Berita

Kenalkan Pendidikan Al-Qur'an Sejak Dini

  • Penulis: media, 11-07-2017 13:04
  • TAPIN - Rumah Pintar Sejuta Pelangi kenalkan pendidikan al quran sejak dini kepada santri-santrinya dalam rangka menyiapkan generasi muda masa depan yang handal dengan iman yang kuat.

    Sebanyak 61 orang santri-santriawan wisuda laskar pejuang Ramadhan yang dilaksanakan Rumah Pintar Sejuta Pelangi. Rabu (21/6/2017) bertempat Halaman Kantor Rumah Pintar Sejuta Pelangi Jalan Sudirman Rantau.

    Ketua TP PKK Tapin Hj Ratna Ellyani Arifin Arpan mendapat kehormatan mewisuda ke 61 santri termasuk salah satu cucu beliau yang ikut dalam laskar perjuangam Ramadhan.

    Menurut Ketua TP PKK Kabupaten Tapin Hj. Ratna Ellyani Arifin Arpan, mengatakan rasa bangga dengan apa yang sudah diberikan oleh rumah pintar Sejuta Pelangi ini yang berusaha mengenalkan pendidikan Al-quran sejak dini kepada santri-santrinya.

    "Keberadaan rumah pintar Sejuta Pelangi ini harus kita dukung dan apresiasi terus sebagai upaya menanamkan pendidikan Alquran sejak dini, sehingga membuat anak-anak kita di Tapin kelak menjadi anak yang sholeh dan sholehah, "katanya

    Bupati Tapin Diwakili Asisten Administrasi Umum H Syaiful Bahrin Noor mengatakan, Pendidikan santri tk/tpa al qur’an adalah salah satu pendidikan yang tepat, yang membawa misi penting bagi santrinya untuk memperkenalkan dan menanamkan nilai-nilai qur’ani sejak dini kepada anak-anak kita.

    Oleh karena itu, kegiatan ramadhan yang di tutup dengan penyerahan medali penghargaan kepada seluruh santri yang mengikuti kegiatan ini, adalah merupakan langkah strategis, agar semangat anak-anak kita terus meningkat sehingga nantinya anak anak kita dapat tumbuh dan berkembang menjadi generasi penerus insan-insan qur’ani yang sholeh dan sholeha, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, mandiri dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi.

    Saya berpesan kepada anak-anak, janganlah sia-siakan ataupun mengecewakan kedua orang tua kalian. Buatlah mereka bangga dan bahagia memiliki anak-anak yang cerdas dan membanggakan.

    Abi staf pengajar rumah Pintar Sejuta Pelangi melaporkan 61 santri Laskar Pejuang Ramadhan ini adalah anak-anak umur  3 -13 tahun yang mengenyam pendidikan selama bulan suci Ramadhan di rumah Pintar Sejuta Pelangi ini.

    Ditambahkannya bahwa  santrinya berjumlah 60 peserta, namun ada tambahan satu orang dewasa yakni seorang dokter yang mengikuti kegiatan ini dari awal hingga terakhir ini, dan hari ini juga mengikuti wisuda.

    "Mereka selama bulan Ramadhan mengikuti pendidikan dari pukul 04,30 WITA subuh dengan di awali sholat sunat, dilanjutkan dengan tadarus Al-quran yang kita kasih tema One Day One Juz dilanjutkan sholat subuh berjamaah, dan kemudian pendidikan Al-Qur’an hingga pukul 08.00 WITA," tambahnya.

    Abi menerangkan metode pendidikan di rumah Pintar Sejuta Pelangi yang sudah ia dirikan bersama istrinya sejak tahun 2014 tersebut metode pendidikannya lebih banyak kependidikan Al-Qur’an, dan sudah mewisuda 678 santri

    Metode kami dari hari Senin hingga Rabu yakni pendidikan Al-quran, kalau hari Kamis yakni Kamis Bermain, kami lebih mengajarkan soal kepribadian.

    Kegiatan Wisuda Santri tersebut dihadiri pula Dandim 1010/ Rantau Letkol. CZI Bambang Iswandaru beserta isteri, Asisten Adminitrasi Umum Sekertariat Daerah Kabupaten Tapin H.Syaiful Bahri, Kepala Dinas Pendidikan H Juwaini, dan  seluruh orang tua Laskar Pejuang Ramadhan.

