Berita

BPBD Tapin Petakan Risiko Bencana

  • Penulis: media, 26-07-2017 14:36
  • TAPIN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tapin susun kajian risiko bencana dan rencana penanggulangan bencana Kabupaten Tapin, dalam rangka mempersiapkan perencanaan yang komprensif, terarah terpadu dan terkoordinasi untuk mengurangi risiko bencana,  Kamis (20/7) kemaren bertempat Aula Kabinet 1 Kantor Bupati Tapin.

    Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Ir H Nurdin Ms mengatakan, pertemuan melakukan laporan pendahuluan penyusunan kajian risiko bencana dan rencana penanggulangan bencana di Kab tapin. 

    "Karenamana bencana bukan sesuatu yang dikehendaki dan datang secara tiba-tiba, olehkarenanya perlunya melakukan kajian terlebih dahulu risiko bencana serta penanggulangannya, "jelasnya.

    Adanya laporan kajian risiko bencana ini,  sebagai bahan pedoman bagi pemerintah, masyarakat swasta dan instansi lainnya dalam melakukan penanggulangan bencana.

    Diharapkan kalau terjadinya bencana di daerah dapat terkoordinasi dengan baik dan potensi Potensi bencana di kab tapin kita bisa mensenergikan dengan semua pihak.

    Selanjutnya para stakeholder bisa berbuat apa saja yang dilakukannya apabila terjadinya bencana.

    "Dengan membuat dukumen kajian risiko bencana dapat memetakan yang rawan terjadinya bencana, "ujarnya.

    Memang bencana yang pernah terjadi di daerah kita, seperti banjir, kebakaram lahan dan longsor. Tetapi tetap di waspadai.

    Ditambahkan Nurdin bahwa kegiatan ekspos pembuatan dokimen kajian risikobencana dan rencana penanggulangan bencana merupakan  amanah dari undang undang  nomor 24 tahun 2007 dan PP nomor 21 tahun 2008 disana di sebutkan bahwa setiap daerah diharuskan menyusun kajian rosiko bencana dan rencana penanggulangan bencana yang terencana, terkoordinasi dan terpadu.

    Sementara Sekda Tapin Dr H Rahmadi sebelum membuka, menyambut baik kegiatan penyusunan kajian risiko daerah, sehingga ada upaya dalam penanggulangan bencana.

    Berharap dari paparan yang disampaikan dapat di simak dan apa yang harus dilakukan dalam penanggulangan bencana.

    Penyusunan kajuan risiko bencana di ikuti dari berbagai unsur, mulai pimpinan Unsur Muspida Tapin, BPBD Prov Kalsel dan Tapin  dari pimpinan SOPD Pemkab Tapin, Camat, lembaga swadaya masyarakat, praktisi dan unsur tokoh masyarakat.

    Penulis  : M Abdillah
    Editor    : M Abdillah
    Foto      : M Abdillah