Berita

Jadikan Pemuda Karang Taruna Pemersatu Bangsa

  • Penulis: media, 03-10-2017 10:53
  • TAPIN - Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa secara resmi menutup kegiatan Kemah Bakti Wisata Karang Taruna XXIX Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan di Kabupaten Tapin. Selasa (19/9) kemarin siang. Bertempat Kawasan Rantau Baru.
    Dalam Amanatnya menyampoaikan, bahagianya dan bangganya Bangsa Indonesia memiliki satu-satunya Orsus Pemuda yakni Karang Taruna. Maka berbanggahlan para pemuda yang tergabung dalam arang taruna untuk melakukan yang terbaik pada layanan kemanusaan, dan layanan kesejahteraan sosial dimanapun berada.
    Dikatakan Khofifih bahwa Karang Taruna terlahir 26 September 1960, setiap bulan September seluruh Indoensia selalu diperingati dengan menggelar kegiatan bulan bakti karya karang Taruna setiap tahunnya.
    “Satu-satunya orsus pemuda yakni Karang Taruna tembus mulai dari tingkat RT dan RW hadir dis etiap desa atau keluarahan, “ katanya.
    Oleh karena itu memang Karang Taruna perlu melakukan proses privitalisasi supaya menjadi from leaner dari upaya untuk menjaga persatuan negara Republik Indonesia.
    Seiring dengan bulan bakti karang taruna bisa disenergikan dengan lahirnya hari pahlawan yang jatuh pada bulan Nopember mendatang. Karang Taruna bisa melakukan sesuatu yang mudah dan murah dengan mengajak semua pemuda lainnya, seperti KNPI, Anak Sekolah SMP, SMA bahkan anak anak pondok pesantren ayu kerja kerja bakti dengan membersihkan taman makam pahlawan yang ada di lingkungan masing-masing daerah yang belum terawat.
    Yakni dengan melihat adakah yang kurang rapi dan adakah bisa membersihkan rumput yang menggangu dan mengecat yang sudah kusam di taman makam pahlawan di lingkungan masing-masing
    “Ini menjadi akan menjadi bagian dari penguatan patriotisme, heroikme dan nasionalisme sekaligus pertanda mereka terbangun perjuangan keteladanan dengan mengikuti jejak para pahlawan pendahulu mereka, “ katanya.
    Berhubungan masih dalam kegiatan bulan bakti karang taruna bis amenjadi pelopor untuk menjadi pemersatu bangsa. Bagaimana bangunan patriotesmi dan nasionalisme bisa dipelopori oleh orang-orang muda dan momennya menjelang pada hari pahlawan. Ini akan bersenergi dengan sangat strategis.
    “Jadi dengan kegiatan mudah murah sangat strategis dalam pemersatu bangsa, “ tambahnya.
    Oleh karena kepada Gubenur, Bupati Walikota bisa menempatakan Karang Taruna menjadi from leaner menempatkan pelopor perdamaian berarti juga turut menjaga NKRI bersama pemuda lainnya. yang menjadi piopner pemersatu bangsa.
    Bupati Tapin HM Arifin Arpan mengucapkan alhamdulilah pelaksanaan kemah bakti tahun 2017 terbanyak diikuti peserta dari tahun - tahun sebelumnya.
    Pada kesempatan ini, kami melaporkan kepada Menteri bahwa Tapin di percaya sebagai salah satu daerah penyangga pangan nasional salah satu tanaman hortikultura di Tapin yaitu cabe rawit dikelola oleh Karang Taruna Kab Tapin.
    Untuk itu kedepannya saya menginginkan karang taruna di Tapin dapat mengelola pertanian kita baik padi, cabe rawit, kedelai, jagung, dan juga unggulan kita bawang merah.
    Sementara  Ketua panitia pelaksana oleh Ketua Karang Taruna Provinsi Kalsel Irwansyah dalam laporannya mengatakan, peserta  kemah bakti berjumlah sebanyak sebanyak 3.500 peserta dan jumlah kemah sebanyak 180 kemah.
    "Ini merupakan jumlah dengan peserta terbanyak selama kegiatan perkemahan karang taruna setiap tahunnya, "ujarnya.
    Dikatakan Irwansyah kegiatan perkemahan karya bakti antara lain jalinan silaturahmi, aksi sosial seperti penanaman pohon, kegiatan bersih - bersih lingkungan, pemberian bantuan kepada anak kurang mampu, serta perlombaan yang memperebutkan tropi bergilir gubernur kalsel, dan hiburan rakyat.
    Usai penutupan Menteri Sosial RI dan Bupati Tapin menyerahkan bantuan bagi penyandang disabilitas berupa kursi roda, siswa kurang mampu dan sembako untuk lansia kemudian pengumuman dan peneyrahan piala bergilir Gubernur Kalsel peserta kemah terbaik yakni Karang Taruna Tapin menjaid juara Umum dari peserat Kemah Bakti Wisata Karang taruna XXIX Se Kalsel.*