    Penulis : Humas Pemkab Tapin
    Editor   : M Abdillah
    Foto     : Humas Pemkab Tapin
    Selanjutnya »

    Wisata Baru Kawasan Rantau Baru

  • Penulis: media, 09-07-2017 11:18
  • Wisata Baru Kawasan Rantau Baru

    TAPIN – Pemerintah Kabupaten Tapin ciptakan tempat wisata baru untuk warga masyarakat di Kawasan Hutan Kota Rantau Baru.

    Beberapa kawasan seperti kawasan hutan kota Rantau, Ruang Terbuka Hijau (RTH) Rantau Baru, RTH Pasar Lantau lama difungsikan sebagairuang terbuka dan bersantai, kedepan di jadikan tempat pariwisata masyarakat.

    Plt Dinas Pariwisata dan kebudayaan Kabupaten Tapin Hamdan Rosadi mengatakan, bahwa kawasan Rantau Baru di fungsikan sebagai tempat pariwisata karena kita melihat dibeberapa daerah memanfaatkan kawasan tersebut sebagai tempat pariwisata yang ramai dikunjungi masyarakat.

    Seperti kita ketahui bahwa, pada saat liburan sabtu minggu terlebih lagi libur panjang Hari Raya Idul Fitri kemarin kawasan RTH Rantau Baru di padati pengunjung baik dari Kota Rantau maupun dari masyarakat yang sedang mudik singgah di sana. 

    “Ini membuat Pemerintah Kab Tapin ingin menjadikan tempat wisata baru, “ katanya.

    Sementara kawasannya akan dibenahi dan di percantik agar lebih menarik sehingga menarik minta bagi warga masyarakat yang datang untuk bersantai.

    Bupati Tapin HM Arifin Arpan mengatakan, setelah kita melihat kawasan hutan kota Rantau, Ruang Terbuka Hijau (RTH) Rantau Baru, RTH eks pasar rantau memiliki beberapa potensi yang dapat kita kembangkan.

    Dalam waktu tidak berapa lama lagi di sebelah Kawasan Rantau Baru akan di bangun Water Park sehingga dikawasan tersebut akan lebih banyak orang berkunjung.

    Sementara untuk kawasan RTH semua pohon-pohon yang sudah jadi di perrcantik lagi, bisa dengan di cat, memangkas batang pohon dengan berbagai pola yang nampak mempercantik kawasan dan agar membuat para pengunjung menjadi nyaman.

    "Untuk kawasan RTH Rantau Baru akan kita tanam beberapa pohon didepan panggung agar menjadi lebih rindang" ucap H Arifin.

    Kedepannya akan kita realisasikan pada tahun 2018, untuk dianggrakan pada APBD 2018 pembenahan-pembenahan di kawasan tersebut yang masih kurang.

    Penulis : M Abdillah

    Editor    : M Abdillah

    Foto       : Humas Pemkab Tapin

    Selanjutnya »

    Hari Pertama Kerja, Bupati Sidak Keseluruh Dinas Dan kantor

  • Penulis: media, 09-07-2017 11:08
  • TAPIN -  Hari pertama masuk kerja ASN setelah libur panjang Hari Raya Idul Fitri 1438 H. Pemerintah Kabupaten Tapin melakukan sidak ke seluruh SOPD di Lingkungan Pemkab Tapin termasuk Kantor Camat di 12 Kecamatan. Senin (3/7) kemaren.

    Sidak di bagi tiga kelompok yakni pertama   Bupati Tapin HM Arifin Arpan, kedua Wakil Bupati Tapin Ir H Sufian Noor MP dan ketiga  Sekda Tapin Dr H Rahmadi MSi  semuanya di dampingi SOPD.

    Bupati Tapin melakukan sidak di beberapa kantor diantaranya Sekretariat Setda Tapin, Inspektorat dan DPPKAD Kab Tapin.

    Sementara Wakil Bupati Tapin Ir H Sufian Noor melaksanakan sidak pada SKPD-SKPD diantaranya Kantor Camat Tapin Utara, Kelurahan Rangda Malingkung, Dinas Perhubungan, Disdukcapil.

