Berita

Pisang Mahuli Milik Kabupaten Tapin

  • Penulis: media, 21-11-2017 16:04
  • TAPIN – Pisang Mahuli sekarang milik Kabupaten Tapin, varietas tanaman lokal terdaftar di Kementrian Pertanian Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perijinan Pertanian.
    Hal itu setelah diberikan tanda daftar varietas tanaman oleh Kementrian Pertanian RI diberi nomor 361/PVL/2017 dengan jenis tanaman Pisang Mahuli nama Varietas Mami (Mahuli Miawa) kepada Bupati Tapin yang dierahkan pada Acara Temu Nasional Inovasi Pengelolaan Permanfaatan dan Festival Sandang Lokal Serta Sumber Daya Genitik Lokal di BPTP Malang Jawa Timur.
    Pisang Mahuli Varietas Mami memiliki rasa manis bentuk bulat panjang lurus, warna kuning terang  panjang 3 sampai 4 centimeter sering disajikan untuk penutup habis makan.
    Kepala Dinas Pertanian Tapin di Wakili Aji Budiono usia menerimakan sertifikat varietas tanaman mengatakan, bahwa Pisang Mahuli resmi milik Kabupaten Tapin setelah di berikan tanda daftar varietas tanaman dari Kementrian Pertanian Pusata Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian.
    “Dengan di tetapkannya telah masuk daftar varietas tanaman lokal tanaman Pisang Mahuli dengan Variets Mami resmi milik Kabupaten Tapin, “jelasnya.
    Dikatannya, bahwa tanaman Pisang Mahuli ini hampir tersebar di seluruh Kecamatan di Kabupaten Tapin bisa ditanam, namun yang paling banyak ditanam wilayah Kecamatan Piani sebanyak 12.32 rumpun, disamping itu pula memiliki keunggulan dari tanaman pisang yang lain.
    Sebenarnya dimintakan tanda daftar varietas tanaman bertujuan untuk mengamankan tanaman itu sendiri agar tidak di ambil oleh negara lain di luar Indonensia.
    Sementara itu Sekretaris Dispertan Tapin Wagimin menambahkan, plasma lutpah kekayaan alam daerah tanaman  atau hewan sudah refresentatif,  daerah berkewajiban mengembangkan, mempertahankan varietas dan menyiapkan benih untuk pengembangan, yakni dengan mendaftarkan ke pusat perlindungan varietas tanaman dan perizinan pertanian Kementrian Pertanian RI.
    Untuk mempertahankan dan melindungi sebuah tanaman, pemerintah Kabupaten Tapin dengan pemohon Bupati Tapin kita ajukan Pisang Mahuli didaftrakan resmi sebagai tanaman milik KabupatenTapin. 
    “Diamankannya tanaman tersebut untuk peningkatan pendapatan masyarakat dan daerah bahwa tanaman sudah resmi terdaftar, “ tambahnya.
    Sebenarnya kita diminta pemerintah pusat tanaman apa saja yang ada di daerah bisa didaftrakan menjadi sebuah varietas untuk diamankan sehinga tidak dimiliki orang lain*

    Penulis : M Abdillah
    Editor   : M Abdillah 
    Foto     : Dispertan Tapin