    Penulis  : M Abdillah

    Editor    : M Abdillah

    Foto      : M Abdillah  

    Selanjutnya »

    Sebanyak 3.500 Peserta Ikuti KKBWKT Ke 29 Tapin

  • Penulis: media, 03-10-2017 10:49
  • TAPIN - Gubernur kalimantan Selatan H Sahbirin Noor membuka secara resmi Kemah Karya Bakti Wisata Karang Taruna ke 29 yang di pusatkan di Kabupaten Tapin sekaligus melantik  Pengurus Karang Taruna masa bakti 2016 - 2021. Senin 18/09 Kemarin Siang bertempat di Kawasan Rantau Baru.
    Dalam amanatnya Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor mengatakan, karang taruna harus bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi, Daerah dan lapisan masyarakat yaitu membina generasi dan aksi sosial dalam menjalankan kegiatannya, karena karang taruna adalah organisasi kepemudaan yang merupakan wadah pembinaan serta pelayanan kesejahteraan sosial dalam membentuk mental anak muda sebagai generasi penerus bangsa.
    "Jadikan kemah karya bakti sebagai kegiatan yang bermamfaat jangan hanya dijadikan kegiatan mengisi waktu luang" ucap Sahbirin.
    Untuk itu saya mengajak kepada seluruh masyakarat yang tergabung dalam karang taruna untuk dapat bergerak bersama rakyat untuk membangun banua kita Kalimantan Selatan.
    Bupati Tapin HM Arifin Arpan mengucapkan selamat datang kepada Gubernur Kalsel bersedia datang ke Kabupaten Tapin dalam rangka pembukaan kemah bakti karang taruna se Kalsel.
    Di samping itu pula keberadaan karang tarunaa mendapat perhatian dan pembinaan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan sehingga karang taruna di kalsel semakin maju dam Tapin di percaya sebagai tuan rumah kegiatan kemah karya bakti se Kalsel.
    "Alhamdulilah pelaksanaan kemah bakti tahun 2017 terbanyak diikuti peserta dari tahun - tahun sebelumnya, " ujarnya.
    Pada kesempatan ini, Kepada bapak gubernur saya laporkan juga bajwa Tapin di percaya sebagai salah satu daerah penyangga pangan nasional salah satu tanaman hortikultura di Tapin yaitu cabe rawit dikelola oleh karang taruna Kab Tapin.
    Untuk itu kedepannya saya menginginkan karang taruna di Tapin dapat mengelola pertanian kita baik padi, cabe rawit, kedelai, jagung, dan juga unggulan kita bawang merah yang rencananya akan kita eksport ke.luar negeri.
    "Insya Allah dalam waktu dekat akan kita laksanakan panen raya bawang merah bersama bapak gubernur kalsel" tandas Bupati.
    Ucapan terima kasih kepada para pengurus karang taruna provinsi kalsel serta para peserta dari 13 kabupaten kota di kalimantan selatan yang mengikuti kegiatan kemah bakt ini di Bumi Ruhui Rahayu .
    Sementara  Ketua panitia pelaksana oleh ketua karang taruna provinsi kalsel Irwansyah dalam laporannya mengatakan, peserta  kemah bakti berjumlah sebanyak sebanyak 3500 peserta dan jumlah kemah sebanyak 180 kemah.
    " Ini merupakan jumlah dengan peserta terbanyak selama kegiatan perkemahan karang taruna setiap tahunnya, "ujarnya.
    Dikatakan Irwansyah Adapun kegiatan kami selama melakukan perkemahan karya bakti antara lain jalinan silaturahmi, aksi sosial seperti penanaman pohon, kegiatan bersih - bersih lingkungan, pemberian bantuan kepada anak kurang mampu, serta perlombaan yang memperebutkan tropi bergilir gubernur kalsel, dan hiburan rakyat.*


