Berita

Wabup Lepas Kontengan Aksioma Tapin

  • Penulis: media, 13-07-2017 15:04
  • TAPIN - Wakil Bupati Tapin Ir H Sufian Noor melepas secara resmi kontengan Ajang Kompetensi Seni dan Olahraga Madrasah (AKSIOMA) Kabupaten Tapin. bertempat Halaman Kantor Kemenag Kabupaten Tapin. Senin 10/07/2017.
    Kontengan Aksioma Kab Tapin berlangsung 10 sampai 11 Juli 2017 bertempat di Asrama haji Banjarbaru akan mengikuti berbagai macam perlombaan diantaranya MTQ, Pidato Bahasa Inggris, Pidato Bahasa Indoensia, Bahasa Arab, Kaligrafi, Tahfis, Bulu Tangkis dan Tenis Meja.
    Wakil Bupati Tapin dalam sambutannya, mengucapkan selamat kepada para peserta yang akan mengikuti lomba Aksioma ditingkat provinsi, kalian disini merupakan sebagai perwakilan dari kabupaten Tapin dengan tujuan mengharumkan nama Kabupaten Tapin.
    "Selamat berjuang, jaga nama baik daerah dan jaga selalu kekompakan, kebersamaan serta selalu memperhatikan kesehatan selama bertanding,  " pesannya.
    Keberhasilan bukan di dapatkan dari banyaknya pengetahuan ataupun gelar saja, tetapi diiringi dengan penempaan diri lewat kegiatan-kegiatan seperti mengikuti kontingen aksioma seperti ini salah satunya.
    Untuk itu saya kembali menekankan kepada kontengan aksioma Tapin untuk selalu menjaga kebersamaan dalam mengikuti evet tersebut, berikan yang terbaik untuk daerah kita.
    Sementara itu Kepala Kantor Kementrian Agama Tapin HM Quzwini mengatatakan, bahwasanya berpengetahuan, punya ketermapilan punya karakteristikyang harus dimiliki oleh generasi muda saat ini. selain belajar pengengtahuan juga hatus mengasah keterampilan menyalurkan hobi dan juga penempaan diri.
    "Generasi muda merupakan pewaris, penerus estafet perjuangan kita nantinya, kita hanya mengawal bahwa mempersiapkan para generasi muda untuk menjadi pemimpin yang baik dimasa mendatang, " ujranya.
    Ketua Kontengan Aksioma H Eddy Khairani mengatakan bahwa AKSIOMA memiliki tujuan yaitu meningkatkan mutu dan daya saing pendidikan madrasah serta memberikan kesempatan dan penghargaan bagi siswa madrasah berprestasi yang ada di Kabupaten Tapin.
    "Kontengan Aksioma Tapin yang berangkat berjumlah 56 orang terdiri dari 6 panitia dan pendamping 15 orang dan peserta 35 orang, "katanya.
    Berharap mudah-mudahan adik-adik kita mendapatkan hasil yang terbaik dari peserta yang mengikutinya se Kaimantan Selatan.*

    Penulis  : M Abdillah
    Editor    : M Abdillah
    Foto      : Humas Pemkab Tapin


    Selanjutnya »

    Pemkab Tapin dan Bank Indonesia Kembangkan Klaster Bawang Merah

  • Penulis: media, 12-07-2017 12:42
  • TAPIN - Dalam rangka mengembangkan klaster bawang merah di kabupaten Tapin untuk itu Bank Indonesia kembali melakukan program pengembangan klaster bawang merah berkelanjutan di Kabupaten Tapin selama tiga tahun dari tahun 2017 s/d 2020 kedepan. hal itu tertuang dalam MoU.

    Penandatangan MoU kelanjutan klaster bawang Merah antara Pemerintah Kabupaten Tapin dengan Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Selatan secara langsung oleh Bupati Tapin HM Arifin Arpan disaksikan oleh Konsultan Bank Indonesia Untung Torang, Wabup Tapin Ir H Sufian Noor, Sekda Tapin Dr H Rahmadi, Asisten Manager Bank Indonesia, Ani Widi K, bertempat Aula Kabinet Kantor Bupati Tapin, Selasa (11/07) kemaren.

