Berita

Pasukan Kuning Arak Piala Adipura Keliling Rantau

  • Penulis: media, 14-08-2017 12:16
  • Pasukan Kuning Arak Piala Adipura Keliling Rantau
    TAPIN – Piala Adipura yang kedua kalinya didapatkan Pemerintah Kabupaten Tapin merupakan suatu kebanggaan bagi semua elemen masyarakat terlebih lagi para pasukan kuning selaku ujung tombak sapu bersih dilapangan.

    Memastikan bahwa piala adipura Pasukan kuning dan Pemerintah Kabupaten Tapin melakukan konvoi arak-arakan keliling kota rantau di perlihatkan kepada warga masyarakat Tapin.

    Arakan konvoi yang dilepas secara langsung oleh Bupati Tapin HM Arifin Arpan didampingi oleh Wakil Bupati Tapin Ir H Sufian Noor, Sekda Tapin Dr H Rahmadi, pimpinan SOPD dilingkungan Kab Tapin megambil star di Lapangan Dwi Darma Rantau.

    Konvoi yang dimulai dari lapangan dwi dharma berlanjut ke jalan H Hasan Basry dan diteruskan ke Jalan Bypass menuju Bungur, yang kemudian ke kelurahan Kupang dan Cangkering, rombongan Arakan Adipura disambut oleh Tim Korsik Satpol PP Kab Tapin dengan berjalan kaki  dari Cangkering hingga finish kembali dilapangan Dwi Dharma Rantau.
    Pada saat arakan konvoi berlangsung terlihat masyarakat Kab Tapin yang turun kejalan untuk melihat secara langsung arakan yang cukup meriah bahkan ada yang sampai turut mengikuti arakan konvoi, dikarenakan rasa bangga akan diterimanya penghargaan Adipura yang kedua kalinya di Kab Tapin.
    bahkan setiap sekolah yang dilewati arakan konvoi terlihat para siswa dengan antusias melihat rombongan sambil mengibarkan bendera merah putih oleh setiap siswanya baik itu dari Sekolah Dasar, SMP, dan SMA yang ada di Kab Tapin.
    Adipura sendiri merupakan penghargaan yang diberikan kepada kota atau kabupaten yang dinilai paling bersih dan rapi oleh pemerintah pusat yang diberikan setiap tahunnya.

    Bupati Tapin HM Arifin Arpan mengatakan, bahwa diberikannya anugerah Adipura yang kedua ini merupakan suatu kebanggan kita untuk Kabupaten Tapin dan juga akan menambah gairah semangat kita untuk membangun Kabupaten Tapin.
    “Selaku pimpinan daerah saya mengucapkan Terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam diterimanya anugerah Adipura tahun 2017” Ucap H Arifin.
    Ditambahkan H Arifin bahwa untuk mengingatkan kita akan Adipura ini, Insya Allah di Bundaran Bungur nanti akan kita bangun Monumen Adipura secara permanen.
    Dikarenakan hari ini merupakan hari spesial bagi kita pemerintah Kabupaten Tapin, oleh karena itu saya meminta kepada seluruh peserta apel, masyarakat dan pelajar untuk dapat berpartisipasi dalam konvoi arakan Adipura.

    Karenamana bahwa penghargaan anugerah adipura ini merupakan milik bersama, hasil kita semua dalam menjaga kabupaten Tapin, untuk itu sudah sepatutnya kita menginformasikan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tapin akan keberhasilan kita menerima penghargaan paling bergengsi setiap tahunnya ini. “ katanya.


    Penulis : M Abdillah

    Editor   : M Abdillah

    Foto      : Humas Pemkab Tapin 

    Selanjutnya »

    Tapin Raih Kedua Kalinya Adipura

  • Penulis: media, 14-08-2017 12:01
  • JAKARTA - Kabupaten Tapin berhasil meraih penghargaan Adipura kedua kalinya sejak tahun 2016 dan sekrang tahun 2917 untuk kategori kota kecil.

