Berita

Bupati Lakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat

  • Penulis: media, 11-10-2017 16:10
  • TAPIN - Kejaksaan Negeri Tapin menggelar bakti sosial tes iva deteksi dini kanker serviks dan payudara bagi kaum ibu-ibu yang tergabung dalam Ikatan Adhiyaksa Dharmakarini Daerah Tapin dan warga sekitar  Rabu (11/102017) kemarin bertempat Kantor Kejari Tapin.
    Kepala Kejaksaan Negeri Tapin Hj Anik Anifah SH mengatakan dalam rangka meningkatkan kesehatan derajat kaum ibu-ibu baik dilingkungan Kejari maupun warag masyarakat sekitar.
    "Kegiatan deteksi dini tes iva dan payudara bagi kaum perempuan ini adalah program dari pusat untuk di laksanakan di daerah khususnya di lingkungan Kejari seluruh Indonesia termasuk di Kejari Tapin dengan tujuan bebas kanker serviks dan payudara, "ungkapnya.
    Melalui pemeriksaan dini terhadap kaum perempuan apakah ada bibit penyakit kanker serviks dan payudara bagi kaum perempuan.
    Untuk diketahui bahwa kanker serviks dan payudara ini baru diketahui  15 tahun apa mengidap atau tidak, tetapi dengan di lakukan detiksi dini setidaknya bisa di ketahui.
    Pada kesempatan ini saya mengajak kepada kaum ibu-ibu untuk bisa memanfaatkan untuk memeriksakan kesehatanya
    “Mudahan kegiatan ini berjalan dengan baik dan target perserta dapat terlaksana sesuai dengan harapan, “harap Anik.
    Bupati Tapin HM Arifin Arpan dalam sambutannya menyampaikan, kesehatan adalah hal yang sangat mendasar bagi kita semua, karena kalau sudah sehat tentunya mudah melakukan apapun yang akan kita lakukan.
    Menurutnya kegiatan  pemeriksaan deteksi dini tes iva sudah lama di sosialisakan, namun kita terus mengantisipasi jangan sampai terjadi timbulnya penyakit utamanya kepada kaum ibu-ibu.
    Dalam kesempatan ini kami hanya memberikan himbauan jaga pola makanan,  dan jangan memakai pakaian yang masih basah karenamana akan menimbulkan bakteri serta pergaulan.
    "Untuk itu mulai dari sekarang kita lakukan pola hidup bersih dan sehat di lingkungan rumah tangga masing-masing agar terhindar dari penyakit tersebut, "pintanya.
    Pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada pihak Kejari Tapin yang telah menggelar detiksi dini kanker serviks dan payudara kaum ibu-ibu di lingkungan Kejari Tapin dan masyarakat sekitar.
    Turut hadir Ketua TP PKK Tapin Hj Ratna Ellyani Arifin Arpan, Kepala Dinas Kesehatan Tapin H Errani Martin, Wakil Ketua TP PKK Tapin Hj Diah Nila Purnama, Ketua KNPI Tapin H Fikri Ramadhan dan perwakilan BPJS Cab Tapin.*


    Penulis  : M Abdillah

    Editor    : M Abdillah

    Foto      : M Abdillah  

    Selanjutnya »

