Berita

Ganti Rugi Lahan Pembangunan Bendungan Pipitak Akhirnya Dibayarkan

  • Penulis: media, 26-07-2017 14:32
  • TAPIN - Sebuah penantian panjang proses ganti rugi lahan pembangunan Bendungan Pipitak, akhirnya Pemerintah pusat membayarkan sejumlah uang untuk pemilik lahan yang terkena pembangunan bendungan.

    Pembayaran ganti rugi lahan melalui dana talangan badan usaha yang penyalurannya  langsung masuk rekening Bank BRI

    Senin 24/07/2017 bertempat Kantor Bank BRI Cabang Rantau dinlakukan penyerahan secara simbolis oleh Bupati Tapin HM Arifin Arpan langsung di terima pemilik lahan.

    Turut serta menyaksikan penyerahan ganti rugi lahan Dandim 1010 Rantau Letkol CZI Bambang Iswandaru, Kapolres Tapin AKBP Zulkifli Ismail SIK, Kepala BPN Tapin BPN Rantau  Rochmat Darmawan, Pimpinan BRI Cabang Rantau Abdul Wahid Wijaya serta perwakilan dari Balai Air Wilayah II Provinsi Kalsel Rahmat Sufriyatna

    Perwakilan Balai Air Wilayah II Kalsel Rahmat Sufriyatna mengatakan, pada hari ini dibayarkan sebesar Rp.5 milyar untuk 30 Bidang tanah yang sudah jelas kepemilikan tanah dan tidak bermasalah lagi.

    Untuk selanjutnya yang belun diinventarisir akan secepatnya dilakukan pendataan dan pembayaran.

    Berharap kepada warga masyarakat yang pemilik tanah yang terkena dampak pembangunan bendungan agar  masyarakat terus mendukung sehingga pembangunan dapat berjalan sebagaimana mestinya.

    Sementara Bupati Tapin HM Arifin Arpan mengatakan syukur alhamdulillah uang ganti rugi lahan pembangunan bendungam pipitak telah dapat di cairkan yang mana penyalurannya melalui Bank BRI Rantau.

    "Kita patut bersyukur atas dibayarnya sebagaian dana ganti rugi lahan, bagaimana pun dana yang dicairkan hendaknya dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin, "ucapnya.

    Berharap telahbdibayarkannya gantinrugi lahan menghimbau kepada warga yang terkena lahannya agar uangnya tetap disimpan di Bank agar aman walaupun diambil hendaknya dana tidak diambil sekaligus, gunakan dana sesuai dengan kepentingan.

    "Mudah-mudahan dana yang diserahkan dapat bermanfaat bagi masyarakat kedepan. "harapnya.

    Sementara itu Kepala Bank BRI Rantau Abdul Wahid Wijaya mengatakan setiap hari akan melakukan pembayaran untuk 20 orang perhari, untuk itulah dana yang diambil hendaknya tidak semuanya.

    "Hal itu karena keterbatasan uang cast yang ada pada Bank BRI", ujar Wijaya.

    Dan untuk mencagah hal-hal yang tidak diinginkan baiknya dalam mengambil uang dalam jumlah banyak hendak dengan membawa pengamanan.

    Penulis   : M Abdillah
    Editor     : M Abdillah
    Foto       : Humas Pemkab Tapin
    Selanjutnya »

    Bupati Tapin Buka Musyawarah Cabang Palang Merah Indonesia (PMI)

  • Penulis: media, 20-07-2017 12:38
  • TAPIN - Bupati Tapin HM Arifin Arpan MM membuka secara resmi musyawarah Palang Merah Indonesia Kabupaten Tapin tahun 2017 sekaligus  Pemilihan Ketua Baru PMI Kabupaten Tapin periode 2017-2021, bertempat di Aula Kabinet 1 Setda Tapin, senin (17/07/2017) kemaren pagi.

    Acara dihadiri Ketua PMI Provinsi Kalsel H Gusti Sukma Alamsyah yang diwakili oleh Gusti Perdana serta dihadiri perwakilan pimpinan FKPD, pimpinan SOPD, para Camat, Kwartir Cabang Pramuka, Ormas serta instansi dan lembaga dilingkungan Pemkab Tapin.