    Penghargaan tertinggi di bidang kebersihan dan lingkungan hidup itu juga diberikan kepada Kab Tapin karena Tapin dinilai sekarang sudah lebih baik dalam pengelolaan lingkungan, peningkatan kebersihan dan persampahan,  sekolah adiwiyata yang terus membanggakan, TPA yang semakin baik, kemudian  dan beberapa katagori  penilaiaan lainnya.
    Penghargaan Adipura untuk Kabupaten Tapin dan beberapa daerah di Kalimantan Selatan ini diserahkan Presiden RI Joko Widodo melalui Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI  Ibu Dr Ir Siti Nurbaya Bakar, M Sc. Rabu (2/8/2017) di Auditorium Mangala Wanabakti Jakarta.

    "Alhamdulillah, ini Adipura kedua yang diraih Kab Tapin, " kata Bupati Tapin HM Arifin Arpan usai menerima Anugerah Adipura.

    Ditambahkan HM Arifin bahwa sebelumnya Tapin juga meraih Piala Adipura, pada tahun 2016 kemudian tahun 2017. ini semua merupakan kerjasama yang baik di jajaran Pemerintah Kabupaten Tapin serta peran aktif masyarakat yang begitu peduli dengan lingkungan serta kebersihan di Kab Tapin ini.

    Sebagaimana arahan Bapak Presiden H Joko Widodo pada hari Puncak Hari  Lingkungan Hidup 2017 dan Landmark Hutan Indonesia bahwa setiap orang harus menanam pohon minimal 25 pohon seumur hidup, ini sangat bagus untuk disosialisasikan kepada masyarakat, agar daerah kita penghijauan akan terus meningkat  “ucapnya.
    Penghargaan Adipura ini karena kepedulian kepala daerah dalam hal ini Bupati Tapin HM Arifin Arpan yang diberi Anugerah penghargaan dari Pemerintah pusat , karena banyak Inovasi – inovasi baru yang telah dilakukan di Kabupaten Tapin terkait dengan Lingkungan, diantaranya penghijauan,  kebersihan, persampahan, penanaman bambu serta serai wangi di eks tambang dan kegiatan lingkungan  lainnya.
    Disamping itu banyak inovasi – inovasi baru yang telah dilakukan di Kabupaten Tapin terkait dengan lingkungan, diantaranya penghijauan,  kebersihan, persampahan, penanaman bambu serta serai wangi di eks tambang, bahkan masyarakat dan pihak ketiga terhadap lingkungan di wilayah Tapin sudah cukup baik ikut berperan aktif  menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan di Tapin sudah sangat baik.
    "Karena Adipura bukanlah suatu tujuan utama, tetapi dengan kita terus berbuat yang terbaik bagi Tapin tercinta ini diantaranya melakukan penanaman pohon untuk sedekah oksigen demi terciptanya Tapin yang nyaman, teduh, indah dan sehat,  Serta hasilnya akan dinikmati seluruh masyarakat,"pungkasnya.


    Penulis : Humas Pemkab Tapin

    Editor   : M Abdillah

    Foto      : Humas Pemkab Tapin


    Selanjutnya »

