Berita

Bupati Tapin Bantu Korban Kebakaran

  • Penulis: media, 07-11-2017 17:04
  • TAPIN  - Bupati Tapin HM Arifin Arpan meninjau para korban kebakaran yang menghanguskan sebanyak 7 (Tujuh) buah rumah warga masyarakat di Desa Sungai Rutas Hulu Rt 01 Kec Candi Laras Utara. Senin (07/11/2017).

    Rumah rata rata berbahan kayu terbakar sampai saat ini penyebab terjadinya kebakaran belum diketahui dan masih dilakukan penyelidikan oleh aparat berwenang.

    Masing-masing rumah yang terbakar rumah Mansah  (35), Basrah (40), Muhammad (40),  Ali (25), Imran (60) Rusdi (27) dan Rahmadi (30).

    Bupati Tapin HM Arifin Arpan saat melakukan peninjauan ketempat terjadinya kebakaran prihatin dan sedih dan langsung memberikan bantuan sejumlah uang untuk para korban kebakaran.

    Dikatakan Bupati bahwa melihat adanya musibah kebakaran menghanguskan  7 (tujuh)  buah rumah rata dengan tanah tentunya kita sangat prihatin.

    "Dengan kejadian ini tentunya menjadi beban sekali bagi warga yang terkena musibah kebakaran karena kebutuhan sandang pangan semua terbakar, " ujarnya.

    Untuk meringankan para korban yang terbakar yakni kita bantu berupa sandang pangan yang bersumber dari BPBD Tapin dan Dinas Sosial Tapin juga beberapa uang untuk beberapa hari kedepan.

    Selanjutnya rumah yang habis terbakar sebanyak enam buah  akan kita coba bantu melalui rehabilitasi rumah yang akan kita usulkan pada tahun 2018 mendatang hal ini paling tidak untuk meringankan bagi korban

    Pada kesempatan ini kami menghimbau kepada warga masyarakat tolong Kepala Desa agar bisa membeli mesin pemadam Portibel hal  ini untuk mengantisipasi tahap awal untuk memadamkan apabila terjadi kebakaran.

    Kemudian kalau bepergian meninggalkan rumah matikan lampu yang tidak terpakai juga stop kontak dilepas serta penggunaan kompor gas di dapur habis menggunakan pastikan benar-benar padam.

    Untuk diketahui bahwa namanya musibah kapan saja bisa terjadi tidak hanya musim kemarau tetapi musim penghujan.

    "Untuk itu warga masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada agar tidak terjadinya bencana, "himbaunya.

    Kepala Pelaksana  BPBD Tapin Ir Nurdin mengatakan, kebakaran terjadi pada hari senin (6/11/2017) malam telah terjadi  kebakaran pemukiman warga di Desa Sungai Rutas Kec Candi Laras Selatan.

    "Sebanyak 7 buah rumah yang terbakar, 6 buah 100 persen habis terbakar dan 30 persen satu buah rumah yang terbakar, " ujarnya.

    Dikatannya dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa hanya rumah saja yang terbakar.

    Penulis : M Abdillah

    Editor   : M Abdillah

    Foto     : M Abdillah

    Selanjutnya »

    Bupati Tapin Hadiri Pelantikan Panwascam

  • Penulis: media, 07-11-2017 16:58
  • TAPIN – Bupati Tapin HM Arifin Arpan hadiri pelantikan panitia pengawas pemilu kecamatan se Kabupaten Tapin untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tapin tahun 2018 serta pemilu DPR, DPD, DPRD dan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden RI tahun 2019. Selasa (7/11) kemarin bertempat Pendopo Kabupaten Tapin.

    Turut hadir dalam pelantikan Ketua KPUD Tapin H Aminuddin, Bawaslu Prov Kasel Iwan Setiawan, Kapolres Tapin AKBP Zulkifli Ismail, Perwakilan Pengadilan, Kejari Tapin dan Pengawas Pemilu se Kalimantan Selatan.

    Bupati HM Arifin Arpan dalam amanatnya meminta kepada Panwascam yang baru dilantik agar langsung menindak lanjuti pekerjaannya dan laksanakan tugas sesuai aturan.