    Dikatakan Bupati Tapin HM Arifin Arpan bahwa seperti yang kita ketahui bahwa pada tahun 2014 lalu kita melakukan kerjasama dengan Bank Indonesia untuk klaster bawang merah selama tiga tahun, dan sudah berakhir pada tahun 2016 kemarin.

    Pada hari ini kita kembali melakukan kerjasama dengan pihak Bank Indonesia untuk program pengembangan klaster bawang merah untuk tahap kedua selama tiga tahun yaitu dari tahun 2017 hingga tahun 2020.

    Pada tahun 2014 sendiri sampai sekarang untuk permasalahan bibit yang selalu kita beli dan pada tahun ini pihak Bank Indonesia Berharap kita dapat mengolah bibit sendiri.

    “Mudah – mudahan pada tahun ini kita dapat membeli alat pengolah bibit sendiri, "katanya.

    Pada tahun ini juga kita nantinya akan melakukan menanam bawang merah di daerah dataran tinggi salah satunya di Desa Bagak Kecamatan Hatungun, yang mana hingga saat ini kita menanam bawang merah didaerah rawa yang rawan akan terjadinya banjir sehingga menimbulkan gagal panen.

    Sementara itu Budi Raharjo asisten Direktur Bank Indonesia selaku narasumber dalam Focus Grup Discussion (FGD) mengatakan,  bahwa pada hari ini kita kembali bekerja sama dengan Pemerintah kabupaten Tapin untuk pengembangan klaster bawang merah tahap kedua.

    "Tujuan klaster sendiri yaitu membangun sinergi dan kerjasama dinas/instansi terkait dengan KPW BI wilayah kalimantan dalam peningkatan produksi dan kualitas bibit serta penguatan kelembagaan dalam rangka peningkatan kesejahteraan petani," katanya.

    Dipilihnya kabupaten Tapin sendiri sebagai daerah klaster bawang merah adalah dikarenakan sebagai wilayah terbesar penanaman bawang merah tahun 2014, yaitu sebesar 38Ha dari 72Ha (dikalsel).

    Produksi tertinggi pada musim tanam tahun 2013 yaitu 11,8Ton/Ha, adanya dukungan APBD 15Ha, Swadaya Petani 8Ha, dan APBN 15Ha, tersedianya lahan sawah, lahan padang pegunungan meratus yang merupakan hamparan potensial untuk ditanam bawang merah.

    Dan kesiapan para petani untuk menanam dan budidaya bawang merah yang mana pada tahun 2014 sebanyak 37 orang, tahun 2015 sebanyak 222 orang dan tahun 2016 sebanyak 352 orang yang tersebar pada satu kecamatan tahun 2014, empat kecamatan tahun 2015 dan 6 kecamatan tahun 2016.

    “Mudah – mudahan pada tahun ini terjadi peningkatan baik itu jumlah kelompok tani begitupula hasilnya, “katanya.

    Penulis  : M Abdillah

    Editor    : M Abdillah

    Foto      : Humas Pemkab Tapin

    Selanjutnya »

    Program Pamsimas Desa Terpencil

  • Penulis: media, 12-07-2017 12:28
  • TAPIN -Pemerintah Kabupaten Tapin melakukan Perjanjian kerja sama (PKS) Program Pamsimas III dengan 21 Desa Di Kabupaten Tapin. Kerjasama dalam upaya pemenuhan fasilitas untuk mendapatkan pelayanan air bersih atau air minum.

    Program kerja sama (PKS) Pamsimas III disaksikan secara langsung oleh Bupati Tapin HM Arifin Arpan bertempat di Aula Kabinet Kantor Bupati Tapin.

    Bupati Tapin HM Arifin Arpan mengatakan, bahwa program Pamsimas atau Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat  ini merupakan  program yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia yang dilaksanakan di wilayah perdesaan dan pinggiran kota.

