Berita

Bupati Tapin Presentasi Adipura Di Jakarta

  • Penulis: media, 14-06-2017 8:13
  • JAKARTA – Bupati Tapin HM Arifin Arpan baru datang Ke Indonesia  usai menunaikan ibadah Umrah di Tanah Suci Mekkah bertepatan Bulan Suci Ramadhan 1438 H. Beliau langsung melaksankan tugas negara begitu penting, yakni menyampaikan Presentasi  Adipura dihadapan Dewan Pertimbangan Adipura Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI di Merapi Room Hotel Sultan Semanggi Jakarta, Kamis (8/6/2017) kemarin.

    Orang nomor satu di Kabupaten Tapin di dampingi Wakil Bupati Tapin Ir H Sufian Noor serta Kepala SOPD terkait Lingkup Tapin menyampaikan presentasi Adipura dihadapan Tim penilai terdiri dari lima orang yaitu Koordinator oleh Dr Rahmat Witoelar, Prof Dr Ir Rumawan Salain, Dr Ir Suryo Adiwibowo, Bambang Harymurti, Dr Connie Rahakundini dan Dr Djoko Heru.

    Namun bukan HM Arifin Arpan kalau tidak siap dalam presentasi Adipura kali ini, beliau dengan lugas menyampaikan kegiatan yang telah dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Tapin  berkaitan dengan program kebersihan, persampahan dan kelestarian lingkungan di wilayah Tapin.

    “Banyak Inovasi yang telah di bangun terkait dengan lingkungan, diantaranya penghijauan, kebersihan, persampahan, penanaman bambu serta serai wangi di eks tambang “ Ungkap Bupati Tapin HM Arifin Arpan yang baru 4 Jam mengijak kakinya di Indonesia habis menjalankan Ibadah Umrah masih belum pulang ke kampung halaman.

    Pembahasan demi pembahasan yang disampaikan oleh Bupati Tapin begitu lancar tanpa terkendala, lalu begitu selesai memaparkan materi program Adipura, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh tim penilai.

    Terungkap dari tim penilai seperti pengelolaan Sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sudah sangat bagus, kemudian mengenai penjelasan pintu gerbang banua enam, serta penanaman kembali di eks bekas tambang seperti penanaman pohon bambu dan serai wangi juga mendapat apresiasi  dari penilai.

    Disamping itu pula masalah fasilitas tentang posko penanggulangan kabut asap mengenai Karhutla, cakupan pelayanan sampah yang sudah meningkat begitu juga yang lainnya.

    Selanjutnya juga sebagai dukungan terhadap Adipura warga masyarakat dan pihak ketiga sudah cukup baik ikut berperan aktif menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan.

    "Adipura bukanlah suatu tujuan utama, tetapi dengan kita terus berbuat baik menjaga lingkungan yakni dengan selalu menanam dan menanam pohon untuk sedekah oksigen demi terciptanya Tapin yang nyaman, teduh, indah dan sehat, "Ujar Bupati Tapin.

    Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tapin HM Zain Arifin menambahkan bahwa pihaknya sudah mempersiapkan materi yang disampaikan agar memenuhi harapan-harapan tim penilai.

    "Dalam materi ini kita menekankan beberapa materi seperti pertanian, persampahan dan program rencana kedepannya,"tambahnya.

    Kenapa persampahan ditekankan dalam materi ini, karenamana pihaknya berkomitmen pada tahun 2019 nanti cakupan pelayanan di 12 (dua belas) kecamatan sudah terlayani, ini kaitannya dengan sarana dan prasana yang tersedia.

    Kalau berkaitan dengan Gerakan Tanam Bambu Untuk Masa Depan (Rabu Mapan) sudah menanam di eks tambang.(RelHum Tapin)

    Penulis : Humas Tapin

    Editor   : M Abdillah

    Foto      : Humas Tapin

    Selanjutnya »

    Tingkatkan Derajat Kesehatan Warga Dengan Berkhitan

  • Penulis: media, 14-06-2017 8:12
  • TAPIN - Ratusan anak-anak dari berbagai wilayah kecamatan se Kab Tapin ikuti sunatan massal gratis yang diadakan Pemerintah Kab Tapin, Senin (12/6/2017) Bertempat Aula Pendopo Balahendang Rantau.

    Sunatan massal yang diikuti anak-anak berasal dari semua Kecamatan Tapin ini,  untuk mengisi kegiatan rutin di bulan suci Ramadan oleh TP PKK Tapin yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Tapin dan didukung BRI Cab Rantau.

    Kepala Dinas Kesehatan Tapin H Errani Martin mengatakan,  kegiatan sunatan massal ini untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat kita di seluruh wilayah Kab Tapin.

    "Kegiatan sunatan massal ini untuk memeriahkan Bulan Suci Ramadan, juga sebagai bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat tidak mampu," kata Kepala Dinas Kesehatan Tapin Errani Martin.

    Sunatan massal ini diikuti sebanyak 287 anak-anak perwakilan 12 Kecamatam se Tapin dan bagi yang mengikutinya diberikan bingkisan seperti sarung anak, alat tulis, makanan dan snack, obat-obatan serta uang transportasi.

    Berharap semoga dengan kegiatan ini akan terus berlanjut ketahun selanjutnya, hal ini tentunya untuk meningkatkan derajat kesehatan warga masyarakat kita yang kurang mampu.

    Bupati Tapin HM Arifin Arpan yang membuka acara sunatan massal mengatakan bahwa dengan kegiatan ini merupakan bagian dari syariat islam yang dilakukan.

    "Karena khitaman massal ini sangat bermanfaat, selain untuk kebersihan khitanan juga dapat mencegah dari resiko terjangkitnya penyakit,"katanya.