    Kemudian Sekda Tapin Dr H Rahmadi bersama para Asisten melaksanakan Sidak pada seluruh Kecamatan, UPT dan Puskesmas Se Kabupaten Tapin.

    Wakil Bupati Tapin Ir H Sufian Noor mengatakan, sidak dilaksanakan dalam rangka memantau tingkat kehadiran ASN paska libur lebaran dimana sesuai aturan semua ASN sudah harus masuk kerja pada hari ini (kemaren red).

    "Jadi semua ASN di lingkungan Pemkab Tapin sudah masuk kerja paska libur lebaran, "jelasnya.

    Apabila nantinya terdapat pegawai yang belum masuk kerja tanpa keterangan akan kembali dilakukan evaluasi apakah yang bersangkutan sengaja tidak masuk kerja atau karena alasan lain, akan dipelajari kemudian.

    "Namun jika ada ASN yang sengaja tidak masuk kerja tanpa alasan yang jelas tentu akan diberikan teguran, serta tidak menutup kemungkinan akan kita berikan sanksi, "tegasnya.

    Sementara itu dari data sidak pada seluruh SOPD yang dilaksanakan Bupati Tapin bersama Wakil Bupati Tapin, tidak ditemukan adanya ASN yang tidak masuk kerja, adapun beberapa ASN yang tidak masuk kerja sudah dilengkapi dengan keterangan surat izin.

    Sebelum melakukan sidak para ASN terlebih dahulu melaksanakan Apel Peningkatan Disiplin yang rutin di gelar setiap hari senin dan dilanjutkan dengan bersalam salaman masih momentum di  bulan syawal.

    Penulis  : M Abdillah

    Editor    : M Abdillah

    Foto       : Humas Pemkab Tapin

    Selanjutnya »

    Bupati Tapin Sampaikan Pertangungjawaban APBD 2016

  • Penulis: media, 09-07-2017 11:07
  • TAPIN - Bupati Tapin HM Arifin Arpan sampaikan Raperda Tentang Pertanggungjawaban APBD Tahun 2016 pada Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Tapin. Selasa (4/7/2017) kemaren. Bertempat Gedung DPRD Tapin.

    Rapat Paripurna di pimpin Ketua DPRD Abdullah di dampingi kedua Wakilnya H Sulaiman Noor dan Wahyudi Rahman SE serta di hadiri Pimpinan SOPD Lingkungan Pemkab Tapin dan 15 Anggota DPRD Tapin.

    Dalam paparannya Bupati Tapin menyampaikan, pada APBD Perubahan Pemkab Tapin tahun 2016 pendapatan di targetkan Rp1.319.701.259.476,01 terealisasi sebesar Rp1.128.327.657.014.18 atau 85,50 persen sedangkan belanja dan transfer di alokasikan sebesar Rp1.432.105.948.908,40 terealisasi sebesar Rp1.178.113.475.948.65 atau 82,26 persen.

    Secara gambaran umum laporan reralisasi APBD Kab tapin tahun anggaran 2016 sebagai berikut yaitu, pertama pendapatan terdiri dari PAD dianggarkan Rp64.152.977.591.00 terealisasi sebesar Rp57.163.594.657.60, juta lebih, kedua pendapatan tranasfer terdiri dari bagi hasil pajak, bagi hasil bukan pajak, DAU dan DAK dana penyesuaian semula di anggarkan Rp1.184.468.281.885,01 lebih dapat terealisasi Rp1.063.181.523.180,00  atau 89,76 persen. Kemudian pendapatan lain-lain yang sah dialokasikan Rp71,080.000.000,00 terealisasi Rp7.982.539.176,58 atau 11,23 persen.

    Kedua belanja terdiri dari pertama belanja operasi, dialokasikan sebesar Rp790.058.831.263,35 terealisasi Rp697.066.582.202,00 atau 88,23 persen. Kedua belanja modal dialokasikan Rp486.964.478.322,65 terealisasi Rp338.370.709.733,08 atau 69,49 persen. Belanja tak terduga terealisai Rp201.554.629.263,65 atau 93,38 persen semual dianggarkan Rp2.500.000.000,0 atau 8,06 persen dan transfer dialokasikan Rp152 milliar dapat terealisasi Rp142 milliar atau 93,38 persen.