    DPRD Tapin Menerima Raperda Pertanggungjawaban APBD 2016

  • Penulis: media, 14-08-2017 11:46
  • TAPIN - 5 (lima) Fraksi anggota DPRD Kab Tapin menerima Raperda pertanggung jawaban pelaksanaan APBD Tahun 2016, Raperda tentang perubahan atas perda Kabupaten Tapin no 21 tahun 2013 tentang rencana pembangunan jangka menengah Kab Tapin tahun 2013 - 2017 dan Raperda tentang Hak Keuangan dan Administratif dan pimpinan  Anggota DPRD Kab Tapin.
    Hal ini diungkapkan oleh kelima Fraksi DPRD Kab Tapin pada saat Rapat Paripurna pendapat Akhir dari Fraksi DPRD Kab Tapin terkait tiiga Raperda Tersebut, Jumat 04/08/2017. bertempat di DPRD Kab Tapin.
    Kelima Fraksi DPRD Kab Tapin Menyambut baik rancangan tiga buah Raperda yaitu Raperda pertanggung jawaban pelaksanaan APBD Tahun 2016, Raperda tentang perubahan atas perda Kabupaten Tapin no 21 tahun 2013 tentang rencana pembangunan jangka menengah Kab Tapin tahun 2013 - 2017 dan Raperda tentang Hak Keuangan dan Administratif dan pimpinan  Anggota DPRD Kab Tapin dan dapat secepatnya ditetapkan sebagai peraturan Daerah.
    Bupati Tapin HM Arifin Arpan diwakili oleh Sekda Tapin Dr H Rahmadi mengatakan,  bahwa proses penyusunan dan pembahasan ketiga buah Raperda ini tidaklah mudah diperlukan waktu yang panjang dan melelahkan.
    Diperlukan keharmonisan serta syncronisasi telah dilakukan guna menerima semua masukan dengan berbagai penyelarasan untuk penyusunan raperda ini.
    "Oeh karena itu Apresisi dan penghargaan serta ucapan terima kasih patut kami sampaikan kepada badan pembentukan peraturan daerah serta fraksi - fraksi di DPRD Kab Tapin, " katanya.
    Ditambahkan sekda bahwa Tahapan selanjutnya ketiga buah raperda yang dimaksud berdasarkan pasal 100 ayat 2 peraturan menteri dalam negeri no 80 tahun 2015 tentang pembentukan hukum daerah yang akan disampaikan kepada Gubernur Kalimantan Selatan, untuk mendapatkan nomor Registrasi.
    Berharap pada tahapan pemberian nomor Registrasi daerah dapat berjalan dengan lancar sehingga ketiga buah peraturan dimaksud dapat segera ditetapkan dengan baik di Kabupaten Tapin.


    Penulis  : M Abdillah

    Editor    : M Abdillah 

    Foto       : Humas Pemkab Tapin


    Selanjutnya »

    Wabup Lepas Jemaah Haji Tapin

  • Penulis: media, 14-08-2017 11:16
  • RANTAU, K.Pos - Sebanyak 133 Calon Jemaah Haji Kabupaten Tapin secara resmi di lepas berangkat menggunakan Armada Bus yang di siapkan Pemkab Tapin untuk menuju Embarkasi haji Banjarbaru. Jumat (4/82017).

    Ratusan jemaah di lepas Oleh Wakil Bupati Tapin Ir H Sufian Noor di dampingi para Pimpinan Unsur Muspida Tapin dan jajaran Pimpinan SOPD Pemkab Tapin serta para keluarga pengantar di pusatkan Masjid Humasa Rantau.

    Suasana di luar halaman masjid saat Calon Jemaah haji Tapin menuju Bus berubah menjadi haru dan tangisan untuk melepaskan kepergian para jemaah untuk menunaikan ibadah haji di tanah suci mekkah.

    Panitia Pelepasan Calon Jemaah Haji Tapin Rasul Akbar mengatakan,  keberangkatan calon jemaah haji tapin terbagi dua kloter yakni kloter 5 dan 17 maka keberangkatannya berbeda. Tetapi pada pelepasan kita kumpulkan secara bersama-sama.

    Untuk keberangkatan Calon Jemaah Haji Tapin masuk kloter 5 sebanyak 133 orang masuk asrama haji Hari Jumat 4 Agustus 2017 pukul 16.00 wita dan Berangkat memuju Madinah pada Sabtu Tanggal 5 Agustus 2017 masuk pukul 15.40 waktu Madinah.

    Selanjutnya kloter 17 sebanyak 47 orang berangkat pada Hari Kamis Tanggal 24 Agustus 2017 masuk asrama pukul 14.00 wita berangkat menuju Jeddah pada hari jumat tanggal 25 Agustus 2017 masuk pukul 13.45 waktu jeddah.

    Selama keberangkatan dan pemulangan mulai di Rantau sampai tiba di Asrama Haji Banjarbaru pemerintah daerah menyiapkan armada bus serta snack dan makan siang secara gratis.

    Di tambahkan Rasul bahwa calon jemaah haji Tapin yang berangkat ini berbagai macam profesi sebagaian besar adalah petani, kemudian PNS dan swasta dan pedagang.