    Penulis : Ibnu Sina

    Editor : M Abdillah

    Foto : Humas Tapin

    Selanjutnya »

    Monitoring Progres Bendungan Bendungan Pipitak Jaya

  • Penulis: media, 03-10-2017 10:40
  • TAPIN - Perwakilan Pembangunan Bendungan Se Indonesia berkumpul bersama memonitoring dan evaluasi pelaksanaan progres Bendungan di pusatkan di Bendungan Tapin. Jumat (15/9) kemarin. Bertempat Bendungan Pipitak Jaya Kec Piani Kab Tapin.
    Pembangunan Bendungan Pipitak Jaya Tapin merupakan salah satu yang terbesar di Indonesia dibangun dengan dana yang cukup besar di target pada tahun 2019 selesai adalah proyek strategis Nasional Kementrian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Deriktorat Jenderal Sumber Daya Air Balai Wilayah Sungai Kalimantan II.Saat ini progres pekerjaan bendungan Pipitak Jaya untuk fisik sudah mencapai. 26 persen.
    Menurut Kepala Satuan Kerja Bendungan Balai Wilayah Sungai Kalimantan II Rahmat Supriatna, pembangunan bendungan pipitak jaya sudah sampai melakukan pemboman terakhir pembangunan terowongan pengelak sepanjang 410 meter lebar 4.60 metertinggu 4.60 meter dengan tipe tapal kuda
    Hal ini di peruntukan untuk mengalihkan saluran air sungai dekat pembangunan bendungan,  dimana samping sungai akan dibangun tapak bendung, sehingga air tetap mengalir seperti biasa.

    "Terowongan dibangun untuk mengalirkan air, "ucapnya.

    Bangunan bendungan dibangun dengan tipe timbunan batu zonal inti tegak.

    Sementara ini untuk pembebasan lahan daru rencana 623.24 ha telah terealisasi 168.70 ha. Mudahan dalam perjalannya pembangunan dapat berjalan lancar begitu pula pembebasan lahan sehingga sesuao dengan target yang direncangan bisa tepat waktu dalam pengerjaannya.

    Ditambahkannya bahwa maksud dibangunnya bendungan di Tapin untuk mendukung ketahanan pangan nasional dengan irigasi teknis dan akan sangat bermanfaat yakni untuk penyediaan air baku, PLTHM, dan mengurangi banjir.

    Sementara Wakil Bupati Tapin H Sufian Noor mengungkapkan ucapan terima kasih kepada semua pelaksana pembangunan bendungan telah datang ke pembangunan bendungan di Tapin mudahan kedepan dapat berjalan lancar dan selesai sebagaimana harapan kita bersama.

    Menurut Wabup dalam perjalanannya pembangunan bendungan ini ada sedikit liku-likunya terutama untuk status lahan dan pembebasan lahan, namun berkat koordinasi kerjasama yang baik dengan pemerintah pusat dan warga desa setempat pemilik lahan dapat di selesaikan dengan baik.
    "Walaupun ada sedikit liku-liku, alhamdulillah pembangunan bendungan ini sudah berjalan dengan baik," ucapnya.
    Karena sekarang ini, menurut Wabup masyarakat sudah berperan aktif dalam pembangunan bendungan. "Apalagi dana pembebesan lahan sebagian sudah ada yang keluar.
    Pada saat itu juga dilakukan diskusi dan tanya jawab bersama dengan perwakilan pembangunan bendungan seluruh Indonesia dan sekaligus meninjau bendungan secara langsung.
    Selanjutnya perwakilan pembangunan bendungan Se Indonesia dan Perwakilan Kementrian PUPR HM Arsyadi dan Wakil Bupati Tapin dan TNI 1010 Rantau dan Polres Tapin bersama pelaksana pembangunan bendungan berjalan melintasi terowongan sepanjang 410 meter yang sudah selesai di bangun.*


    Penulis : M Abdillah

    Editor   : M Abdillah

    Foto     : M Abdillah



    Selanjutnya »