    "Karena  kalau kita sudah bekerja sesuai aturan tentunya akan lebih baik dalam menjalankan sebuah pekerjaan, " jelasnya.

    Selanjutnya tetap berkoordinasi ddngan sdmua pihak yang terlibat baik sesama penyelenggara, daerah pimpinan muspida dan terkait dalam melakukan pekerjaan.

    Berharap setelah resmi diambil sumpah agar semua bisa mensosialisasikan dilingkungan masing-masing utamanya untuk partisipasi ikut serta memilih kepada warga masyarakat.

    Ketua Panwaslu Kab Tapin Marliansyah mengatakan, hari secara resmi dilantik dan diambil sumpah sebagai panwas pemilihan  Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tahun 2018 serta pemilu DPR, DPD, DPRD dan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden RI Tahun 2019.

    Sebanyak 36 diantaranya 23 orang laki laki dan 13 orang perempuan yang dilantik untuk bertugas melakukan pengawasan di kecamatan.

    "Mereka duduk sebagai Panwascam merupakan orang pilihan dari yang terbaik setelah mengikuti tes rertulis dan uji kelayakan, "katanya.

    Kepada Pemerintah Kabupaten Tapin, Pimpinan Unsur Muspida Tapin serta  KPU Tapin tolong bantu kami,  jadikanlah kami saudara untuk sama sama bekerjasama dalam penyelenggara pemilu.

    Ketua Bawaslu Prov Kalsel Iwan Setiawan  Panwacam adalah lini tengah, oleh karena itu di lini tengah betul betul dijaga kuat tidak bisa diterobos orang.

    "Untuk itu, setelah dilantik agar bekerja dengan jujur amanah dan adil, serta bisa bekerja sama dengan semua pihak termasuk Camat yang ada didaerah masing-masing,"katanya

    Penulis : M Abdillah

    Editor   : M Abdillah

    Foto     : M Abdillah 

    Selanjutnya »

    Tapin Siapkan 10.000 Makan Gratis HUT Tapin

  • Penulis: media, 07-11-2017 16:50
  • TAPIN – Dalam rangka memeriahkan Har Jadi Kabupaten Tapin ke 72 yang jatuh pada tanggal 30 November 2017 mendatang, Pemerintah Kabupaten Tapin akan menggelar pesta rakyat berupa makan gratis sebanyak 10.000 porsi.

    Hal itu terungkap pada saat melakukan peninjauan kelapangan persiapan hari jadi  Bupati dan Wakil Bupati Tapin, Sekda Tapin  beserta Kepala SOPD Lingkup Tapin dan pihak PT Antang Gunung Meratus di Kawasan Rantau Baru. Senin (6/11) kemarin siang.

    Bupati beserta jajaran meninjau di beberapa titik Kawasan Rantau Baru  untuk panggung utama untuk perayaan puncak hari jadi dan tempat makanan gratis yang akan disiapkan oleh perusahaan yakni PT Antang Gunung Meratus.

    Bupati Tapin HM Arifin Arpan mengatakan, dalam memeriahkan hari jadi Kabupaten Tapin ke 72 tahun ini kita akan sajikan terbaik berbeda dengan tahun sebelumnya. Karena ini merupakan tahun terakhir kami bersama Wakil Bupati dalam memimpin Kabupaten Tapin untuk itulah kita siapkan lebih baik lebih kepada untuk sama menikmati bersama warga masyarakat.

    Sesuai dengan tema yang di usung “ Bagawi Cangkal, Mudahan Lancar Tapin Balangkar”.

    “Untuk puncak acara hari jadi kita tempatkan di Kawasan Rantau Baru begitu pula pesta rakyat makan gratis juga sama yang tidak jauh dari tempat acara, “ ujarnya.

    Namun untuk pesta rakyat makan gratis, agar benar-benar diperhatikan lokasi penempatan makanan agar dapat dijaga dengan baik,  jangan sampai sebelum diresmikan makanan yang di sajikan sudah habis dan para tamu tidak sempat menikmati.