    Pemkab Tapin dan Dewan Sampaikan Tiga Buah Raperda

  • Penulis: media, 11-10-2017 16:01
  • TAPIN - Bupati Tapin HM Arifin Arpan menyampaikan 3 (tiga) buah Rancangan Peraturan Daerah pada Rapat Paripurna DPRD Tapin. Selasa (10/10/2017) kemarin bertempat Gedung DPRD setempat.
    Adapun raperda yang di usulkan yaitu pertama Raperda tentang pencabautan peraturan daerah nomor 08 tahun 2008 tentang tata cara pencalonan pemilihan, pelantikan dan pemberhentian kepala desa, kedua raperda tentang pencbutan peraturan daerah nomor 01 tahun 2009 tentang retribusi jasa perijinan bidang lingkungan hidup dan ketiga raperda tentang pencabutan peraturan daerah nomor 02 tahun 2008 tentang pajak restoran.
    "Pencabutan peraturan tersebut tidak sejalan lagi dengan undang-undang yang telah ada mengaturnya, "jelasnya.
    Sementara dicabutnya retribusi jasa perijinan tentang lingkungan dan pajal restoran juga tidak sejalan dengan undang-undang nomor 28 tahun 2009 tentang pajak daerah dan retribusi daerah.
    Berharap apa yang kami ajukan dapat di bahas sesuai dengan mekanisme yang berlaku
    Sementara Kepala Badan pembentukan peraturan daerah DPRD Kab Tapin Pahruni menyampaikan bahwa tiga buah raperda inisiatif DPRD Kab Tapin yaitu Raperda Tentang perubahan atas Perda Kab Tapin nomor 16 tahun 2012 tentang Retribusi perizinan tertentu.
    Raperda Tentang Pencabutan Peraturan Daerah  Kab Tapin nomor 09 tahun 2012 Tentang Izin gangguan, dan Raperda tentang pencabutan perda Kab Tapin Nomor 01 tahun 2016 tentang perubahan atas Peraturan Daerah Kab Tapin Nomor  09 Tahun 2012 tentang izin gangguan.*


    Penulis : M Abdillah

    Editor   : M Abdillah

    Foto     : Humas Pemkab Tapin

    Selanjutnya »

    Empat Sekolah Siap Ikuti Lomba Sekolah Sehat

  • Penulis: media, 11-10-2017 15:58
  • TAPIN - Empat sekolah berbagai tingkat binaan Dinas Pendidikan Kabupaten Tapin siapkan mengikuti lomba sekolah sehat tingkat provinsi Kalsel.
    Bersamaan dengan apel peningkatan disiplin di serahkan tropi dan piagam penghargaan yang sudah di tetapkan Bupati Tapin pemengang Lomba sekolah sehat tingkat kabupaten Tapin. Senin (09/10) kemarin pagi. Bertempat Halaman kantor Bupati Tapin. Selanjutnya bagi pemenang akan dikutsertakan dalam ajang yang sama tingkat Prov Kasel
    Sekretaris Dinas Pendidikan Tapin H Ahlul Jannah SPd MPd mengatakan, setelah dilakukan seleksi tingkat Kabupaten lomba sekolah sehat menghasilkan empat sekolah dari berbagai tingkatan yang terbaik dan layak untuk di ikutsertakan ke jenjang selanjutnya yakni ke tingkat Prov Kalsel yang berlangsung pada bulan september mendatang pada lomba yang sama.
    "Sekolah yang dikutsertakan di tingkat Prov Kalsel yaitu untuk TK di wakili TK Pembina Rantau Kec Tapin Utara  kedua MIN 1 Tapin Tengah mewakili tingkat SD sederajat, ketiga SMPN 1 Rantau untuk tingkat SMP dan keempat SMA 1 Rantau untuk tingkat atas, " sebutnya.
    Berharap sekolah yang kita unggulkan untuk mengikuti lomba sekolah sehat dapat meraih prestasi yang bisa memgharumkan Kabupaten Tapin. Karena sekolah sehat juga mendukung program visi dan misi Pemerintah Kabupaten Tapin.
    "Artinya dengan menjadikan sekolah yang sehat mendukung program pemerintah daerah, "tuturnya.
    Berkaca dari tahun sebelumnya, hanya tingkat Atas yakni MAN 1 Rantau mampu ke tingkat nasional. Sementara untuk TK, SD dan SMP belum bisa memberikan yang terbaik
    Kepada pihak sekolah yang sudah ditetapkan untuk mewakili lomba sekolah sehat tingkat prov kalsel agar dapat mempersiapkan mulai dari sekarang dan apa yang menjadi kekuranganya bisa di koordinasikan dengan Dinas Pendidikan Kab Tapin.
    Sementara Sekda tapin Dr H Rahmadi mengucapkan selamat kepada pihak sekolah yang di tetapkan sebagai pemenang lomba sekolah sehat tingkat kabapaten.
    "Selamat kepada tim pembina telah melakukan dengan baik terhadap sekolah begitu pula sekolah terus jaga kebersihan untuk mengikuti jenjang yang lebih tinggi lagi, " katanya.
    Berharap sekolah yang menjadi juara ini bisa dijadikan contoh bagi sekolah lain untuk menjadikan sekolah sehat dan hijau serta belajar disekolah anak-anak menjadi nyaman.


