Berita

TP PKK Tapin Meriahkan Jambore Nasional

  • Penulis: media, 04-10-2017 13:03
  • JAKARTA - Ketua Tim Penggerak PKK (TP PKK) Kabupaten Tapin bersama Wakil Ketua TP PKK Hj Ratna Ellyani beserta jajaran menghadiri Puncak Hari Kesatuan Gerak PKK ke 45 dan Jambore Nasional Kader PKK Tahun 2017, bertempat di Mercure Ancol dari tanggal (2-4/10/2017).
    Dibuka secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo acara turut dihadiri oleh Ibu Negara Hj Iriana Joko Widodo bersama Ketua Umum Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Hj Erni Guntarti Tjahjo Kumolo.
    Bersama ribuan kader PKK se Indonesia yang sedikitnya diikuti 1.700 kader dari 34 Provinsi masing-masing berlomba untuk menjadi yang terbaik pada jambore Nasional PKK tahun ini, termasuk para Kader TP PKK Kab.Tapin.
    Rangkaian acara serta berbagai lomba diikuti dan diselesaikan oleh TP PKK Kab.Tapin, baik lomba tertib administrasi, pencegahan KDRT serta usaha peningkatan pendapatan keluarga.
    Kegiatan peringatan TP PKK ke-45 dan Jambore Nasional Kader PKK 2017 dengan mengambil tema “Budaya hidup sehat dengan kesadaran deteksi dini kanker pada perempuan untuk mewujudkan keluarga Indonesia Sejahtera."  

    Dikatakan Hj Ratna Ellyani kegiatan ini merupakan moment bersejarah bagi TP PKK di seluruh Indonesia karena dapat bersama-sama berkumpul merayakan keberhasilan PKK dalam memdukung pembangunan terutama mendukung pemberdayaan kaum perempuan menuju keluarga sehat dan sejahtera.

    Ditambahkan Hj Ratna PKK Tain juga membuka stand pameran menampilkan berbagai makan olahan makanan khas Tapin serta berbagai kerajian unggulannya.
    “Di stand TP PKK Kab.Tapin diantaranya tersedia produk UP2K, anyaman purun serta kain sasirangan khas Tapin dan berbagai kerajinan unggulan lainnya, “ tambahnya.
    Menurut Hj Ratna Ellyani, melalui kegiatan pameran ini tujuannya ialah untuk meningkatkan keterampilan TP PKK agar lebih kreatif dan bersaya saing tinggi dalam menciptakan berbagai inovasi pembangunan menuju masyarakat yang sejahtera.

    Selain mengikuti lomba-lomba yang mengasah kemampuan para kader, TP PKK Kab.Tapin juga menggelar  pameran produksi kerajinan khas Tapin yang tampil bersama kerajinan dalam negeri lainya dari seluruh Indonesia, hal ini tentu menjadi kebanggaan bagi Kab.Tapin.
    Menutup kegiatan jambore nasional 2017  kegiatan dilajutkan penyerahan penghargaan kepada pemenang lomba kegiatan PKK tingkat Kabupaten dan kota di 24 provinsi, dengan jenis lomba antara lain tertib administrasi, pencegahan KDRT, usaha peningkatan pendapatan keluarga juga pemberian penghargaan Adhi Bhakti bagi anggota TP PKK dan Kader PKK yang secara terus menerus aktif dalam pengabdian pada Gerakan PKK selama 25 tahun, 15 tahun dan 10 tahun.*

    Penulis : Herman Hidayat

    Editor   : M Abdillah

    Foto     : Humas Tapin

    Selanjutnya »