    Ribuan Anak Meriahkan Hari Anak

  • Penulis: media, 14-08-2017 12:55
  • TAPIN - Ribuan anak se – Kabupaten Tapin hadiri peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2017 sekaligus memperingati hari kesatuan gerak PKK yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Tapin melalui Dinas pendidikan Kab Tapin, Kamis (10/08) bertempat di Lapangan Dwi Dharma.
    Kegiatan yang diawali oleh penampilan Hiburan oleh para anak – anak, mulai dari senam pagi, Gerakan Minum Susu (GERIMIS),dan  devili dari masing – masing perwakilan Paud, KB dan TK tiap kecamatan se Kabupaten Tapin dan Rumah Pintar sejuta Pelangi.
    Panitia H Juwaini mengatakan bahwa selain memperingati Hari Anak tahun 2017 kegiatan kali ini juga dalam rangka meramaikan kegiatan Hari Kesatuan Gerak PKK yang ke 45 yang untuk meningkatkan peran serta masyarakat bersama dengan pemerintah dalam menyelenggarakan upaya pembinaan dan pengembangan anak secara holistik – integratif.
    "Peringatan Hari Anak Nasional dimaksudkan agar seluruh komponen negara baik pemerintah, masyarakat keluarga dan orang tua turut serta mewujudkan kesejahteraan anak dengan cara menghormati hak – hak anak dan memberikan jaminan semaksimal mungkin untuk memenuhi kebutuhan tanpa diskriminatif" "katanya.
    Berharap kedepan anak anak kita tumbuh dan berkembang dengan baik dan terpenuhinya hak anak.
    Bupati Tapin HM Arifin dalam sambutannya mengatakan bahwa pada hari ini (red-Kemarin) kita melaksanakan dua peringatan besar yaitu pertama Hari Anak Nasional yang secara rutin kita gelar setiap tahunnya yang mana setiap tahunnya pembangunan anak selama ini telah menghasilkan berbagai kemajuan yang sangat signifkan.
    Namun tetap memiliki masalah yaitu anak – anak tertentu masih belum memperoleh hak – haknya seperti pendidikan berkualitas, pelayanan kesehatan, dan hal lainnya.
    “Setiap anak sudah sepatutnya mendapatkan pendidikan, kesehatan yang berkualitas untuk kemajuan anak itu sendiri” tandas Bupati
    “Oleh karena itu dalam kesatuan membutuhkan kekompakan dan kebersamaan” tegas Bupati.
    Dikatakan Bupati bahwa dirinya mengibaratkan para penggiat PKK sebagai relawan penggerak pembangunan yang tanpa pamrih dan saya berharap hal positif yang telah diperbuat untuk terus dipertahankan.
    Untuk itu saya selaku pimpinan daerah meminta kepada ibu-ibu TP PKK Berkenan memotivasi lingkungannya khususnya para suami agar bisa melakukan tugas secara cepat dan peka menangkap permasalahan sosial.


    Penulis  : M Abdillah

    Editor    : M Abdillah

    Foto       : Humas Pemkab Tapin 

    Selanjutnya »

    Wabup Hadiri Halal Bihalal Warga Kerukunan Banjar

  • Penulis: media, 14-08-2017 12:47
  • TAPIN - Wakil Bupati Tapin Ir H Sufian Noor bersama dengan Ratusan warga Banjar kalimantan selatan dan Kalimantan tengah hadiri Halal Bi Halal yang digelar oleh Kerukunan Keluarga Banjar bertempat Mulang Rumah jabatan Gubernur kalimantan Tengah. Sabtu 05/08/2017.
    Warga Banjar yang ada di Kalimantan Tengah selama ini memang setiap tahun melakukan acara halal bi halal untuk menambah keakraban antar sesama.
    Ketua pengurus KKB Kalteng Anwar Isa dalam sambutannya mengatakan, bahwa pengurus KKB kali ini diharapkan mampu rukun, rakat, membina warga menuju Kalteng Berkah.  warga Banjar di Kalteng berjumlah 32 persen, hampir sepertiga jumlah warga Kalteng.
    “Diharapkan warga banjar di Kalteng terus ikut serta membangun dan menjaga daerah Kalteng menuju Kalteng Berkah,” ujar Anwar Isa.