    Bupati juga berharap kegiatan ini dapat membantu orang tua yang ingin mengkhitanankan anaknya dan apa yang kita lakukan dapat bernilai ibadah demikian Bupati dalam mengakhiri sambutan.

    Penulis  : M Abdillah
    Editor    : M Abdillah
    Foto      : Humas Pemkab Tapin
    Selanjutnya »

    PKK Tapin Peduli Warga Terpencil

  • Penulis: media, 14-06-2017 8:11
  • Warga Terpencil Dapatkan Sembako Murah

    TAPIN - Ratusan warga masyarakat Desa Tarungin, Bagak, dan Asam Randah Kecamatan Hatungun mendapatkan kebutuhan pokok di Pasar Murah sekaligus pemeriksaan kesehatan gratis akhir pekan tadi.

    Pelaksanaan pasar murah di gelar TP PKK Kab tapin bekerjasama dengan Dinas Perdagangan Kabupaten Tapin  yang dibuka secara langsung oleh Ketua TP PKK Kab Tapin Hj Ratna Ellyani.

    Ketua TP PKK Kab Tapin Hj Ratna Ellyani mengatakan, Alhamdulilah pada tahun ini kami TP PKK bekerjasama dengan Dinas Perdagangan Kab Tapin dapat melaksanakan kegiatan pasar murah Ramadhan di seluruh kecamatan di Kab Tapin.

    “Tahun ini seluruh kecamatan se Kabupaten Tapin mendapatkan kesempatan mendapatkan bahan pokok murah, “tutur Hj Ratna.

    Selain warga masyarakat dapat berbelanja bahan pokok sembako murah juga mendapatkan paket sembako dari Dinas Sosial Provinsi Kalsel sebanyak 36 paket yang terdiri dari delapan paket untuk kader PKK, dan 28 paket untuk para lansia di tiga desa setempat yang telah terdaftar.

    Berharap mudah-mudahan pada tahun yang akan datang di kecamatan Hatungun mendapatkan penambahan jumlah penerima kupon pasar murah.

    Camat Hatungun Akhmad Yusuf mengucapkan selamat datang di kecamatan Hatungun dan Terima kasih kepada TP PKK dan Dinas Perdagangan Kab Tapin yang melaksanakan pasar murah di tiga desa yaitu Desa Tarungin, Bagak, dan Asam Randah.

    “Mudah-mudahan pasar murah yang dilaksanakan dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memenuhi kebutuhan Hidup di Bulan Ramadhan, “ katanya..

    Adpun pasar murah sembako di sediakan sebanyak 600 kupon terdiri dari untuk Desa Tarungin 230 kupon, Desa Asam Randah 270 kupon, dan Desa Bagak 100 kupon.

    Penulis  : M Abdillah 

    Editor     : M Abdillah

    Foto        : Humas Pemkab Tapin

    Selanjutnya »

    Dokter dan Bidan DiBekali Aturan Disiplin Kerja

  • Penulis: media, 14-06-2017 8:10
  • TAPIN, K.Pos - Dalam rangka memberikan pembekalan mengenai dasar-dasar pelaksanaan tugas kedinasan sejumlah Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)  dari Tenaga Pegawai Tidak Tetap (PTT) Kementrian Kesehatan di Lingkungan Pemkab Tapin khususnya bidang kesehatan, para Dokter dan Bidan ikuti Diklat yang digelar Badan Kepegawaian Daerah dan SDM Kab Tapin. Bertempat Aula Gedung Hammy AM.

    Diklat langsung diberikan oleh Wakil Bupati Tapin Ir H Sufian Noor,  dengan di hadiri Aspemkesra HM Yunus dan Sekretaris BKD dan SDM Tapin EC Hanil.

    Wakil Bupati Tapin Ir H Sufian Noor dalam sebelum membuka diklat sekaligus memberikan materi menyampaikan, ada hal- hal yang patut diketahui sebagai dasar bagi pelaksanaan tugas kedinasan, nanti akan disampaikan tentang gambaran umum peranan bapak ibu sebagai abdi negara dan abdi masyarakat tentang aturan disiplin kerja, tentang status kepegawaian, apa itu kepangkatan, dan bagaimana prosesnya. Teknik peningkatan status atau pengembangan kepegawaian dan sebagainya.

    “Untuk itu manfaatkanlah dan serap informasinya tanyakan apa yang belum di mengerti karena hal ini sangat penting bagi perjalanan karier bapak/ibu sekalian, karena setelah ini tidak ada lagi kegiatan pembekalan seperti ini, “ tuturnya.

    Dikatakan Sufian bahwa,  jumlah tenaga PTT kesehatan baik dari pusat, provinsi maupun kabupaten jumlahnya cukup banyak namun yang mendapatkan kesempatan dari pemerintah pusat untuk diseleksi menjadi CPNS hanya dari jalur PTT kementrian kesehatan pusat saja.

    Setelah melalui sejumlah tahapan ditingkat pusat, dan melalui sejumlah upaya termasuk susulan kelengkapan berkas, akhirnya semua berhasil lolos dengan status memenuhi kriteria dan dilanjutkan kebagian pemberkasan agar mendapatkan NIP.

    Sementara itu Ec Hanil melaporkan ada sebanyak 13 Bidan, 2 Dokter Gigi dan 1 Orang Dokter Gigi.

    Sebelumnya peserta diklat ini baru menerima SK pengangkatan sebagai CPNS secara simbolis oleh Bupati Tapin HM Arifin Arpan yang diserahkan pada saat Apel Peningkatan Disiplin selanjutnya mengiktui Diklat sebelum terjun langsung sebagai abdi negara  dilingkungan Pemkab Tapin.

    Penulis : M Abdillah

    Editor    : M Abdillah

    Foto       : Humas Pemkab Tapin

    Selanjutnya »