    Penulis : M Abdillah

    Editor   : M Abdillah

    Foto     : Humas Pemkab Tapin

    Selanjutnya »

    Dispertan Tapin Sukseskan Tanam Serentak Kedelai

  • Penulis: media, 11-10-2017 15:35
  • TAPIN - Dinas Pertanian Kabupaten Tapin bersama Kodim 1010 Rantau serta Petani melaksanakan Tanam Perdana Kedelai Serentak berlokasi di Desa Suatu Lama Kecamatan Salam Babaris Jumat (6/10) kemarin siang.

    Tanam Kedelai program pemerintah pusat yang serentak dilaksanakan se Indonesia termasuk Kalimantan Selatan di Pusatkan Kab Tanah Laut dan di Kab/Kota se Kalsel termasuk kita Tapin sendiri yang di pusatkan Desa Suatu Lama Kec Salam Babaris.
    Menurut Kepala Dinas Pertanian Tapin H Masyraniansyah kegiatan tanam kedelai serentak ini dilaksanakan secara nasional termasuk kita di Kab Tapin yang juga turut serta mensukseskan tanam kedelai.
    “Target lahan untuk tanam kedelai seluas 1.500 Hektar diperuntukkan bagi kelompok tani di 10 Kecamatan di wilayah Kabupaten Tapin, sementara bantuan langsung dari anggaran APBN- Perubahan, “terangnya.
    Adapun tanam perdana kedelai ini di pusatkan Kelompok Tani Sido Muncul Nes 18 Desa Suatu Lama Kec Salam Babaris dengan luas lahan 30 hektar.
    Para kelompok tani dibantu berupa uang yang ditransfer melalui rekening dengan dana sebesar Rp1.260.900 seluas 1 hektar di perlukan untuk beli bibit, pupuk dan sarana pendukung lainnya.
    “Jadi para petani yang tergabung dalam kelompok tani membeli langsung bibit, pupuk dan lainnya untuk tanam kedelai tidak lagi dibantu dengan bentuk barang, “ katanya.
    Dengan adanya tanam perdana ini berharap nantinya mudah mudahan lebih banyak lagi yang melakukan tanam kedelai, karena waktunya terbatas sampai bulan desember, setelah itu para petani tidak akan mendapatkan bantuan lagi apabila tidak melaksanakan, terpenting jangan lewat pada bulan Desember sudah tanam.
    Program nasional agar tidak expor lagi dan impor lagi kedelai di Indonesia khususnya Tapin kita bisa memenuhi kebutuhan kedelai di daerah kita sendiri.
    Mudahan apa yang kita lakukan tanam perdana kedelai dapat mendapatkan hasil yang maksimal tentunya dengan didukung dengan pemeliharaan dan perawatan yang baik.
    Sementara Dandim 1010 Rantau Letkol Inf CZI Bambang Iswandaru , kegiatan tanam serentak ini dalam rangka memacu dan menggerakkan para petani, untuk tmensukseskan program nasional swasembada pangan  selain menamam padi dan jagung.
    “Pihaknya hanya melakukan pendampingan kepada petani di bidang pertanian, dimana yang lahan belum digarap dan bisa digerakkan untuk segera tanam, “ katanya.
    Untuk diketahui bahwa Kabupaten Tapin adalah lumbung pertanin khusunya padi kedepan di harapkan setiap tahun terus meningkat namun untuk kebutuhan kedelai masih kurang.
    “Diharapkan petani yang menadapatkan fasilitas berupa bantuan dana  dapat mengunakan dengan sebaik baiknya sehingga kebutuhan akan kedelai bisa terpenuhi, sesuai dengan tujuan pemerintah untuk nasional tidak lagi banyak mengimpor kedelai, “ harapnya.
    Acara Tanam Kedelai serentak APBN-P ditandai dengan menanam kedelai secara simbolis oleh Kepala Dinas Pertanian Tapin H Masyraniansyah, Dandim 1010 Rantau Letkol Inf CZI Bambang Iswandaru, Camat Salam Babaris H Asnawi, Sekretaris Dinas Pertanian Wagimin, Kelompok Tani setempat dan Kapolsek Salam Babaris.