    "Untuk dananya sendiri berasal dari kontribusi masyarakat, pemerintah daerah, pemerintah pusat dan Bank Dunia dan didukung oleh Departemen Pekerjaan Umum sebagai executing agency bersama dengan Departemen Dalam Negeri dan Departemen Kesehatan, "katanya.

    Program PAMSIMAS III 2016-2019 merupakan kelanjutan program PAMSIMAS I 2008–2012 dan PAMSIMAS II 2013–2016.

    Pamsimas sendiri bertujuan untuk meningkatkan jumlah fasilitas pada warga masyarakat kurang terlayani termasuk masyarakat berpendapatan rendah di wilayah pedesaan.

    “Sehingga nantinya melalui program ini dapat meningkatkan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat” ucap H Arifin.

    Untuk itu saya berharap dengan adanya program ini mereka dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan khususnya di daerah terpencil .

    Penulis  : M Abdillah

    Editor    : M Abdillah

    Foto       : Humas Pemkab Tapin

    Selanjutnya »

    Bupati Tapin Sampaikan Amanat Presiden RI HUT Bhayangkara 71

  • Penulis: media, 11-07-2017 13:25
  • TAPIN - Bupati Tapin HM Arifin Arpan di daulat menjadi Insfektur Upacara pada Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke 71 Polres Tapin. Senin (10/7/2017) yang dilaksankan Halaman Mapolres Polres Tapin.
    Hari ulang tahun kepolisian tahun ini mengangkat Tema “Dengan Semangat Profesionalitas dan Modernisasi Polri Berkomitmen untuk meraih kepercayaan masyarakat demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia Yang Sejahtera, mandiri dan Berkeadilan.
    Turut hadir, Ketua DPRD Tapin Abdullah, Dandim 1010 Rantau Letkol CZI Bambang Iswandaru, Ketua Dewan Adat Karliansyah, Pimpinan Unsur Muspida Tapin serta para Pimpinan Perusahaan di Kab Tapin. Sementara peserta upacara TNI, Polri, Dishub, Satpol PP, Senkom, Orari dan Pramuka.
    Bupati Tapin HM Arifin Arpan menyampaikan Amanat Presiden RI Ir H Joko Widodo menyampaikan, atas nama negara dan pemerintah saya berterima kasih sangat apresiasi pada kerja keras Kepolisian Republik Indonesia pada pengabdian seluruh personil Kepolisian Republik Indonesia dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat sehingga hasilnya kelihatan hasilnya nyata.
    "Polri mampu mewujudkan situasi Kamtibmas yang stabil dan kondusif Polri sukses melakukan pencegahan konflik penjagaan demonstrasi, penanganan terorisme, pemberantasan narkoba, menekan angka kejahatan konvensional, seperti premanisme dan kejahatan jalanan serta mewujudkan keamanan keselamatan ketertiban dan kelancaran lalu lintas, " ungkapnya.
    Polri Juga berhasil mengamankan agenda politik 101 Pilkada serentak tahun 2017 sehingga kegembiraan politik bisa terwujud di daerah-daerah yang melaksanakan Pilkada tersebut.
    selanjutnya juga Polri juga perlu mempersiapkan diri untuk mengamankan Pilkada serentak tahun 2018 yang akan datang dan pemilu legislatif serta Pilpres tahun 2019 yang akan datang agar potensi kerawanan yang ada tidak berkembang menjadi konflik sosial yang meluas ditengah semua perkembangan itu di tengah serangan terhadap Polri yang terjadi belakangan ini Polri harus terus menjaga nilai-nilai kebhinekaan yang sudah menjadi kader bangsa Indonesia Polri harus terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.
    Diakhir amanatnya menyampaikan, saya akan memberikan instruksi kepada seluruh jajaran Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk terus meningkatkan kinerja nya melalui upaya-upaya sebagai berikut pertama perbaiki manajemen internal Polri untuk menekan budaya negatif seperti korupsi penggunaan kekerasan yang berlebihan dan arogansi kesewenangan, kedua mantapkan soliditas internal dan profesionalisme Polri guna mendukung terwujudnya Indonesia yang berdaulat Mandiri dan berkepribadian. Ketiga optimalkan mobilisasi Polri dengan penggunaan teknologi informasi dalam pelayanan publik. keempat tingkatkan kesiapsiagaan operasional melalui upaya deteksi dini dan deteksi aksi dengan strategi polisional proaktif dengan demikian Polri tetap dapat lincah bertindak dalam menghadapi perkembangan situasi yang meningkat secara cepat. Kelima, tingkatkan kerjasama koordinasi dan komunikasi dengan semua elemen baik pemerintah maupun masyarakat serta kolega internasional sebagai implementasi pendekatan Sinergi polisional guna mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif.
    Usai melaksanakan upacara di isi dengan acara hiburan Atraksi Tim korsik Satpol PP Pemkab Tapin, dan Polisi Keamanan Sekolah (PKS) binaan Polres Tapin.