    PMI Prov Kalsel Gusti Perdana dalam sambutannya mengatakan,  menyambut baik atas terlaksananya Muscab PMI KabTapin sebagai pelaksanaan surat keputusan presiden RI tentang perhimpunan palang merah.

    “Sebagai organisasi yang bergerak melaksanakan 7 (tujuh) prinsip dasar palang merah dan bulan sabit merah, tugas PMI ialah harus berdasarkan kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan dan kesemestaan, “ katanya mengawali sambutan.

    Ditambahkannya, Muscab PMI adalah forum tertinggi dalam pengambilan keputusan, karenanya menjadi kegiatan penting dalam keberlangsungan dan kemajuan organisasi dalam memenuhi amanah organisasi sesuai dengan AD/ART organisasi.

    Bupati Tapin HM Arifin Arpan MM sebelum membuka secara resmi Muscab PMI Cab Kab Tapin menyampaikan , sebagai organisasi resmi dan diakui, tentunya PMI dapat lebih berperan aktif serta dapat bermitra dengan pemerintah, dan dalam penyusunan program kerja nantinya tetap harus berpegang pada prinsif-prinsif PMI.

    "PMI tapin harus mampu memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat dalam hal penanganan bencana dan kegiatan-kegiatan sosial lainnya, “ katanya.

    Berharap pengurus PMI terpilih nantinya dapat bekerja secara profesional, rela berkorban serta dapat bekerja tanpa pamrih demi kemajuan organisasi PMI Kabupaten Tapin.


    Penulis  : Humas Pemkab Tapin

    Editor    : M Abdillah

    Foto      : Humas Pemkab Tapin 

    Selanjutnya »

    Bupati Hadiri Penyampaian Raprerda Inisiatif DPRD Tapin

  • Penulis: media, 20-07-2017 12:28
  • TAPIN - Bupati Tapin HM Arifin Arpan hadiri Rapat Paripurna DPRD Tapin agenda penyampaian Raperda Tentang hak keuangan dan administrasi bagi pimpinan dan anggota DPRD Kab Tapin. Selasa (18/07/2017) kemaren bertempat Gedung DPRD setempat.

    Rapat Paripurna Dipimpin Ketua DPRD Tapin Abdullah di dampingi Wakil Ketua Wahyudi Rahman SE serta dihadiri 15 Anggota DPRD Kab Tapin serta Wakil Bupati Tapin Ir H Sufian Noor, Kepala Dinas, Bagian dan Camat di Lingkungan Pemerintah Kab Tapin.

    Penyampaian Raperda disampaikan oleh Badan Pembentukan Perda DPRD Kabupaten Pahruni.

    Dalam paparannya menyampaikan, pembentukan raperda ini secara khusus untuk menjalankan amanah dari PP Nomor 18 tahun 2017 tentang hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota DPRD. yang mana dalam peraturan tersebut pada pasal 28 di sebutkan untuk daerah segera membuat peraturan daerah berkenaan dengan hak keuangan bagi pimpinan dan anggota DPRD yang belum di buat.

    "Jadi untuk membuat hak keuangan tersebut untuk bisa dianggarkan dalam APBD di buatkan dasar hukumnya yakni sepbuah peraturan daerah" jelasnya.

    Selanjutnya pada pasal 29 tiga bulan selamatnya untuk di tindaklanjuti dengan peraturan peraturan paling lambat tiga (3) bulan selanjutnya akan ditindak lanjuti dengan peraturan Bupati.

    "Mudah - mudahan raperda tersebut dapat dijadikan sebagai diprioritaskan dengan segera dilakukan pembahasan, "ucap Pahruni.

    Berharap agar Raperda ini dapat diterima untuk dapat dibahas sesuai dengan prosedur dan mekanisme pada jenjang rapat pembahasan selanjutnya.

    Selanjutnya akan di agendakan dalam rapat paripurna untuk pemandangan umum terhadap raperda inisiatif DPRD Tapin.