    Penulis : M Abdillah

    Editor   : M Abdillah

    Foto     : M Abdillah

    Selanjutnya »

    Jaga Kawasan Rawan Karhutla

  • Penulis: media, 04-10-2017 13:14
  • TAPIN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kab Tapin kembali menggelar ekspose laporan akhir penyusunan kajian resiko bencana dan rencana penanggulangan bencana Kabupaten Tapin tahun 2017. Rabu 04/10 bertempat di Aula Kabinet Kab Tapin.
    Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Bupati Tapin HM Arifin Arpan juga dihadiri oleh Dandim 1010 Rantau CZI Bambang Iswandaru, Wakapolres Tapin Deddi Siregar, perwakilan kejaksaan negeri Tapin, para asisten, kepala Dinas, Camat, para perusahaan di Tapin.

    Bupati Tapin HM Arifin Arpan pada saat membuka kegiatan menghimbau kepada para pengusaha kelapa sawit yang ada di Tapin agar dapat menjaga lokasinya masing – masing karena kita tahu pada saat ini kawasan perkebunan kelapa sawit banyak masyarakat kesana untuk melakukan kegiatan memancing.
    Bahkan pada saat malam hari pun masih banyak masyarakat yang melakukan pemancingan dan menghidupkan api unggun untuk mengusir nyamuk, namun hal ini ternyata dapat menimbulkan kebakaran hutan dan lahan apabila api unggun tidak di awasi atau tidak dimatikan dengan benar.
    “Untuk itu saya meminta kepada perusahaan agar dapat berkoordinasi dengan masyarakat dilingkungan sekitar apabila ada titik api yang terlihat agar dapat segera dilaporkan kepada BPBD agar dapat segera di tangani, “ pintanya.

    Ditambahkan Bupati memasuki musim kemarau ini hendaknya peran warga masyarakat di desa agar lebih pro aktif untuk menjaga wilayahnya masing-masing dan kalau bisa kalau terjadi di desa yang jauh untuk mendapatkan bantuan hendaknya bisa di selesaikan dulu di tingkat desa sehingga tidak sampai membesar. “Artinya kalau bisa di selesaikan desa lebih baik, dibandingkan menunggu bantuan datang, “tambahnya.
    Kepala BPBD Kab Tapin H Nurdin mengatakan bahwa melalui kajian Risiko bencana dan rencana penanggulangan bencana Kab Tapin, yang mana dalam kajian ini kita akan menetapkan risiko atau kerentanan serta ukuran kapasitas dalam rangka pengurangan risiko bencana.
    “dari hasil kajian akhir ini nantinya akan menjadi rencana induk dalam penanggulangan di Kab Tapin” ucap Nurdin
    Dikatakan Nurdin bahwa kegiatan ini memiliki tujuan khusus yaitu untuk keterpaduan agar pada saat penanggulangan bencana itu tidak bisa dilakukan sendiri – sendiri sehingga harus ada keterpaduan semua sektor, baik itu sebelum terjadinya bencana, saat terjadi bencana dan  pasca bencana.*