    Sememtara untuk calona jemaah haji yang termuda yaitu Siti Nurul Huda 22 tahun berasal dari Kecamatan Tapin Utara dan yang tertua Kamsiah Darlan Abu usia 78 tahun berasal dari Desa Sei Salai Kec Candi Laras Utara.

    Wakil Bupati Tapin Ir H Sufian Noor dalam sambutannya menyampaikan, mengucapkan selamat kepada calon jemaah haji kabupaten Tapin yang telah memdapat pangilan dari Allah SWT untuk menunaikan ibadah haji di tanah suci mekkah.

    "Mudah-mudahan semua yang berangkat menunaikan ibadah haji,  menjadi haji yang mambrur dan sepulang dari Tanah Suci mekkah selamat kembali ke tanah air dan berkumpul.bersama keluarga, " amin-amin ya rabbal alamin.

    Pada kesempatan ini saya atas nama pemerintah dan pribadi memohon maaf lahir dan bathin dalam.pelepasan ini terdapat kekurangan hal itu bukan yang lita hendaki bersama.

    Ditambahkan wabup mulai saat berpesan jaga kondisi kesehatan dan jaga pola makanan, sehingga dalam menjalankan ibadah haji dapat di lakukan sesuai dengan ilmu yang telah diberikan sebelumnya.

    "Mengajak semua jamaah haji untuk memanfaatkan waktu beribadah, selama berada di tanah suci mekkah, " katanya.

    Penulis  : M Abdillah
    Editor    : M Abdillah
    Foto      : Humas Pemkab Tapin
    Selanjutnya »

    Bupati Tapin Buka Muscab HIPMI Tapin

  • Penulis: media, 26-07-2017 14:43
  • TAPIN - Bupati Tapin HM Arifin Arpan membuka secara resmi musyawarah cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) tingkat Kabupaten Tapin, Rabu 26/07 bertempat di Aula Hotel Tapin.
    Dengan mengangkat tema “bersama HIPMI kita ciptakan jiwa wirausaha muda untuk mensukseskan Tapin Mandiri Sejahtera yang Agamis”.
    sebelum Muscab berlangsung, Bupati menyampaikan,  bahwa untuk tercapainya keinginan kita bersama – sama yaitu memajukan kabupaten Tapin, untuk itu saya meminta kepada para pengurus HIPMI untuk dapat merapatkan barisan bersama dengan pimpinan daerah sesuai dengan topoksinya masing – masing.
    "HIPMI harus terus berkomitmen untuk selalu menjadi mitra kerja pemerintah daerah dan ikut mendorong tumbuh kembangnya wirausaha-wirausaha muda dalam proses pembangunan ekonomi di Kabupaten Tapin dari berbagai aspek, " katanya.
    Berharap mudah – mudahan melalui muscab HIPMI yang ke III dapat menumbuhkan para pengusaha muda di Kab Tapin.
    Untuk itu saya meminta kepada para pengusaha muda untuk dapat menjaga kekompakan antara pengusaha karena dengan adanya kekompakan dapat saling bahu membahu dalam memajukan Kabupaten Tapin.
    Ketua HIPMI Kab Tapin Yogie Agustiannor mengatakan bahwa HIPMI Kabupaten Tapin berdiri pada tahun 2011 dengan kepengurusan selama tiga tahun dan bagi ketua yang telah terpilih tidak diperbolehkan untuk mencalonkan diri kembali.
    bahwa kepada nantinya pengurus HIPMI Kab Tapin yang baru atau terpilih saya berharap bisa terus membawa HIPMI Kab Tapin untuk terus berkarya khususnya sebagai mitra dari pemerintah Kabupaten Tapin dan dapat terus berkontribusi untuk pembangunan dikabupaten Tapin.
    “Karena HIPMI merupakan satu – satunya lembaga kepemudaan untuk menauhi para wirausahawan muda” ucap Yogie.
    Ketua HIPMI Provinsi Kalsel Gusti Ervin Wardana dalam sambutannya mengatakan bahwa disini HIPMI adalah perkumpulan para pengusaha pemuda yang terbaik dan belajar menjadi pemimpin  dimasa depan.
    "HIPMI sebagai organisasi telah berusia 45 tahun dan telah melahirkan para pemimpin nasional, karena HIPMI merupakan salah satu tempat untuk belajar sebagai pemimpin dimasa depan, "katanya.
    Mudah – mudahan para pengurus yang baru nanti dapat melanjutkan estafet pembangunan untuk kabupaten Tapin.
    Dalam laporannya ketua pelaksana Hj Putri Nabila Galuh Randa mengatakan bahwa kegiatan pada hari ini merupakan untuk pemilihan pengurus dari HIPMI Kab Tapin untuk periode 2017 – 2020 dengan jumlah anggota yang hadir pada hari ini berjumlah 20 anggota.
    Turut hadir dalam musyawarah cabang HIPMI Kab Tapin Dandim 1010 Rantau Letkol Inf CZI Bambang Iswandaru, Kapolres Tapin AKBP Zulkifli Ismail dan Perwakilan Kejari Tapin.