    Penulis  : M Abdillah
    Editor    : M Abdillah
    Foto      : Humas Pemkab Tapin
    Selanjutnya »

    Mahasiswa KKN Diminta Ciptakan Inovasi Baru Pertanian

  • Penulis: media, 11-07-2017 13:10
  • TAPIN - Sebanyak 345 Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin melakukan praktik kerja lapangan di Kabupaten tapin.

    Senin 10/07/2017 bertempat Halaman Kantor Bupati Tapin para mahasiswa Faperta Unlam Banjarmasin secara resmi disambut dan dilepas oleh Bupati Tapin HM Arifin Arpan dan Wakil Bupati Tapin Ir H Sufian Noor, Kepala Dinas Pertanian H Masyraniansyah SP dan jajaran Staf Fakultas Pertanian Unlam Banjarmasin.

    Para mahasiswa ini akan di tempatkan seluruh desa yang tersebar di lima kecamatan Kab Tapin yakni di Kecamatan Binuang, Tapin Selatan, Bungur, Tapin Tengah dan Salam Babaris.

    Bupati Tapin HM Arifin Arpan dalam mengatakan selamat datang dan terima kasih kepada mahasiswa pertanian Unlam Banjarmasin telah menjadikan Kabupaten Tapin sebagai tempat untuk melaksanakan KKN.

    "Berrharap kedatangan mahasiswa yang melakukan KKN, dapat membawa inovasi baru di bidang pertanian dan memotivasi kepada masyarakat terutama dibidang pertanian," ungkapnya.

    Ditambahkan Bupati, meminta tolong kepada adik mahasiswa melakukan KKN, bisa menjaga kekompakan dan kerjasama serta menghormati dimanapun di tempatkan. “Terpenting kehadiran adik-adik mahasiswa bisa mendukung kegiatan Pemerintah Kab tapin dan dapat memberikan inovasi di bidang pertanian, “harapnya.

    Sementara Dekan Faperta Unlam Banjarmasin Prof dr Lutfi mengatakan, bahwa KKN ini merupakan kewajiban mahasiswa karena mereka juga jangan hanya mahir teori saja.

    "Karena dengan terjun ke masyarakat ini, mereka bisa menerapkan ilmu yang diperoleh selama menjalani perkuliahan," bebernya.

    Dia juga mengungkapkan mahasiswa yang melaksanakan KKN ini sebanyak 345 mahasiswa yang akan disebar di lima kecamatan di Tapin. "Jadi setiap desa akan ada 8 mahasiswa yang melakukan KKN di Tapin ini selama 30 hari kedepan dimulai hari ini," ungkapnya.

    Ia juga mengharapkan dengan KKN ini bisa melatih mahasiswa, supaya peka terhadap pertanian serta merumuskan langkah-langkah lanjutan untuk membangun daerah.*

    Penulis : M Abdillah 
    Editor   : M Abdillah
    Foto     : M Abdillah
    Selanjutnya »

    Kenalkan Pendidikan Al-Qur'an Sejak Dini

  • Penulis: media, 11-07-2017 13:04
  • TAPIN - Rumah Pintar Sejuta Pelangi kenalkan pendidikan al quran sejak dini kepada santri-santrinya dalam rangka menyiapkan generasi muda masa depan yang handal dengan iman yang kuat.