    Ayo Cegah Filariasis

  • Penulis: media, 03-10-2017 11:57
  • TAPIN - Dalam rangka mencegah Penyakit Filariasis atau bisa juga disebut kaki gajah yang banyak menjangkit masyarakat untuk itu pemerintah Kabupaten Tapin melalui Dinas Kesehatan mengajak kepada masyarakat untuk dapat mengunjungi posko - posko kesehatan agar dapat diberikan obat pencegah kaki gajah.
    Bupati Tapin HM Arifin Arpan mengatakan bahwa dengan meminum obat pencegah filariasis atau penyakit kaki gajah ini bertujuan agar kita dapat terhindar dari penyakit ini kalau perlu kita musnahkan.
    Untuk itu saya selaku Bupati Tapin menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Tapin agar pada tanggal 27 september 2017 datang ke posko – posko pemberian obat kaki gajah secara Gratis.
    "karena pada tanggal itu kita secara serentak melaksanakan pemberian obat gratis keseluruh masyarakat" ucap Bupati
    saya selaku pimpinan daerah pun juga turut meminumnya jangan takut kalau bisa minumlah saat ditempat posko tersebut dan untuk lansia saya juga menghimbau jangan langsung meminum obat tersebut tapi silakan periksakan tekanan darah diposko kesehatan tersebut agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan ucap H Arifin Arpan
    Dengan meminum obat ini kita juga dapat mencegah penyakit Filariasis atau penyakit kaki gajah ini terjadi kepada diri kita maupun keluarga kita terang Bupati Tapin.
    Kepala Dinas Kesehatan H Errani Martin SKM menambahkan bahwa program pencegahan Filariasis atau penyakit kaki gajah ini untuk semua masyarakat Kabupaten Tapin mulai dari umur dua tahun dan seterusnya namun seperti kata Bupati Tapin HM Arifin Arpan MM tadi untuk lansia agar sebelum meminum obat yang bernama Albendazol+ dan DEC hendaknya periksakan terlebih dahulu tekanan darah keposko terdekat agar terhindar dari hal – hal yang tidak diinginkan.
    Program ini direncanakan dilakukan secara rutin selama lima tahun dan ini sudah tahun keempat dilakukan, program ini digelar diseluruh lingkungan Kabupaten Tapin dan apabila masyarakat tidak mendatangi ke posko maka petugas kami akan mendatangi rumah penduduk untuk didata dan diberikan obat penyakit kaki gajah dengan harapan dengan adanya program pencegahan penyakit kaki gajah ini dapat membuat seluruh masyarakat Kabupaten Tapin terhindar dari penyakit Filariasis atau penyakit kaki gajah.


    Penulis : Ibnu Sina

    Editor   : M Abdillah

    Foto     : Humas Tapin

    Selanjutnya »

    Desa Beramban Dievaluasi

  • Penulis: media, 03-10-2017 11:51
  • TAPIN - Tim penilai program peningkatan peranan wanita menuju keluarga sehat sejahtera (P2WKSS) tingkat Provinsi Kalsel menyambangi Desa Baramban Kecamatan Pian Kabupaten Tapin, Kamis (28/9).
    Kedatangan tim penilai ini langsung disambut oleh Bupati Tapin M Arifin Arpan didampingi Ketua TP PKK Tapin Ratna Ellyani dan seluruh masyarakat Desa Beramban.
    Juga dihadiri Wakil Ketua TP PKK Tapin Diah Nila Purnama, Kepala SOPD terkait beserta jajaran serta Camat Piani.
    Ketua TP PKK Desa Baramban Ani Sosilawati mengatakan bahwa berbagai macam program telah kami lakukan untuk menjadikan Desa Baramban agar terus berkembang.
    "Ada beberapa kegiatan yang sudah kami lakukan, seperti perpustakaan, tanaman, posyandu, pemeriksaan kehamilan dan lain-lain," ucapnya.
    Ia juga menceritakan bahwa Desa Baramban sudah menjadi desa yang cantik, anak-anak semakin cerdas dengan adanya perpustaan tersebut serta ibu-ibu semakin kreatif.
    "Itu semua berkat dukungan semua pihak dalam mendukung Desa Baramban agar bisa lebih maju," jelasnya.
    Sementara salah satu tim penilai lomba P2WKSS dari Provinsi Kalsel, Andi Murni mengungkapkan rasa bangganya ketika masuk Desa Beramban yang sudah tertata rapi dan bersih.
    "Keadaannya sudah sangat berbeda dari sebelumnya saya datang kesini, kondisinya sekarang sudah bagus dan tertata rapi," jelasnya.
    Ia juga menambahkan bahwa dalam membangun desa yang sehat perlu dukungan semua pihak terutama masyarakatnya. "Jadi tinggal kesadaran masyarakatnya agar tidak merokok didalam rumah, biasakan cuci tangan dan serta biasakan hidup sehat," tuturnya.
    Bupati Tapin M Arifin Arpan mengungkapkan dengan program P2WKSS diharapkan bisa meningkatkan kualitas diri kaum perempuan hingga mampu berkontribusi dalam mewujudkan kesehatan, kesejahteraan keluarga dan dapat berperan optimal untuk pembangunan.
    "Karena target P2WKSS merupakan proses pembelajaran dan komitmen dalam meningkatkan partisipasi perempuan," ucapnya.
    Oleh sebab itu, lanjut Bupati, diperlukan orang yang bisa menciptakan inovasi untuk perkembangan desa dan pembangunan desa.
    "Peran ibu-ibulah yang sangat diperlukan untuk menjadikan Desa Baramban menjadi desa yang maju,"Pungkasnya.*


