasil pemeriksaan yang merupakaan catatan. Dan itu sudah dilakukan Pemkab Bulungan setelah beberpa waktu lalu diberi tenggang waktu hingga 60 hari memperbaiki catatan yang ada.

    Bupati Tapin HM Arifin Arpan usia mengikuti pertemuan itu mengatakan, bahwa Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemerintah Kab Tapin tahun 2016 telah mendapatkan WTP. Walaupun ada beberapa catatan atau rekomendasi BPK untuk dilakukan perbaikan oleh Pemkab Tapin.

    “Pemerintah Kab Tapin selama tiga Tahun terakhir ini telah mendapatkan WTP berturut – turut dari BPK RI, namun ada beberapa perlu tindak lanjut terkait laporan didaerah dan perlu dibahas dalam pertemuan FGD ini, sehingga ke depan pengelolaan keuangan dan administrasinya bisa lebih baik lagi. Apalagi Bupati dan Inspektur juga sudah mendatangani komitmen itu,” ujar Bupati Tapin HM Arifin Arpan.

    Turut hadir dalam pertemuan itu juga Sekda DR H Rahmadi MSi dan Inspektur H Abdul Hamid, SSos, MAP, Kabag Umum dan Kabag Humas dan seluruh kepala derah se Kalimantan tersebut diantaranya Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, Gubernur Kaltara Irianto Lamberi.(*)


    Penulis : Humas Tapin

    Editor   : M Abdillah

    Foto     :Humas Tapin

    Selanjutnya »