    Sementara itu Wakil Bupati Tapin Ir H Sufian Noor mengatakan bahwa selain mempererat kerukunan warga Banjar  juga untuk mempererat tali silaturahmi kepada seluruh masyarakat banjar yang saat ini tinggal di kalimantan Tengah.

    "Dengan adanya kegiatan ini diharapkan bisa mempererat tali silaturahmi dan kita bisa berbagi pengalaman antara masyarakat banjar yang ada di kalsel dan kalteng," ucap Wabup.

    Wabup pun berharap agar kegiatan ini dapat terus dilanjutkan ditahun-tahun yang akan datang  karena kegiatan ini sangatlah bagus untuk saling mengakrabkan diri guna saling mengenal satu sama lain yang mana ini terbukti dengan hadirnya ratusan warga banjar disini.
    “Dengan adanya pertemuan kerukunan ini dapat terjalin antara masyarakat banjar diperantauan serta menciptakan suasana yang aman dan tentram dimana kita tinggal, baik di kalimantan selatan maupun di kalimantan tengah khususnya warga Tapin yang tinggal di Kalimantan tengah, “ pungkasnya.


    Penulis  : Ibnu Sina

    Editor    : M Abdillah

    Foto       : Humas Pemkab Tapin


    Selanjutnya »

    Bupati Tapin Hadiri Pelantikan Pengurus DPK KNPI Kab Tapin

  • Penulis: media, 14-08-2017 12:23
  • TAPIN – Bupati Tapin HM Arifin Arpan hadiri pelantikan Dewan Pengurus Kecamatan KNPI Se Kabupaten Tapin periode 2017-2020 secara resmi di lantik, Selasa (8/8) kemarin bertempat Pendopo Balahendang.
    Ketua KNPI Kabupaten Tapin H Noor Fikri Ramadhan mengungkapkan pelantikan ini terdiri dari semua elemen masyarakat baik dari ASN, tokoh masyarakat dan masyarakat biasa.
    "Jadi semua unsur terlibat dalam kepengurusan DPK KNPI Kabupaten Tapin untuk masa kepengurusan 4 tahun kedepan, "ungkapnya.
    Berharap pengurus yang dilantk bisa terus berkoordinasi untuk bisa memajukan daerah kita.
    Bupati Tapin HM Arifin Arpan dalam kesempatan itu hadir mengatakan,  seluruh pengurus KNPI Tapin untuk terus berkomitmen untuk memajukan organisasi ini ke arah yang lebih baik.
    "Juga bisa bersinergi dengan pemerintah daerah khususnya dalam rangka mensukseskan pelaksanaan berbagai pembangunan di Kabupaten Tapin," katanya.
    Bupati juga mengatakan bahwa sejarah perjalanan bangsa indonesia, maka sudah tidak bisa dipungkiri lagi jika kepeloporan pemuda mempunyai peran dan posisi yang sangat strategis.
    "Untuk itu saya mengharapkan agar semangat peloporan tersebut dapat dijadikan sebagai acuan KNPI Tapin untuk merumuskan program kerjanya,"katanya.
    Selanjutnya kepada pengurus baru dalam membuat program kerja buat yang memyentuh langsung pada kepentingan pemuda di masyarakat Kabb Tapin.
    Menciptakan lapangan kerja dengan memperhatikan program kerja pemerintah daerah dalam pembangunan.
    Pada kesempatan ini saya meminta kepada pemuda benar bisa mengarahkan para pemuda di tingkat kecamatan sampai Kabupaten agar tidak melakukan hal hal yang berbau negatif.
    Memintamengmbangkan organisasi kepemudaan secara profesional, kedua menjadikan KNPI sebagai organisasi yang merakyat dan ketiga pengurus KNPI agar terlibat aktif dalam kegiatan yang berkaitan dengan kepemudaan dalam pembangunan pemerintah daerah.
    Sementara itu Panitia Pelaksana H Dedy Arif Budiman  mengungkapkan bahwa DPK KNPI se Kabupaten Tapin yang dilantik sebanyak 96 orang, jadi setiap kecamatan di 12 Kabupaten di Tapin ada 8 orang.


    Penulis : Humas Pemkab Tapin

    Editor   : M Abdillah

    Foto     : Humas Pemkab Tapin


    Selanjutnya »