    Penulis : Ibnu Sina

    Editor   : M Abdillah

    Foto     : Humas Tapin

    Selanjutnya »

    TP PKK Tapin Meriahkan Jambore Nasional

  • Penulis: media, 04-10-2017 13:03
  • JAKARTA - Ketua Tim Penggerak PKK (TP PKK) Kabupaten Tapin bersama Wakil Ketua TP PKK Hj Ratna Ellyani beserta jajaran menghadiri Puncak Hari Kesatuan Gerak PKK ke 45 dan Jambore Nasional Kader PKK Tahun 2017, bertempat di Mercure Ancol dari tanggal (2-4/10/2017).
    Dibuka secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo acara turut dihadiri oleh Ibu Negara Hj Iriana Joko Widodo bersama Ketua Umum Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Hj Erni Guntarti Tjahjo Kumolo.
    Bersama ribuan kader PKK se Indonesia yang sedikitnya diikuti 1.700 kader dari 34 Provinsi masing-masing berlomba untuk menjadi yang terbaik pada jambore Nasional PKK tahun ini, termasuk para Kader TP PKK Kab.Tapin.
    Rangkaian acara serta berbagai lomba diikuti dan diselesaikan oleh TP PKK Kab.Tapin, baik lomba tertib administrasi, pencegahan KDRT serta usaha peningkatan pendapatan keluarga.
    Kegiatan peringatan TP PKK ke-45 dan Jambore Nasional Kader PKK 2017 dengan mengambil tema “Budaya hidup sehat dengan kesadaran deteksi dini kanker pada perempuan untuk mewujudkan keluarga Indonesia Sejahtera."  

    Dikatakan Hj Ratna Ellyani kegiatan ini merupakan moment bersejarah bagi TP PKK di seluruh Indonesia karena dapat bersama-sama berkumpul merayakan keberhasilan PKK dalam memdukung pembangunan terutama mendukung pemberdayaan kaum perempuan menuju keluarga sehat dan sejahtera.

    Ditambahkan Hj Ratna PKK Tain juga membuka stand pameran menampilkan berbagai makan olahan makanan khas Tapin serta berbagai kerajian unggulannya.
    “Di stand TP PKK Kab.Tapin diantaranya tersedia produk UP2K, anyaman purun serta kain sasirangan khas Tapin dan berbagai kerajinan unggulan lainnya, “ tambahnya.
    Menurut Hj Ratna Ellyani, melalui kegiatan pameran ini tujuannya ialah untuk meningkatkan keterampilan TP PKK agar lebih kreatif dan bersaya saing tinggi dalam menciptakan berbagai inovasi pembangunan menuju masyarakat yang sejahtera.

    Selain mengikuti lomba-lomba yang mengasah kemampuan para kader, TP PKK Kab.Tapin juga menggelar  pameran produksi kerajinan khas Tapin yang tampil bersama kerajinan dalam negeri lainya dari seluruh Indonesia, hal ini tentu menjadi kebanggaan bagi Kab.Tapin.
    Menutup kegiatan jambore nasional 2017  kegiatan dilajutkan penyerahan penghargaan kepada pemenang lomba kegiatan PKK tingkat Kabupaten dan kota di 24 provinsi, dengan jenis lomba antara lain tertib administrasi, pencegahan KDRT, usaha peningkatan pendapatan keluarga juga pemberian penghargaan Adhi Bhakti bagi anggota TP PKK dan Kader PKK yang secara terus menerus aktif dalam pengabdian pada Gerakan PKK selama 25 tahun, 15 tahun dan 10 tahun.*

    Penulis : Herman Hidayat

    Editor   : M Abdillah

    Foto     : Humas Tapin

    Selanjutnya »