    Penulis : Fadly

    Editor   : M Abdillah

    Foto     : Humas Tapin

    Selanjutnya »

    Terapkan Empat Pilar Kepada Generasi Penerus

  • Penulis: media, 03-10-2017 11:42
  • TAPIN - Pemerintah Kabupaten Tapin peringati hari Kesaktian Pancasila bersama Unsur Muspida Tapin bertempat Lapangan Kantor Bupati Tapin, Senin (2/10). Kemarin.

    Bertindak sebagai insfektur upacara Wakil Bupati Tapin Sufian Noor dengan peserta upacara ASN Pemkab Tapin, TNI, Polres Tapin dan Satpol PP.
    Selesai ucapara Wakil Bupati Tapin Sufian Noor menyampaikan, bahwa moment hari kesaktian pancasila ini merupakan komitmen bersama dalam menjaga ideologi bangsa kita agar tidak berubah-ubah.
    "Dengan ini semua lapisan masyarakat untuk memegang teguh pancasila serta menjaga kesatuan dan persatuan,"ucapnya.
    Dikatakannya bahwa,  ideologi Negara Indonesia dengan beragam suku, budaya dan agama, oleh karena itu hanya pancasila yang pantas berada didiri kita.
    "Karena pancasila sudah menjadi ideologi kita dan merupakan cita-cita bangsa indonesia, dan sejarah kelam kekejaman PKI jangan sampai terulang lagi," katanya.
    Ditambahkannya,  bahwa tidak ada peluang untuk merubah ideologi bangsa Indonesia yaitu pancasila, karena semua pihak sudah waspada dan bersinergi dalam membangun bangsa sesuai dengan kemampuan dan kewenangan yang dimiliki.
    Paham komunis juga perlu kita waspadai untuk sekarang ini, paham itu dapat kita diteksi dengan berbagai cara salah satunya dengan isu-isu adu domba.
    "Dengan adanya hari kesaktian pancasila ini Wabup berharap kedepannya para generasi muda maupun tua bisa betul-betul menghayati ideologi kita, "katanya.
    Tetapi yang jelas harus paham 4 pilar kebangsaan yaitu pancasila, Bhineka Tunggal Ika, Undangi-Undang Dasar 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).


    Penulis : Fadly

    Editor   : M Abdillah

    Foto     : Humas Tapin

    Selanjutnya »

    Tapin Kirim 426 Ikuti Porprov X di Tabalong

  • Penulis: media, 03-10-2017 11:38
  • TAPIN - Sebanyak 426 kontingen Atlet yang akan berlangga pada ajang Pekan Olahraga Provinsi kalimantan selatan yang ke X di Kabupaten Tabalong, dilepas secara resmi oleh Wakil Bupati Tapin Ir H Sufian Noor, Jumat 29/09 bertempat dilapangan Dwi Dharma Rantau.
    selain pelepasan atlet juga dilakukan penyambutan dan pelepasan obor Porprov dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang diserahkan kepada Wakil Bupati Tapin, dan kemudian diserahkan kepada kontingen Kabupaten Tapin untuk diteruskan ke Kabupaten Banjar.
    Ketua Kontengan Porprov Tapin sekaligus Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tapin H Rajudin mengatakan bahwa Kabupaten Tapin mengirimkan kontingen sebanyak  426 orang itu terdiri dari 276 atlit, 74 platih, 37 panitia, 24 tim medis dan 15 tim keamanan.
    "Untuk Porprov sendiri dilaksanakan mulai dari tanggal 8 sampai dengan 15 Oktober 2017, namun ada beberapa cabang Olahraga yang sudah kami berangkatkan dan bertanding sebelum acara pembukaan seperti Gulat, sepak bola, pencak silat, biliar, senam, karate, Futsal dan Tenis Lapangan, " katanya.
    Diharapakan tiga besar yang di raih pada tahun sebelumnya di ajang yang sama dapat meningkat, kalau bisa meningkat dan menjadi juara umum.
    Sementara itu Wakil Bupati Tapin Ir H Sufian Noor mengatakan  bahwa keberangkatan kontingen asal Kabupaten Tapin untuk mengikuti porprov yang ke X merupakan peran serta dari pemerintah kabupaten Tapin, para pengusaha, masyarakat dalam bentuk kekompakan dan dukungan kepada Atlet.
    "Seperti yang kita lihat baju seragam kontingen kita adalah merah ini membuktikan semangat kita juga dalam meraih kemenangan sangat membara, mudah - mudahan tidak padam pada saat kita memulai pertandingan " ucap Wabup.
    Mewakili pemerintah Kabupaten Tapin saya ucapkan  terima kasih kepada para Atlet, Pelatih, Manager yang telah berlatih mulai dari Pagi, Siang, Malam guna mempersiapkan diri untuk mengikuti lomba porprov ini.
    Untuk itu Pemerintah Kabupaten Tapin akan memberikan hadiah kepada para atlet yang berprestasi di ajang Porprov nanti, sehingga ini nantinya juga akan menjadikan motivasi kepada para atlet yang akan berangkat nanti.
    "Insya Allah hadiahnya akan memuaskan para atlet" ucap Wabup.
    Terakhir berpesan kelada semua atlit dan offesial jaga kesehatan dan pola makan teratur serta istirahat yang cukup selama bertanding. Kalau itu sudah di jalankan dengan baik insya allah akan membuahkan hasil yang baik pula.*