    Penulis  : M Abdillah

    Editor    : M Abdillah

    Foto       : M Abdillah 

    Selanjutnya »

    Bupati Lepas Rombongan Saka Bakti Husada Tapin

  • Penulis: media, 17-07-2017 14:17
  • TAPIN - Puluhan remaja Tapin yang mengikuti jambore perkemahan sebanua di Tanah Bumbu dilepas secara resmi oleh Bupati Tapin M Arifin Arpan di halaman Kantor Bupati Tapin, Senin (17/7) pagi. bertepatan dengan Upacara Bendera Merah Putih HUT Kopri.

    Para remaja ini juga disaksikan wakil Bupati Tapin Sufian Noor, Sekda Tapin Rahmadi kepala SOPD di Pemkab Tapin dan para ASN yang mengikuti apel.

    Muji Winarta pimpinan Saka Bakti Husada Cabang Tapin melaporkan, bahwa para peserta yang dibawa pada Saka Bakti Husada di Tanah Bumbu tingkat nasional nanti sebanyak 64 putra putri Tapin.

    "Acara nanti akan berlangsung dari tanggal 21 Juli sampai 24 Juli, dan kami rencananya akan berangkat pada kamis ini," ucapnya.

    Ia juga mengungkapkan untuk persiapan menghadapi kwarcab ini pihaknya sudah mempersiapkan untuk berangkat ke Tanah Bumbu.

    "Berharap kontengan Tapin ini menjadi terbaik, dalam mengikuti semua cabang yang diperlombaan nantinya, " ucapnya.

    Sementara Pamong Saka Bakti Husada Dwi Surianto mengungkapkan bahwa dalam Saka Bakti Husada tingkat nasional ini pihaknya akan mempromosikan produk-produk khas Tapin, seperti topi purun, cabau hiyung dan lain-lain.

    Bupati Tapin M Arifin Arpan usai melepas kontengan Saka Bakti Husada Tapin menyambut baik kegiatan ini, serta berharap agar para remaja Tapin selalu baik.

    "Kepada para pimpinan rombongan agar anak-anak kita di jaga dengan baik, karena keberhasilan jambore ini tidak terlepas dari peran semuanya dalam menjaga kekompakan dan kebersamaan," katanya.

    Namun terpenting yang lebih utama adalah kesehatan, semua peserta baik itu pembinanya dan anak asusnya jangan sampai ada yang sakit dan tetap selalu menjaga kesehatan dengan sebaik-baiknya.

    Sehingga apa yang dilakukan dalam mengikuti semua perlombaan bisa di lakukan dan dikerjakan.

     

    Penulis  : M Abdillah

    Editor    : M Abdillah

    Foto     : Humas Pemkab Tapin

    Selanjutnya »

    TP PKK Kab Tapin Belajar Desa P2WKSS

  • Penulis: media, 17-07-2017 14:14
  • TAPIN – Dalam rangka memberikan pengetahuan dan pengalaman dalam membangun desa P2WKSS dan KSI, Tim Penggerak  TP PKK Kab Tapin melakukan kunjungan kerja Ke Desa Tangsi mekar Kecamatan PASEH Kab Bandung, yang mana desa tersebut merupakan desa yang berhasil juara satu lomba P2WKSS dan KSI Provinsi Jawa barat.

    Rombongan TP PKK kab Tapin yang diketuai langsung oleh Ketua TP PKK Kab Tapin Hj Ratna Ellyani disambut secara langsung oleh Ketua TP PKK Kab Bandung Hj Nia Kurnia Agustina, Camat Paseh beserta istri dan aparat desa, bertempat di Aula serba guna Sabilulungan kec Paseh, Jumat 14/07.

    Camat Paseh Drs Komarudin dalam sambutannya mengatakan, bahwa dalam kegiatan dan program yang dilaksanakan selalu memberdayakan ibu - ibu, bahkan membantu membangun Jalan Desa.

    “Keberhasilan ini merupakan keberhasilan semua warga untuk bisa merubah prilaku hidup yang dulunya cuek dengan lingkungan menjadi sadar hidup bersih, “ katanya.

    Ketua TP PKK Kab Bandung Hj Nia Kurnia Agustina dalam sambutannya mengatakan bahwa tantangan terbesar program desa P2WKSS adalah membina desa yang banyak ketertinggalan dengan dibantu semua pihak dan instansi pemerintah akhirnya bisa merubah pola pikir masyarakat supaya hidup bersih.