    Makan gratis ini di gelar setelah memperingati acara puncak, yang nantinya akan dibuka secara langsung oleh Gubernur Kalsel seperti yang telah dilakukan pada tahun sebelumnya.

    Dikatakan Bupati penyajian makan gratis di siapkan oleh pihak perusahaan yakni PT Antang Gunung Meratus yang telah siap untuk memeriahkan HUT Tapin ke 52.

    Sementara CRS PT Antang Gunung Meratus Samsul mengatakan, tahun ini kita kembali ikut andil dalam memeriahkan HUT Kab Tapin ke 72 pada tanggal 30 November 2017 mendatang dengan menyajikan makan gratis sebanyak 10.000 porsi.

    “Makanan yang disajikan berbagai macam baik itu makanan, kue tradisional, aneka minuman yang dapat dinikmati secara gratis, “ ujarnya.

    Pesta kuliner disajikan semuanya khas dari tapin hal itu sebagai pelestarian wisata kuliner tradisional tapin,  saat ini sudah tidak ada lagi terlihat untuk itulah kita kenalkan lagi pada warga masyarakat Tapin sekaligus ikut serta berpartispasi dalam memeriahkan HUT KabTapin ke 52 tahun 2017.

    Penulis : M Abdillah

    Editor   : M Abdillah

    Foto     : M Abdillah

    Selanjutnya »

    Jangan Coba-Coba Palsukan Data

  • Penulis: media, 07-11-2017 16:46
  • TAPIN - Ratusan warga tergabung Ketua RT, lurah serta Kepala Desa se Kecamatan Tapin Utara berkumpul untuk mendengarkan sosialisasi kebijakan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. Jumat (3/11) kemarin.

    Sosialisasi ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tapin Rusnaidah dan jajaran, serta dihadiri juga Camat Tapin Utara Syamsul.

    Camat Tapin Utara Syamsul mengatakan untuk kegiatan sosialisasi ini diharapkan para Kepala Desa dan lurah serta Ketua RT dapat lebih memahami berbagai program pelayanan masyarakat.

    "Khususnya mengenai dokumen kependudukan, karena sangat penting untuk dipahami, agar nantinya memudahkan kita dalam menjelaskan kepada masyarakat untuk mengurus dokumen kependudukan," katanya.

    Selain itu Camat juga meminta kepada peserta yang berhadir untuk dapat memberikan informasi yang lebih jelas kepada masyarakat di lingkungannya masing-masing.

    "Tentang bentuk-bentuk pelayanan yang berkaitan dengan pembuatan dokumen kependudukan," jelasnya.

    Sementara Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil  Kabupaten Tapin Hj Rusnaidah, mengungkapkan untuk para kepala Desa dan Lurah maupun ketua RT, jangan coba-coba memalsukan dokumen administrasi kependudukan dan pencatatan sipil.

    "Karena hal itu bisa dipidana 6 tahun penjara," ungkap Rusnaidah.

    Biasanya ada saja upaya ingin memalsukan dokumen administrasi kependudukan dengan berbagai kependingan pribadi, kemudian berupaya memalsukan dokumen tersebut.

    "Kepada Kepala Desa ataupun Ketua RT jangan coba-coba mau dibujuk memalsukan dokumen kependudukan, sebab kalau ketahuan akan ada sanksinya," pungkasnya.

    Penulis : Fadly Rasidi

    Editor   : M Abdillah

    Foto     : M Abdillah 

    Selanjutnya »

    Dukcapil Luncurkan "Sidatung" Sekali Datang Tuntung.

  • Penulis: media, 07-11-2017 16:43
  • TAPIN  - Dinas Kependudukan Catatan Sipil Kabupaten Tapin luncurkan "Sidatung" (Sekali Datang Tuntung) sebuah inovasi untuk memudahkan warga Tapin mendapatkan dukumen Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga (KK).

    Hal itu terungkap dalam Sosialisasi Kebijakan Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil tahun 2017 di Kecamatan Tapin Utara. Jumat (3/10) kemarin.

    Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Tapin Hj Rusnaidah menjelaskan, peluncuran "Sidatung" (Sekali Datang Tuntung) sebuah inovasi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Tapin dalam hal untuk memberikan kemudahan bagi warga masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan yaitu untuk Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga.

    "Inovasi ini sebenarnya untuk memudahkan pelayanan kepada warga masyarakat yang mengurus kependudukan, "ungkapnya

    Namun dalam kepengurusannya harus membawa dukumen lengkap seperti untuk pembuatan akta kelahiran dilengkapi seperti buku akta nikah, surat keterangan lahir,  KTP dan mengisi furmulir sesuai dengan data-data yang dimintakan.

    "Jadi saat pengurusan membawa persyaratan yang lengkap, yang bersangkutan sudah dapat memiliki dukumen adminsitrasi kependudukan, makanya kami namankan Sidatung (Sekali Datang Tuntung), " katanya

    Untuk diketahui pula dalam pembuatan akta kelahiran dan kartu keluarga gratis tidak di pungut biaya.

    Dalam peluncuran ini, tidak lain agar warga tapin memiliki administrasi kependudukan, karena pentingnya seseorang memiliki dukumen.

    Sementara itu Camat Tapin Utara Syamsul  mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Tapin memberikan sosialisasi dan menginformasikan pelayanan satu hari tuntung dalam pengurusan kependudukan kepada RT/RT, Kepala Desa dan Lurah.

    Diharapkan dengan sosialisasi warga paham dan mengerti betapa pentingnya sebuah dukumen kependudukan bagi seseorang, sehingga kedepan tidak ada lagi warga yang tidak memiliki dukumen kependudukan.

    Penulis : M Abdillah

    Editor   : M Abdillah

    Foto     : M Abdillah 

    Selanjutnya »

    Hj Ratna Peduli SDLBN Desa Lumbu Raya

  • Penulis: media, 02-11-2017 15:40
  • TAPIN - Menyambut hari jadi Kabupaten Tapin ke-52, Ketua TP PKK Hj Ratna Ellyani SIP serahkan bantuan untuk anak-anak berkebuhan khusus, kamis (2/11/2017) kemaren pagi.
    Dalam rangkaian kegiatan menyambut hari jadi Kab.Tapin yang dilaksanakannya, Hj Ratna Ellyani SIP menyempatkan mengunjungi sekolah anak berkebutuhan khusus di SDLBN Desa Lumbu Raya Kec Tapin Utara dan sekaligus menyerahkan sedikit bantuan alat-alat tulis dan makanan ringan untuk anak-anak ABK disana.
    Dalam kunjungan itu Hj Ratna Ellyani didampingi Sekretaris Dinas Pendidikan Hj Ahlul Jannah MAP serta jajaran TP PKK disambut langsung oleh Zain Abu Qari SPd kepala sekolah beserta jajaran Guru SDLBN Desa Lumbu Raya Kec Tapin Utara
    Dikatakan Hj Ratna, Anak berkebutuhan khusus tidak boleh didiskriminasikan dalam pendidikan anak-anak berkebutuhan khusus berhak mendapatkan pendidikan yang terbaik.
    "Masyarakat dan orang tua harus sadar akan pentingnya pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus, " katanya.
    Terkait kendala sekolah, kita akan menyampaikan kepada pihak yang bersangkutan, karena SLB serupakan tanggung jawab pemerintah provinsi akan kita sampaikan melalui Dinas Pendidikan Kab.Tapin.
    Berharap sekolah SDLBN Desa Lumbu Raya dapat menjadi sekolah yang maju kedepannya, berharap ada perhatian dari berbagai pihak untuk mengembangkan sekolah, walaupun kekurangan semangat anak-anak untuk belajar harus menjadi perhatian kita bersama," kata Hj Ratna.
    Sementara ituZain Abu Qari SPd kepala sekolah SDLBN Lumbu Raya mengatakan saat ini sudah ada sekitar 45 anak ABK yang besekolah, 41 adalah anak SD dan 4 orang anak SMP.

    Penulis : M Abdillah
    Editor   : M Abdillah 
    Foto     : Humas Pemkab Tapin 
    Selanjutnya »