    Ketiga pembiyaan daerah terdiri dari penerimaan pembiayaan daerah dialokasikan Rp119 milliar terealisasi Rp116 milliar lebih atau 102,73 persen dan pengeluaran pembiaan daerah terdiri dari pertama penyertaan modal dialokasikan Rp1.8 milliar terealisasi Rp1.8 milliar atau 100 persen kedua pemberian pinjaman daerah dialokasikan Rp2,250 milliar terealisasi Rp1.214 milliar atau 53,96 persen.

    “Berdasarkan rincian dari pos pembiayaan tersebut diatas dapat diperhitungkan pembiayaan tahun anggaran 2016 yakni untuk penerimaan pembiyaan Rp119.637.390.353.14, pengeluaran pembiyaan Rp3.014.000.000,00  sehingga pembiyaan netto Rp116.623.390.353,14. “terangnya.

    Sementara ini arus kas Pemerintah Kab Tapin untuk tahun berakhir 31 desember 2016 sebesar Rp57.128.489.156.41 yang terdiri dari saldo kas bendahara umum daerah sebesar Rp47.128.489.156,41 dan saldo investasi jangka pendek sebesar Rp10.000.000.000,00.

    Di akhir sambutan Bupati menyampaikan ucapan terima kasih kepada DPRD Tapin atas kerjasama dan dukungannya selama ini sehingga pemkab Tapin kembali mendapat Opini Wajar Tanpa Pengecualian atas laporan keuangan tahun 2016.

    “Pemberian opini ini merupakan bentuk apresiasi dari BPK RI atas hasil pemeriksaan laporan keuangan di samping pemberian rekomendasi lainnya, “ katanya.

    Oleh karenanya kami menyadari dari yang telah bacakan berisi pokok-pokonya saja, yang lebih rinci di muat dalam Raperda APBD 2016.

    Usai penyampaian Raperda Pertanggungjawaban APBD tahun 2016, Ketua DPRD Tapin Abdullah mengatakan, atas penyampaikan pertanggungjawaban APBD tahun 2016 oleh Bupati Tapin dapat kita simak dengan sebaiknnya dan menambah semangat dalam penyelenggaraan pembangunan di Kabupaten Tapin.

    “Selanjutnya atas penyampaian Raperda Pertanggungjawaban APBD tahun 2016, akan di bahas bersama-sama sesuai dengan jenjang mekanesme yang berlaku, “katanya.

     

    Penulis  : M Abdillah

    Editor    : M Abdillah

    Foto      : M Abdillah

    Selanjutnya »

    Bupati Tinjau Proyek Pembangunan Fisik

  • Penulis: media, 09-07-2017 11:07
  • TAPIN - Bupati Tapin HM Arifin Arpan tinjau sejumlah proyek pembangunan fisik yang masih belum selesai di wilayah Kecamatan Binuang. Rabu (05/06/2017).

    Proyek pembangunan belum selesai pengerjaan yang menjadi sasaran yakni, Pasar Baru Binuang, Kantor Camat Binuang, Pembangunan Jembatan dan Ruang Terbuka Hijau yang ada di Wilayah Binuang.

    Dalam kunjungannya itu, Bupati tidak sendirian didampingi Kepala Dinas PUPR Tapin H Zainal Aqli ST, Kadis Kimpraswil Ir H Mujiarto dan Kadis Pariwisata Hamdan Rosyadi, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perhubungan dan Humas Seda Pemkab Tapin.

    Bupati Tapin mengatakan, kunjungan kita ini memastikan proyek pembangunan yang sudah berjalan di anggarkan melalui dana APBD Kab Tapin. “Alhamdulillah dari peninjuan kita dilapangan semua proyek pembangunan berjalan baik dan akan di selesaikan tidak ada yang tidak berjalan, “ katanya.

    Mudah-mudahan nantinya proyek pembangunan yang ada di Kecamatan Binuang semua selesai dan dapat dipergunakan.

    Dengan terbangunnya beberapa fasilitas umum yang disediakan untuk masyarakat ini, baik jalan, jembatan pasar dan lain sebagainya, mari kita bersama-sama menjaga dan memeliharanya untuk kebaikan kita bersama.