    Penulis : Ibnu Sina

    Editor   : M Abdillah

    Foto     : Humas Tapin  

    Selanjutnya »

    Si Pitu Maskot Pilkada Di Kabupaten Tapin 2018

  • Penulis: media, 03-10-2017 11:29
  • TAPIN - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tapin resmi luncurkan maskot "Si Pitu" pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten. Acara digelar sebagai bentuk dimulainya tahapan Pilkada Kab Tapin yang digelar pada tahun 2018. Kamis (28/9) kemarin siang bertempat Lapangan Basket Rantau.
    Peluncuran maskot di launcing oleh Bupati Tapin HM Arifin Arpan, Komisioner KPU RI Ilham Saputra, Ketua KPU Prov Kalsel Samahudin Muharram dan Ketua KPU Tapin H Aminuddin.
    Ketua KPU Kab Tapin H Aminuddin mengatakan, dipilihnya Si Pitu maskot pada pemiluhan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tapin Serentak 2018 yang merupakan singkatan yakni semangat, independen, partisipasi, integritas, tertib dan umum.
    Menurutnya maskot ini "SI Pitu" memiliki gambaran pemuda yang tampan, cerdas enerjek dan humoris, dengan hadirinya maskot ini di harapan kami sebagai penyelenggara pilkada serentak ingin  mengajak masyarakar kita untuk datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya yang sudah memenuhi syarat memilih.
    "Jadi bagaimana hadirnya maskot ini dapat mengajak warga masyarakat untuk bisa menggunakan hak pilihnya pada pemilihan hkepala daerah serentak yang berlangsung pada tahun 2018 mendatang,   inilah yang kita sampaikan dalam launcing ini, " ujarnya.
    Selanjutnya dalam sosialisasi jugabkita tampilkan maskot ini, dengan tujuan agar partisipasi warga masyarakat akan datang lebih baik.
    Harapan kita pilkada serentak sukses dan damai.
    Adapun pelaksanaan pilkasa sudah berjalan, saat persiapan pembentukan pemilihan kecamatan, panitia pemungutan suara dan kelompok panitia pengumuman auar (KPPS) yang berlangsung pada 12 oktober 2017 sampai 11 Juni 2018.
    Selanjutnya untuk penyusunan daftar pemiluh sementara pada bulan maret dan april 2018. Dan rekapitulai hasil perbaikan tingkat kabupaten untuk di tetapkan sebagai daptar pemilih tetap pada 13-19 april 2018.
    "Untuk hari pencoblosan pilkada serentak Bupati dan Wakil Bupati Tapin berlangsung pada Rabu 27 Juni 2018," katanya.
    Berharap dari jadwal yang telah di tetapkan dapat berjalan dengan lancar dan sesuai yang dinginkan.
    Menyatakan sikap berbagai 9 suku yang sudah menetap di Kabupaten Tapin untuk mendukung mesukseskan pilkada serentak di Tapin 2018.*


    Penulis : M Abdillah

    Editor   : M Abdillah

    Foto     : Humas Tapin

    Selanjutnya »