    Dikatakan Hj Nia  bahwa program unggulan di Kab Bandung disetiap desa ada program perbaikan rumah yaitu sebanyak 20 buah tiap desa, sedangkan masalah sampah dengan menyediakan tempat sampah tiga warna merah, kuning, hijau.

    serta banyak sekolah dengan sampah yang akan diolah barang yang bisa bernilai ekonomis untuk memajukan sekolah itu sendiri.

    Sementara itu Ketua TP PKK kab Tapin Hj Ratna Ellyani mengucapkan terima kasih atas sambutan dan simpatik dari pihak bandung karena kedatangan rombongan kami dapat menerima kunjungan kami dengan sambutan luar biasa.

    “Kedatangan kami ini dalam rangka belajar ke Desa Tangsimekar bagaimana melaksanakan program P2WKSS sehingga bisa berhasil menjadi juara satu tingkat Provinsi Jawa Barat, “ katanya.

    Berharap mudah - mudahan setelah datang dari sini pihak kami bisa mencontoh dan menerapkannya di Kabupaten Tapin sehingga daerah kami bisa menjadi lebih maju lagi.

    Sebelum kunjungan kelapangan diakhiri dengan tukar cinderamata antara ketua TP PKK Kab Tapin dengan Ketua TP PKK Kab Bandung, dan dilanjutkan dengan kunjungan ke desa Tangsimekar kecamatan Paseh Kab Bandung.

     

    Penulis     : Humas Pemkab Tapin

    Editor       : M Abdillah

    Foto          : Humas Pemkab Tapin

     

    Selanjutnya »

    Bupati Tapin Kembali Mendapatkan Tanda Kehormatan Satyalencana Pembangunan

  • Penulis: media, 17-07-2017 13:53
  • TAPIN – Bupati Tapin HM Arifin Arpan kembali mendapatkan tanda kehormatan “Satya Lancana Pembangunan” sebagai penghargaan atas jasa-jasa terhadap negara dan masyarakat di bidang kependudukan dan keluarga berencana.

    Penghargaan diberikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo di serahkan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Puan Maharani bertepatan pada peringatan Hari Keluarga Nasional XXIV yang dilaksanakan di Bandar Lampung, Jumat (15/072017).

    Diberikannya  karena berhasil membangun kualitas hidup manusia dengan mensukseskan program kependudukan dan Keluarga Berencana melalui penertiban Perda Kampung KB, pengalokasian anggaran bagi kader, penyediaan sarana dan prasarana serta pelatihan kelompok UPPKS, pemberian tunjangan serta keikutsertaan pihak swasta dalam pengadaan alat kesehatan pencapaian TFR 2,2%,sehingga meningkatnya kesejahteraan masyarakat di Kab Tapin Provinsi Kalsel.

    “Alhamdulillah kita kembali mendapatkan penghargaan dari Preseden RI dalam bidang pembangunan Kependudukan dan Keluarga Berencana, “ ucap Bupati Tapin HM Arifin Arpan usai menerima tanda kehormatan.

    Dengan adanya penghargaan ini tentunya hasil  kerja keras kita dalam membangun program kependudukan dan Keluarga Berencana di Kab Tapin ternyata mendapat perhatian dari Bapak presiden, padahal usaha yang kita lakukan adalah tidak lain untuk mensejahterakan masyarakat Kabupaten Tapin.

    Disamping itu pula apa yang kita kerjakan dalam menjalankan program pembanguan di daerah kita sesuai dengan apa yang di inginkan oleh pemerintah pusat.

    Pada kesmepatan ini pula saya selaku pimpinan daerah mengucapkan terima kasih kepada semua lapisan masyarakat Tapin yang mendukung program keluarga Berencana salah satunya penerapan Kampung Keluarga Berencana di Tapin.

    “Tanpa dukungan semua masyarakat tentunya program ini tidak akan berhasil, “ katanya.

     

    Penulis  : Humas Pemkab Tapin

    Editor    : M Abdillah

    Foto       : Humas Pemkab Tapin

     

    Selanjutnya »