    Ditambahkan Bupati bahwa masih ada beberapa pekerjaan rumah yang masih menjadi keinginan pemerintah Kab Tapin yang sampai saat ini belum bisa direalisasikan yakni pembangunan jalan baru dari Lokpaikat-Tungkap.

    Kenapa kami berkeinginan membangun jalan baru, karena saat ini jalan yang ada sudah tidak memungkinkan untuk dikembangkan dan sudah sangat macet sehingga diperlukan jalan alternatif baru yang lebih refresentatif untuk mencegah kemacetan dimasa yang akan datang.

    Mudah-mudahan keinginan kami ini pembangunan jalan baru dapat terwujud, sehingga nantinya dapat mengurai kemacetan khususnya di wilayah Kab Tapin.


    Penulis : M Abdillah

    Editor    : M Abdillah

    Foto       : Humas Pemkab Tapin

    Selanjutnya »

    Bupati Tapin Hadiri Haulan ke 7 Tuan Guru KH Ibrahim

  • Penulis: media, 09-07-2017 11:07
  • TAPIN, K.Pos - Baru saja merayakan hari raya Idul Fitri 1438 Hijriah, tidak menyurutkan para warga masyarakat dari berbagai daerah ikuti kegiatan Haulan Ke 7 KH Ibrahim, di Jalan Simpang 3 Walang Kecamatan Bakarangan Kabupaten Tapin, Rabu (28/6/2017).

    Haulan yang mengambil tempat di kediaman KH Ibrahim atau yang biasa dipanggil Guru Walang ini dihadiri oleh Bupati Tapin HM Arifin Arpan beserta Istri Hj Ratna Ellyani beserta rombongan juga para habaib dan alim ulama dari Martapura maupun dari Hulu Sungai dan daerah-daerah lainnya.

    Panitia pelaksana Haulan, KH Muhammad Hasnan mengatakan,  pada haulan ketujuh ini dirinya mewakili keluarga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang berhadir.

    "Atas nama keluarga, kami sangat gembira dan mengucap banyak-banyak terima kasih kepada para habaib, para ulama dan Bupati Tapin yang sudah mengikuti haulan ini," ucapnya.

    Sementara H Ikhwanuddin menambahkan dalam acara haulan ke 7 ayahnda kami ini,  pihaknya menyiapkan sekitar 10 ribu lebih  konsumsi untuk jemaah.

    "Alhamdulillah, dari semya konsumsi yang disediakan habis di bagikan untuk para jemaah, "ujar Ikhwannudin yang juga menantu almarhum.

    Dengan haulan ini juga menjadi ajang  untuk menjalin silaturahmi.

    Bupati Tapin HM Arifin Arpan mengatakan,  bahwa masyarakat Tapin merupakan daerah pengabdian kepada agama yang cukup tinggi, karena di Tapin dikenal dengan banyaknya para ulama yang memberikan ilmu kepada masyarakat melalui majelis-majelis ilmu.

    "Tapin juga dikenal sebagai daerah yang banyak punya kiai yang bisa mengarahkan kepada masyarakat untuk bisa kepengajian-pengajian," katanya.

    Menurut Bupati, KH Ibrahim merupakan ulama yang sangat disegani oleh masyarakat, hal itu dibuktikan dengan banyaknya para jemaah yang mengikuti haulan setiap tahunnya.

    Dia juga menambahkan KH Ibrahim semasa hidupnya juga suka bergaul kepada masyarakat dan bisa menempatkan posisi beliau sebagai guru yang dihormati.

    Disamping itu pula, semenjak KH Ibrahim meninggal dunia, pengajian yang di adakan setiap hari jumat siang sebelum shalat jumat tetap terus jalan sampai sekarang dan jemaah hadir cukup banyak.

    "Mudah-mudahan dengan adanya haulan ini bagi warga kita yang kehilangan bisa terobati, dan berharap bisa muncul lagi generasi penerus, "pungkasnya.

    Penulis  : M Abdillah 
    Editor    : M Abdillah 
    Foto      : Humas Pemkab Tapin
    Selanjutnya »