    Sebanyak 61 orang santri-santriawan wisuda laskar pejuang Ramadhan yang dilaksanakan Rumah Pintar Sejuta Pelangi. Rabu (21/6/2017) bertempat Halaman Kantor Rumah Pintar Sejuta Pelangi Jalan Sudirman Rantau.

    Ketua TP PKK Tapin Hj Ratna Ellyani Arifin Arpan mendapat kehormatan mewisuda ke 61 santri termasuk salah satu cucu beliau yang ikut dalam laskar perjuangam Ramadhan.

    Menurut Ketua TP PKK Kabupaten Tapin Hj. Ratna Ellyani Arifin Arpan, mengatakan rasa bangga dengan apa yang sudah diberikan oleh rumah pintar Sejuta Pelangi ini yang berusaha mengenalkan pendidikan Al-quran sejak dini kepada santri-santrinya.

    "Keberadaan rumah pintar Sejuta Pelangi ini harus kita dukung dan apresiasi terus sebagai upaya menanamkan pendidikan Alquran sejak dini, sehingga membuat anak-anak kita di Tapin kelak menjadi anak yang sholeh dan sholehah, "katanya

    Bupati Tapin Diwakili Asisten Administrasi Umum H Syaiful Bahrin Noor mengatakan, Pendidikan santri tk/tpa al qur’an adalah salah satu pendidikan yang tepat, yang membawa misi penting bagi santrinya untuk memperkenalkan dan menanamkan nilai-nilai qur’ani sejak dini kepada anak-anak kita.

    Oleh karena itu, kegiatan ramadhan yang di tutup dengan penyerahan medali penghargaan kepada seluruh santri yang mengikuti kegiatan ini, adalah merupakan langkah strategis, agar semangat anak-anak kita terus meningkat sehingga nantinya anak anak kita dapat tumbuh dan berkembang menjadi generasi penerus insan-insan qur’ani yang sholeh dan sholeha, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, mandiri dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi.

    Saya berpesan kepada anak-anak, janganlah sia-siakan ataupun mengecewakan kedua orang tua kalian. Buatlah mereka bangga dan bahagia memiliki anak-anak yang cerdas dan membanggakan.

    Abi staf pengajar rumah Pintar Sejuta Pelangi melaporkan 61 santri Laskar Pejuang Ramadhan ini adalah anak-anak umur  3 -13 tahun yang mengenyam pendidikan selama bulan suci Ramadhan di rumah Pintar Sejuta Pelangi ini.

    Ditambahkannya bahwa  santrinya berjumlah 60 peserta, namun ada tambahan satu orang dewasa yakni seorang dokter yang mengikuti kegiatan ini dari awal hingga terakhir ini, dan hari ini juga mengikuti wisuda.

    "Mereka selama bulan Ramadhan mengikuti pendidikan dari pukul 04,30 WITA subuh dengan di awali sholat sunat, dilanjutkan dengan tadarus Al-quran yang kita kasih tema One Day One Juz dilanjutkan sholat subuh berjamaah, dan kemudian pendidikan Al-Qur’an hingga pukul 08.00 WITA," tambahnya.

    Abi menerangkan metode pendidikan di rumah Pintar Sejuta Pelangi yang sudah ia dirikan bersama istrinya sejak tahun 2014 tersebut metode pendidikannya lebih banyak kependidikan Al-Qur’an, dan sudah mewisuda 678 santri

    Metode kami dari hari Senin hingga Rabu yakni pendidikan Al-quran, kalau hari Kamis yakni Kamis Bermain, kami lebih mengajarkan soal kepribadian.

    Kegiatan Wisuda Santri tersebut dihadiri pula Dandim 1010/ Rantau Letkol. CZI Bambang Iswandaru beserta isteri, Asisten Adminitrasi Umum Sekertariat Daerah Kabupaten Tapin H.Syaiful Bahri, Kepala Dinas Pendidikan H Juwaini, dan  seluruh orang tua Laskar Pejuang Ramadhan.

    Penulis : Humas Pemkab Tapin
    Editor   : M Abdillah
    Foto     : Humas Pemkab Tapin
    Selanjutnya »