    Penulis : M Abdillah
    Editor   : M Abdillah
    Foto     : Humas Pemkab Tapin
    Selanjutnya »

    BPBD Tapin Petakan Risiko Bencana

  • Penulis: media, 26-07-2017 14:36
  • TAPIN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tapin susun kajian risiko bencana dan rencana penanggulangan bencana Kabupaten Tapin, dalam rangka mempersiapkan perencanaan yang komprensif, terarah terpadu dan terkoordinasi untuk mengurangi risiko bencana,  Kamis (20/7) kemaren bertempat Aula Kabinet 1 Kantor Bupati Tapin.

    Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Ir H Nurdin Ms mengatakan, pertemuan melakukan laporan pendahuluan penyusunan kajian risiko bencana dan rencana penanggulangan bencana di Kab tapin. 

    "Karenamana bencana bukan sesuatu yang dikehendaki dan datang secara tiba-tiba, olehkarenanya perlunya melakukan kajian terlebih dahulu risiko bencana serta penanggulangannya, "jelasnya.

    Adanya laporan kajian risiko bencana ini,  sebagai bahan pedoman bagi pemerintah, masyarakat swasta dan instansi lainnya dalam melakukan penanggulangan bencana.

    Diharapkan kalau terjadinya bencana di daerah dapat terkoordinasi dengan baik dan potensi Potensi bencana di kab tapin kita bisa mensenergikan dengan semua pihak.

    Selanjutnya para stakeholder bisa berbuat apa saja yang dilakukannya apabila terjadinya bencana.

    "Dengan membuat dukumen kajian risiko bencana dapat memetakan yang rawan terjadinya bencana, "ujarnya.

    Memang bencana yang pernah terjadi di daerah kita, seperti banjir, kebakaram lahan dan longsor. Tetapi tetap di waspadai.

    Ditambahkan Nurdin bahwa kegiatan ekspos pembuatan dokimen kajian risikobencana dan rencana penanggulangan bencana merupakan  amanah dari undang undang  nomor 24 tahun 2007 dan PP nomor 21 tahun 2008 disana di sebutkan bahwa setiap daerah diharuskan menyusun kajian rosiko bencana dan rencana penanggulangan bencana yang terencana, terkoordinasi dan terpadu.

    Sementara Sekda Tapin Dr H Rahmadi sebelum membuka, menyambut baik kegiatan penyusunan kajian risiko daerah, sehingga ada upaya dalam penanggulangan bencana.

    Berharap dari paparan yang disampaikan dapat di simak dan apa yang harus dilakukan dalam penanggulangan bencana.

    Penyusunan kajuan risiko bencana di ikuti dari berbagai unsur, mulai pimpinan Unsur Muspida Tapin, BPBD Prov Kalsel dan Tapin  dari pimpinan SOPD Pemkab Tapin, Camat, lembaga swadaya masyarakat, praktisi dan unsur tokoh masyarakat.

    Penulis  : M Abdillah
    Editor    : M Abdillah
    Foto      : M Abdillah
    Selanjutnya »